fbpx

Bisnis franchise minuman memang menjadi salah satu pilihan yang cukup menarik untuk dijalankan. Bukan tanpa alasan, variasi serta rasa dari minuman yang cukup beragam saat ini menjadi salah satu faktor utamanya. Dengan demikian, Anda dapat membuka peluang usaha dengan memanfaatkan momen ini. Meskipun begitu, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menjalankan bisnis satu ini.

Berikut ini beberapa tips dalam menjalankan bisnis franchise minuman yang perlu Anda pahami antara lain:

 

1. Pahami Sistem Franchise

Sebelum menjalankan bisnis franchise, maka sebaiknya Anda mempelajari serta memahami terlebih dahulu sistem membeli franchise. Sistem ini berlaku untuk masing-masing franchise, termasuk mengenai penawaran yang diperlukan. Supaya dapat lebih mudah dalam memahami sistemnya, maka Anda dapat bertanya pengalaman franchise kepada orang lain yang telah menjalankan franchise minuman. Hal penting lainnya, selain memahami sistem adalah jangan mengubah sistem bisnis franchise. Sistem yang sudah ada tidak boleh diubah karena telah berjalan dengan standarisasi tertentu. Maka secara teknis Anda memang bertindak sebagai pemimpin usaha, namun tetap harus mengikuti peraturan dari pemilik bisnis franchise.

 

2. Tren Musiman

Ini merupakan suatu hal yang cukup umum terjadi. Layaknya roda berputar, bisnis franchise pun tidak melulu berada di atas. Sebagai contoh beberapa tahun lalu, bubble tea, es kepal milo, atau es kopi dalgona menjadi minuman yang cukup viral. Sehingga Anda akan dapat dengan mudah menemui kedai-kedai baik di ujung jalan atau di setiap mall yang menjajakan minuman tersebut. Namun seiring berjalannya waktu, hanya sedikit kedai yang masih bisa bertahan. Jika Anda tertarik untuk menjalankan bisnis franchise, terutama minuman, ada baiknya untuk melihat dengan tepat brand serta konsep apa yang mampu bertahan hingga kapanpun.

 

3. Penentuan Lokasi

Hal penting lain yang perlu Anda pertimbangkan saat akan menjalankan bisnis franchise minuman adalah terkait dengan lokasi. Anda harus lebih teliti, apakah perusahaan waralaba minuman yang Anda incar menawarkan adanya konsultasi dalam menentukan lokasi kedai Anda. Hal ini cukup krusial, karena lokasi haruslah strategis untuk bisa mengundang banyak calon konsumen. Tentu akan sangat menguntungkan apabila Anda dapat membuka kedai di pusat keramaian. Seperti kawasan wisata, perkantoran, hingga tengah kota. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pemilihan lokasi dengan budget yang telah Anda anggarkan untuk sewa tempat. Sebaiknya jangan memilih lokasi dengan biaya sewa yang melebihi budget Anda.

 

4. Waspada dengan Biaya “Tersembunyi”

Menjalankan bisnis franchise bukanlah suatu perkara yang gampang. Terutama jika Anda ingin membeli hak dari suatu brand ternama. Namun hal ini bukan berarti membeli hal dari franchisor dengan harga yang murah akan lebih mudah dalam menjalankannya. Umumnya, franchisor akan memberitahu Anda tentang berapa jumlah yang harus dibayar untuk membeli namanya. Sebelum Anda menandatangani surat perjanjian, alangkah baiknya Anda pastikan dengan benar berapa dana yang Anda perlukan untuk bisnis ini. Hal ini bertujuan agar tidak ada biaya yang “tersembunyi” yang nantinya justru akan menambah jumlah dana yang harus Anda keluarkan.

 

5. Sulitnya Berinovasi

Salah satu kelebihan yang terdapat pada usaha franchise minuman adalah Anda tidak perlu repot lagi dalam proses pembuatan produk. Anda hanya perlu mengikuti arahan yang diberikan oleh pemilik franchise. Akan tetapi, dibalik kemudahan tersebut, tentu bisnis ini juga memiliki kekurangan. Apalagi bagi Anda yang mempunyai banyak ide kreatif dalam berinovasi. Usaha franchise minuman mungkin justru akan menyulitkan Anda dalam berinovasi, karena Anda harus mengikuti berbagai manajemen serta arahan merk yang Anda jual.

 

Dengan memperhatikan beberapa hal penting dalam menjalankan bisnis franchise minuman di atas, maka Anda dapat lebih berhati-hati dalam menentukan pembelian produk franchise. Terutama dalam hal fee serta keuangan. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya?  Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

Share