Fitur Instagram Reels telah meluncur di Indonesia baru-baru ini. Pastinya banyak pengguna yang belum mengetahui cara penggunaan fiturnya. Selain itu, juga cara menemukan berbagai fitur Reels yang tersedia. Untuk menemukan berbagai fitur Reels sebenarnya tidaklah susah. Setelah melakukan update aplikasinya, setiap pengguna dapat menggunakan fitur Reels dengan mudah.

Nantinya pada bagian bawah Home, ada tap khusus dengan bentuk logo Reels. Pengguna pun dapat menemukan berbagai konten Reels. Untuk melihat konten dari creators lainnya,  penggunanya hanya perlu swipe up. Instagram juga menyediakan tap Reels di masing-masing profil penggunanya. Apabila biasanya hanya terdapat kategori Grid, tag, dan IGTV, kini juga dapat menemukan kategori Reels di sana.

Fitur terbaru dari Instagram ini menawarkan fungsi mirip aplikasi TikTok. Dengan adanya fitur Reels, pengguna dapat membuat video dengan durasi 15 detik. Tentunya disertai dengan adanya efek, audio, dan tools kreatif. Untuk menggunakan fitur Instagram terbaru, pilih Reels di bagian bawah kamera aplikasinya. Pengguna akan menemukan berbagai alat edit kreatif di sisi kiri layarnya. Alat edit tersebut adalah sebagai berikut.

 

Audio

Anda dapat mencari lagu dari perpustakaan musik Instagram. Anda juga dapat menggunakan audio asli buatan sendiri dengan cara merekam Reels. Saat akan berbagi Reels yang terdapat audio asli, audio tersebut akan dikaitkan dengan Anda. Apabila Anda memiliki akun publik, pengguna lainnya dapat membuat Reels dengan audio tersebut. Caranya dengan memilih “Gunakan Audio” dari Reels Anda.

 

Efek AR

Anda dapat memilih salah satu dari banyaknya efek di galeri efek yang dibuat oleh Instagram dan creator dari seluruh dunia. Fitur tersebut¬† membantu mempercantik konten Reels penggunanya. Pengguna dapat memilih filter menyenangkan dari Instagram. Selain itu, dapat mencari filter favorit¬† dengan “Cari Efek”. Kemudian menggunakan fitur Instagram tersebut untuk menjadikan konten Reels tampak lebih menarik.

 

Timer serta Hitung Mundur

Anda dapat mengatur fitur bagian timer untuk rekam klip secara handsfree. Sesudah menekan Rekam, Anda bisa melihat hitungan mundurnya 3-2-1. Sebelum perekamannya, Anda mulai selama jumlah waktu yang telah dipilih.

 

Sejajarkan

Mensejajarkan objek terlebih dahulu dari klip sebelumnya, lalu merekam klip selanjutnya. Sehingga dapat membantu membuat transisinya tampak lebih mulus. Untuk momen seperti halnya berganti pakaian atau menambahkan teman baru untuk reels Anda.

 

Kecepatan

Pengguna fitur Instagram Reels ini dapat mempercepat atau memperlambat bagian dari video atau audionya. Sehingga membantu pengguna untuk mengikuti irama atau membuat video gerakan lambat. Setelah video Reels sudah siap, pindah ke layar share.

 

Cara Menggunakan Fitur Instagram Reels

 

Berikut langkah-langkah membuat video dari fitur Instagram Reels:

  1. Buka aplikasi Instagram, dan ketuk ‘Your Story’ untuk membuat Stories.
  2. Rekam Video Instagram Reels.
  3. Tambahkan musik ke Instagram Reels kamu.
  4. Sesuaikan kecepatan perekaman video Instagram Reels.
  5. Tambahkan filter menarik ke Instagram Reels.
  6. Atur timer untuk Instagram Reels.
  7. Sejajarkan Instagram Reels kamu.
  8. Putar ulang Instagram Reels kamu.
  9. Jika selesai bisa di upload melalui postingan maupun story

 

Pengguna Instagram dapat menyimpan draft Reels dan mengubah gambar sampulnya. Selain itu, juga menambahkan keterangan, hashtag, serta menandai teman. Setelah membagikannya, Reels tersebut akan ada pada tab terpisah di profil penggunanya. Tempat orang dapat menemukan Reels yang telah Anda bagikan.

Apabila pengguna juga membagikannya sebagai feed, Reels akan muncul di kisi profil utamanya. Pengguna dapat memiliki opsi untuk menghapusnya. Pengguna yang memiliki akun publik dan privasi, dapat membagikan video Reels untuk story, close friends, atau pesan langsung.

Apabila memilih video Reels akan seperti story biasa, maka tidak akan muncul di explore maupun profil. Nantinya juga akan menghilang setelah 24 jam. Instagram mengklaim fitur terbaru Reels memberikan kesempatan bagi para penggunanya untuk menjadi seorang kreator yang dapat menjangkau audiens di panggung global.

 

Baca Juga: Instagram Reels vs Tiktok, Apa Perbedaanya?

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM