Mengadakan giveaway merupakan salah satu strategi marketing yang penting dan efektif untuk dicoba, terlebih di era serba digital seperti saat ini. Sosial media seperti instagram, facebook, tik-tok dan lainnya saat ini juga sudah menyediakan fitur-fitur untuk beriklan yang menunjang kampanye ini. Alasan mengapa giveaway ini dikatakan bisa efektif untuk pemasaran suatu bisnis, karena hampir 75% dari partisipan giveaway akan menjadi konsumen yang potensial. Hal ini dijelaskan dengan adanya data dari google primer. Selain dapat mendatangkan leads dan konsumen baru, kampanye giveaway juga dapat menumbuhkan loyalitas dari konsumen lama anda. 

Saat ini banyak pengguna dari berbagai platform sosial media yang mengikuti akun bisnis. Sehingga meningkatkan visibilitas bisnis melalui berbagai kampanye di platform sosial media sangatlah memungkinkan. Apalagi masyarakat sekarang cenderung menyukai kompetisi, sehingga kampanye giveaway sangat cocok untuk anda terapkan. Meskipun begitu, sudah banyak pelaku bisnis di sosial media yang juga melakukan kampanye giveaway. Sehingga persaingan antar bisnis di sosial media menjadi sangat tinggi. Namun anda tidak perlu cemas, karena  ada beberapa tips dalam giveaway yang terbukti efektif untuk diterapkan. Agar kampanye giveaway anda berjalan secara maksimal dan sesuai target. Anda perlu memperhatikan 6 hal penting ini sebelum melakukan giveaway, yang bisa anda simak tips berikut ini 


1. Menentukan Tujuan dari Giveaway

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com

 

Tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway yang pertama yaitu tentukan tujuan dari giveaway tersebut. Tujuan dari suatu campaign marketing merupakan suatu hal yang sangat penting, termasuk giveaway. Anda perlu menentukan dengan jelas apa tujuan anda melakukan giveaway. Apakah anda ingin meningkatkan brand awareness? mendapatkan leads bisnis? meningkatkan interaksi dengan audiens? atau ingin meningkatkan penjualan dari produk anda? 

Nah anda harus bisa menjawab atau memilih salah satu dari  pertanyaan-pertanyaan tersebut.  Karena jika anda sudah mengetahui apa tujuan anda, maka akan lebih mudah menentukan aturan dari giveaway yang akan anda buat. 

Contohnya saja ketika tujuan anda adalah untuk memperkenalkan brand kepada audiens, maka anda bisa meminta peserta giveaway membagikan postingan dari akun sosial media produk anda ke akun pribadi mereka. Dengan men-tag atau menandai beberapa teman-teman mereka. 

 

2. Menentukan Target 

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com

 

Tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway selanjutnya yaitu dengan menentukan target.  Nah, setelah sebelumnya anda menentukan tujuan dari campaign giveaway, anda bisa menentukan target dari giveaway anda. Dengan menentukan target suatu giveaway, anda bisa lebih mudah menyesuaikan strategi secara lebih spesifik. Selain itu anda bisa memantau apakah campaign giveaway anda sudah berhasil atau tidak. Contohnya ketika anda menentukan target seperti traffic yang meningkat, followers menjadi naik, engagement akun sosial media meningkat, atau bahkan penjualan meningkat. Semuanya biasa anda jadikan sebuah target. Tergantung pilihan anda, mana yang menurut anda lebih relevan untuk produk anda.   

 

3. Menentukan Hadiah

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com


Menentukan hadiah juga menjadi salah satu tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway. Dalam hal ini, anda bisa menentukan barang seperti apa yang menjadi hadiah utama dari program atau campaign ini. Pastikan hadiah yang anda pilih sesuai dengan target audiens anda ya. Sebagai triknya, anda bisa memilih barang yang tidak semua orang mudah dapatkan. Atau bisa dibilang hadiah ini sangat limited atau terbatas. Sehingga audiens menjadi sangat tertarik untuk mengikuti giveaway ini.     


4. Penggunaan Hashtag

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com


Penggunaan Hashtag yang tepat juga menjadi salah satu hal tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway. Dengan bantuan hashtag, konten-konten yang anda buat akan mudah untuk ditemukan oleh audiens. Anda bisa menggunakan hashtag yang unik dan menarik, serta berkaitan dengan brand anda. Agar dapat membantu menyebarkan awareness dari campaign giveaway tersebut maupun awareness dari brand anda. Pastikan untuk memberi arahan agar peserta giveaway menggunakan hashtag tersebut.   

 

5. Pertimbangan Untuk Menggunakan Iklan atau Influencer

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com

 

Tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway selanjutnya yaitu dengan menggunakan bantuan ads atau influencer. Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini iklan atau influencer dapat membantu meningkatkan awareness. Anda bisa mengiklankan postingan giveaway anda melalui iklan social media seperti instagram ads, twitter ads, atau lainnya. 

Dengan iklan ini anda bisa lebih menentukan audiens yang sesuai dengan target anda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan bantuan influencer yang ada di sosial media. Pastikan untuk memilih influencer yang memiliki audiens sesuai target anda ya.  Nah, dengan begitu, akan banyak audiens yang mengetahui campaign giveaway anda. Sehingga banyak yang tertarik untuk mengikuti program giveaway tersebut.

 

6. Terus Melakukan Interaksi 

Sebelum Mengadakan Giveaway, Perhatikan 6 Hal Berikut Ini

sosiakita.com


Tips yang perlu anda perhatikan sebelum mengadakan giveaway yaitu dengan terus melakukan interaksi. Setelah program giveaway anda selesai dan berhasil, pastikan untuk terus melakukan interaksi dengan audiens sosial media anda. Tujuannya agar mereka terus mengikuti update an dari konten-konten anda. Salah satu contohnya yaitu dengan meminta pendapat mereka mengenai program giveaway selanjutnya dna hadiah seperti apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, audiens anda akan antusias dan menunggu update an selanjutnya. Selama mereka menunggu pastikan untuk terus memposting konten-konten yang menarik agar mereka tidak kabur.

Itulah beberapa hal yang penting untuk anda lakukan sebelum mengadakan program giveaway. Dari penjelasan tersebut bisa anda terapkan, agar program giveaway anda berhasil dan berjalan sesuai target anda. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

 

Sosiakita merupakan digital marketing manager yang membantu anda melakukan pemasaran digital secara profesional, termasuk membuat strategi kampanye giveaway yang efektif di sosial media. Selain itu kami juga membantu mengelola akun sosial media maupun website dengan konten yang menarik dan berkualitas. Untuk informasi lebih lengkap silahkan lihat portofolio kami disini dan bergabunglah bersama kami sekarang

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM