Tips supaya endorse influencer bisa lebih tepat, efektif dan tidak membuang banyak dana. Sekarang ini, endorse influencer atau KOL (Key opinion Leader) sangat digemari oleh pelaku bisnis online untuk memperbesar pasar dan audience mereka. Bagi Anda yang belum pernah, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda perhatikan sebelum melakukan endorse influencer: 

 

Langkah Pertama, Perhatikan!

Tentu Anda tidak bisa menyalahkan influencer dari kesalahan kita yang salah menggunakan jasa iklan mereka. Karena faktanya kita memang harus tepat dalam memilih influencer dan tidak hanya menilai atau melihat dari sisi followernya serta sisi populernya. Sehingga Anda perlu memperhatikan hal dibawah ini agar tidak boncos.

 

1. Optimasi Tampilan Instagram Bisnis

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Langkah pertama ini, sebelum Anda menggunakan jasa influencer maka Anda disarankan untuk optimasi terlebih dahulu. Tujuannya agar tampilan Instagram bisnis Anda lebih menarik dan sesuai dengan value brand kalian. Anda juga harus mempersiapkan link menuju halaman produk yang bisa dibeli langsung oleh calon konsumen dan kontak person untuk pembelian produk. Misalnya, linktree yang berisi marketplace atau link chat WhatsApp. Dengan demikian, profile Instagram kalian akan siap untuk dikunjungi.

 

2. Check Background Influencer (Sesuaikan Target Market)

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Selanjutnya Anda perlu mengecek keaslian followers influencer dan meneliti posting yang ada. Anda juga bisa mengecek engagement rate dan rate card dari tiap Influencer yang Anda pilih melalui web analytics, contohnya seperti Sociabuzz dan Socialblade

Jika produk Anda di bidang makanan maka carilah influencer yang kontennya mengulas makanan dan sejenisnya. Sehingga, dapat dipastikan lebih dari 50% dari pengikut mereka adalah  pengikut yang menyukai konten tersebut dan influencer yang  pilih  akan lebih tepat sasaran. Selain itu, perhatikan juga, engagement rate dari website analytics yang kalian pilih. Semakin tinggi engagement rate influencer tersebut, mengartikan influencer tersebut memiliki banyak pengikut yang fanatic.

 

3. Perhatikan Relevansi dengan Brand

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Tips endorse influencer adalah perhatikan dengan teliti relevansi dengan brand. Pastikan bahwa konten yang akan di post terkait brand Anda memiliki kualitas yang baik serta menarik dari segi pemasaran. Penting memperhatikan persiapan gambar dan caption yang menarik untuk promosi. Sehingga tidak asal berpromosi saja.

Beberapa influencer meminta konten yang diinginkan dan ada juga yang memberikan kreatifitasnya saat mengupload. Influencer yang profesional pasti akan menampilkan foto serta video yang berkualitas dan menarik. Kualitas ini yang nantinya akan menarik minat audiens. Selain itu, perhatikan 

 

Langkah Kedua, Perhatikan Tujuan Endorse

Mengingat semua difokuskan pada promosi produk Anda maka sangat penting memperhatikan tujuan Endorse yang Anda pilih.

 

1. Meningkatkan Awareness

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Tujuan dari endorse sendiri adalah membuat produk Anda menjadi lebih dikenal oleh pengikut Influencer yang Anda pilih. Sehingga semakin banyak yang mengetahui produk Anda, maka Anda akan mendapatkan pengikut yang menyukai produk Anda. Untuk itu, perlu adanya optimasi tampilan instagram bisnis Anda agar lebih menarik.

 

2. Mengedukasi Produk

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Mengedukasi produk merupakan salah satu tujuan yang dapat Anda pilih. Mengedukasi produk bertujuan untuk membuat konsumen lebih mengenal kelebihan produk beserta dengan fungsi-fungsinya. Dengan adanya hal ini, keyakinan serta kepercayaan audiens akan terbentuk dengan mudah. Karena audience akan mempelajari dan mengenal produk yang ditampilkan oleh influencer.

 

3. Optimasi SEO

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Salah strategi pemasaran adalah dengan optimasi SEO. Melalui optimasi SEO, maka pencarian untuk bisnis dan produk Anda di internet akan lebih mudah untuk ditelusuri. Dengan semakin banyak influencer yang mempromosikan atau menggunakan produk anda, produk atau brand Anda dapat lebih mudah untuk ditemukan di internet. Sehingga optimasi SEO dapat berpeluang untuk meningkat awareness dan penjualan produk.

 

4. Terjadinya Penjualan adalah Bonus

Perhatikan Langkah Ini Sebelum Melakukan Endorse Influencer

 

Semakin banyak yang mengetahui produk Anda maka semakin besar kemungkinan penjualan yang dihasilkan. Karena dengan influencer yang tepat sesuai dengan tujuan dan brand value kalian, maka produk dapat lebih cepat menjangkau banyak konsumen. Hal ini memberikan kemudahan dalam pengembalian modal yang telah Anda setorkan untuk biaya pemasaran peningkatan omzet.

 

Tips-tips endorse influencer di atas bisa Anda terapkan agar endorse lebih tepat, efektif, dan tidak memuat anda mengeluarkan dana dengan sia-sia. Jangan sampai salah dalam memilih jasa endorse, bukan mendapat keuntungan, bisa jadi malah sebaliknya. Sebaiknya, sebelum menentukan pilihan, Anda bisa membuat planning untuk langkah-langkah yang perlu dilakukan. Anda juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada tim digital marketing Sosiakita yang sudah berpengalaman dalam mengelola social media dan digital campaign. Sosiakita adalah Social Media Manager yang akan membantu Anda dalam membangun produk ataupun mengenalkan perusahaan baru Anda. Informasi lebih lanjut bisa Anda lakukan dengan cara klik di sini.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM