fbpx

TikTok kembali menawarkan fitur-fitur terbaru yang membuat pengguna menjadi semakin terhibur dan nyaman dalam menggunakan sosial media satu ini. Fitur apakah itu? Aplikasi yang kini tengah digandrungi oleh banyak orang di berbagai negara ini memang dilengkapi dengan banyak sekali fitur-fitur menarik yang semakin mempermudah penggunanya dalam membuat konten maupun melakukan kegiatan pemasaran. Salah satu fitur yang ditawarkan oleh TikTok dan banyak digunakan pengguna yaitu fitur Live.

Fitur Live ini memungkinkan pengguna untuk dapat aktif berinteraksi dengan penonton dalam bentuk siaran langsung atau live streaming di TikTok. Tidak hanya untuk berinteraksi dengan penonton, Anda juga dapat menggunakan fitur Live streaming ini untuk melakukan review atau mempromosikan bisnis tertentu secara langsung. Sehingga tidak menutup kemungkinan akan banyak pengguna lain yang tertarik dan memberikan banyak viewers maupun likes pada video siaran langsung Anda. 

Pada Live streaming TikTok juga terdapat fitur gift atau kado virtual yang biasanya akan diberikan penonton saat siaran Anda berlangsung. Gift atau kado pada fitur Live hadir bukan tanpa sebab, karena gift yang telah Anda kumpulkan nantinya dapat Anda tukarkan menjadi uang tunai. Sehingga tidak salah jika melakukan live streaming di TikTok dapat memberikan banyak keuntungan bagi pengguna. Nah untuk Anda yang berminat untuk melakukan live streaming di TikTok akan tetapi tidak tahu bagaimana caranya, yuk simak penjelasannya berikut ini! 

 

Syarat Live Streaming TikTok

Langkah Mudah Melakukan Live Streaming di Tiktok untuk Pemula

 

Fitur Live streaming memang memberikan banyak kemudahan bagi para pengguna Tik Tok. Namun, tidak semua pengguna Tik Tok dapat melakukan siaran langsung atau Live. Hal ini karena terdapat syarat tertentu yang harus dipenuhi oleh pengguna agar dapat melakukan live streaming di TikTok, yaitu memiliki minimal 1.000 followers. Jika akun TikTok Anda telah memiliki 1.000 followers maka fitur Live akan langsung aktif dan bisa Anda gunakan.

 

Cara Live Streaming di TikTok

Langkah Mudah Melakukan Live Streaming di Tiktok untuk Pemula

 

Adapun untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara melakukan siaran langsung di TikTok, berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  • Pertama-tama pastikan Anda sudah memiliki akun TikTok, kemudian “log in”
  • Selanjutnya akses fitur Live di TikTok, pada bagian dashboard atau home Anda bisa tekan ikon kamera “+” di bagian bawah. 
  • Setelah layar video terbuka, temukan menu LIVE dengan cara tekan tombol LIVE yang ada di samping tombol perekam atau langsung geser menu di bawah tombol perekam.
  • Selanjutnya, pada bilah navigasi di bagian bawah layar, Anda pilih opsi gambar dan tulisan judul yang menarik untuk siaran Anda. 
  • Kemudian, pilih “LIVE” 
  • Dengan begitu followers Anda akan melihat notifikasi ketika Anda sedang melakukan siaran langsung. Anda juga bisa menambahkan berbagai filter yang lucu dan kreatif sebelum melakukan live streaming.
  • Jika Anda ingin menyelesaikan live, tekan “X” di sudut kiri atas layar, kemudian kamera akan langsung berhenti merekam. 

Dengan fitur live streaming TikTok ini Anda dapat melakukan siaran langsung hingga delapan jam. Video siaran langsung Anda juga dapat disimpan di feed Anda setelah selesai sehingga followers baru Anda atau yang belum ikut menonton tetap dapat  menontonnya.

 

Cara Live Streaming Bareng di TikTok 

Langkah Mudah Melakukan Live Streaming di Tiktok untuk Pemula

 

Tidak hanya bisa digunakan untuk siaran langsung sendiri, Anda juga dapat mengajak atau mengundang followers Anda untuk bergabung dengan siaran langsung Anda. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengajak pengguna Tik Tok lain bergabung dengan siaran langsung Anda adalah sebagai berikut:

  • Pastikan untuk “log in” ke akun TikTok Anda dan klik tombol plus atau “+”
  • Kemudian, pilih opsi LIVE di bagian bawah layar kamera. 
  • Setelah layar video terbuka, tekan tombol Go Live
  • Jika ingin melakukan live bersama pengguna lain, ketuk ikon di sudut kiri bawah layar. 
  • Selanjutnya akan muncul jendela dengan daftar host. 
  • Lalu klik tombol undang untuk mengajak orang lain dalam TikTok Live. 
  • Pengguna yang Anda ajak bergabung dalam siarang langsung dapat menerima atau menolak saran Anda.

Itulah langkah mudah melakukan live streaming di tiktok untuk pemula yang bisa Anda praktekkan sendiri dirumah. Jika Anda masih merasa kesulitan, pahami dengan benar beberapa langkah di atas kemudian praktekkan lagi hingga Anda berhasil melakukan siaran langsung di TikTok. 

 

Apakah Anda tertarik untuk memasarkan bisnis Anda di TikTok?  Jika Anda tertarik dan berencana untuk menjangkau market di TikTok, namun tidak tahu bagaimana untuk memulai atau belum mengerti strategi yang tepat, jangan khawatir Anda bisa  segera  menghubungi Sosiakita.      

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang menawarkan berbagai layanan, mulai dari pembuatan website, digital marketing, pembuatan konten-konten untuk TikTok dan sosial media lainnya, serta membantu memberikan strategi digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda lebih berkembang. Dengan pengalaman team yang ahli dibidangnya, Sosiakita akan membantu bisnis Anda mencapai target yang diharapkan. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.   

 

Share