Jenis SEO dibagi menjadi beberapa macam jika dikategorikan berdasarkan teknik optimasi yang digunakan. Namun sebelum anda mengetahui lebih jauh mengenai SEO, apakah anda sudah paham mengenai SEO itu sendiri dan bagaimana konsep SEO dapat bekerja pada website anda? Jika belum maka kami akan ulas singkat mengenai SEO. 

Search Engine Optimization atau singkatnya disebut SEO, jika diartikan secara harfiah memiliki makna sebagai optimisasi mesin pencari. Secara sederhana, SEO diartikan sebagai sebuah tindakan atau upaya mengoptimalkan sebuah website untuk memungkinkan website tersebut layak mendapatkan ranking teratas untuk ditampilkan pada sebuah hasil pencarian atau tidak. Dalam penerapannya, SEO tidak bisa dilakukan secara sembarangan, dan memang tidak langsung terlihat hasilnya. 

Dalam penerapannya, anda perlu melibatkan teknik tertentu seperti optimasi kata kunci atau keyword. Apakah kata kunci tersebut layak digunakan dan diperjuangkan atau malah tidak. Mengapa harus optimasi kata kunci dan mengapa kita harus mencari kata kunci yang benar-benar sesuai untuk website kita? Alasannya adalah karena keyword merupakan kunci utama. Ketika anda mencari sesuatu melalui mesin pencari seperti google, pasti anda akan mengetikkan sebuah kata kunci yang sesuai dengan sesuatu yang akan anda cari. Misalnya anda akan mencari “digital agency terbaik di Surabaya”  nah ini adalah sebuah kata kunci yang nantinya dapat anda optimasi sebagai kata kunci utama website anda. 

 Lalu mengapa kita harus melakukan optimasi apa pentingnya untuk website atau situs yang kita miliki? Well tujuan utama SEO adalah untuk membuat situs atau website anda dapat tampil pada halaman utama mesin pencari. Selain itu, dengan SEO yang baik tentunya juga akan meningkatkan traffic dan konversi pada website anda. Anda juga bisa mendapatkan pengunjung potensial jika kata kunci yang  anda gunakan sesuai dengan apa yang mereka cari. Dengan ini, tentunya website anda yang memuat jasa atau produk anda pasarkan akan semakin dikenal orang lain. Setelah anda mengetahui mengenai gambaran dasar SEO dan tujuan serta manfaatnya, anda juga perlu mengetahui jenis – jenis SEO yang disesuaikan dengan teknik optimasi yang digunakan.


Jenis SEO Teknis

Sebelum Jadi SEO Specialist, Kenali 3 Jenis SEO Berikut

sosiakita.com

Jenis SEO yang pertama adalah SEO teknis atau yang biasa disebut dengan Technical SEO. Tahap Search engine Optimization yang pertama kali adalah dengan melakukan SEO teknis. SEO teknis memiliki pengertian sebagai teknik optimasi situs website dan server yang membantu web crawler atau spider mesin pencari untuk melakukan perayapan dan pengindeksan yang lebih efektif untuk membantu meningkatkan peringkat organik. Singkatnya, dengan SEO teknis ini membantu mesin pencari untuk melakukan pendataan terhadap website anda. SEO teknik ini merupakan pondasi SEO dari sebuah website. Anda hanya perlu melakukan proses ini pada awal saja. Setelah itu website anda akan dianggap sudah siap. Namun perlu anda perhatikan bahwa jika dalam proses SEO teknis terdapat sebuah kendala, seperti terjadi masalah dalam pengindeksan maka akan berdampak pada peringkat website anda nantinya.

 

SEO On Page

Sebelum Jadi SEO Specialist, Kenali 3 Jenis SEO Berikut

sosiakita.com

Jenis SEO yang kedua adalah SEO on Page. Tujuan dari SEO On Page ini adalah untuk mengoptimasi setiap halaman website untuk mendapatkan peringkat pada halaman google. Ini juga berguna untuk mendapatkan traffic pada website secara organik. SEO on page membuat website akan mudah ditemukan oleh pengguna berdasarkan kata kunci yang telah ditargetkan. Selain itu, SEO on page juga memudahkan pengunjung website anda untuk menjelajah dan bereksplorasi. Apabila pengunjung website merasa betah, akan membuat mesin pencari semakin mudah untuk mengerti struktur website anda. Komponen utama pada SEO on page adalah konten, elemen situs, serta elemen HTML pada sebuah situs.

 Teknik SEO on page berhubungan dengan segala sesuatu yang ada di dalam website termasuk konten website. Beberapa komponen yang harus diperhatikan untuk mengoptimalkan SEO on page antara lain seperti kata kunci atau keyword, title tag,  internal link, meta description, permalink, image alt text, headline, emphasize serta outbound link. Semua bagian ini perlu diperhatikan agar konten website dapat mudah ditemukan pada mesin pencari. Selain itu, jika bagian ini dioptimasi dan diperhatikan secara detail, maka akan membantu konten anda untuk muncul di halaman utama mesin pencari.

Perlu anda ingat bahwa google tidak menyukai konten yang tidak berkualitas dan konten jiplakan. Sehingga anda perlu memastikan bahwa semua konten yang anda upload benar benar bukan konten plagiarize dan merupakan konten yang informatif. Sehingga pembaca anda juga bisa mendapatkan manfaat dari konten website yang anda tulis.


Jenis SEO Off Page

Sebelum Jadi SEO Specialist, Kenali 3 Jenis SEO Berikut

sosiakita.com

Jika anda telah selesai melakukan teknik SEO on page, sebenarnya prosesnya tidak berhenti sampai tahap ini saja. Ada tahapan akhir yaitu SEO off page. Apa itu SEO off page? Jenis SEO ini merupakan sebuah langkah optimasi konten diluar situs anda. Ini berarti sangat berbeda dengan teknik SEO on page sebelumnya. Jika SEO on page melakukan semua tahapannya di dalam website dan berhubungan dengan konten di dalam website tersebut, maka SEO off page ini melakukan semua optimasinya diluar situs anda. Sehingga optimasinya sama sekali tidak berkaitan dengan segala elemen yang ada di dalam website anda.  Pada umumnya SEO off page berhubungan dengan link building hingga memasang backlink.

 Akan tetapi tahapan optimasi SEO off page tidak hanya dengan link building saja, masih banyak optimasi lain yang perlu dilakukan untuk mempromosikan website anda. Diantaranya seperti listing bisnis, brand mention di media online, google bisnisku, review pengguna/customer, share di media social. Memang SEO off page cenderung lebih sulit dibandingkan SEO on page karena optimasi dan faktor-faktornya tidak dapat anda kontrol secara langsung. Namun jika anda telah melakukan langkah-langkah optimasi SEO off page dengan benar dan sesuai, tentu akan memberikan pengaruh terhadap traffic website anda. Satu hal lagi yang perlu anda ingat bahwa sebelum melakukan optimasi SEO off page, pastikan bahwa SEO on page anda telah sesuai dan konten yang anda upload benar-benar konten yang berkualitas. Karena jika tidak akan percuma. Website lain tidak akan mau mengarahkan ke website anda. Hal ini tentunya akan berpengaruh juga kepada backlink ke website anda. 

 Memang pada awalnya melakukan optimisasi mesin pencari mungkin terasa rumit karena ada banyak sekali step by step yang harus anda lakukan. Namun ini juga akan memberikan keuntungan yang besar pada website anda, jika anda telah melakukan semua langkah optimasinya dengan benar dan sesuai. Apalagi jika website anda dapat muncul pada halaman pertama mesin pencarian dengan konten berkualitas yang anda miliki.

 

Namun jika anda merasa proses ini sedikit rumit untuk sebuah langkah pemasaran, maka anda dapat menyerahkannya langsung kepada kami. Sosiakita menyediakan jasa SEO untuk website anda mulai dari meriset kata kunci yang baik hingga membuat konten yang berkualitas untuk website anda. Hubungi kami disini untuk melihat penawaran menarik.

 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM