fbpx

Dalam menjalankan bisnis terdapat istilah strategi charm pricing. Istilah ini juga populer dengan sebutan strategi psikologis. Lantas apa itu charm pricing?

Perlu untuk kamu ketahui, charm pricing ialah penentuan harga produk yang melibatkan angka 9. Contohnya Rp 150.000 menjadi Rp 149.999. Dengan strategi tersebut, maka pembeli akan merasa harganya lebih murah.

Dalam melakukan charm pricing itu sendiri terdapat beberapa tips yang penting untuk kamu perhatikan. Pertama, kamu harus mempertimbangkan dari segi biaya produksi. Dalam hal ini, cermati biaya material, biaya karyawan, biaya marketing, dan biaya operasional.

Setelah itu, kamu perhatikan harga dari kompetitor. Pastikan harga produk yang kamu tawarkan mampu bersaing secara baik dengan kompetitor. Hal ini bisa meningkatkan peluang dalam menggaet konsumen.

Jangan ragu untuk melakukan charm pricing agar usaha jualanmu laris manis. Strategi charm pricing terbukti menjanjikan karena memiliki segudang keuntungan. Apa saja keuntungannya? Kamu bisa simak ulasan berikut.

 

1. Memberi Kesan Harga Lebih Murah 

Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras

 

Seperti yang sudah kita singgung di atas bahwa charm pricing bisa memberi kesan harga produk lebih murah. Pada dasarnya, harganya memang lebih murah meski hanya Rp 1. Walau demikian, hal tersebut sangat berarti bagi calon pembeli.

Bahkan tak sedikit pembeli yang hanya memperhatikan digit depannya tanpa mencermati digit harga di belakang. Dengan kesan lebih murah, maka produk yang kamu jual akan mudah laku. Strategi ini memang menarik untuk kamu coba.

 

2. Mudah Menggaet Pelanggan

Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras

 

Keuntungan melakukan charm pricing lainnya yaitu mudah dalam menggaet pelanggan, baik itu pelanggan baru maupun lama. Pelanggan baru akan langsung memilih lapak usahamu saat mengetahui harga produknya. Pelanggan baru seringkali banding harga dan memilih produk dengan harga lebih murah daripada lainnya.

Sementara yang dimaksud mampu menggaet pelanggan lama yaitu membuat pelanggan setia membeli produk di lapak usahamu. Dengan adanya pelanggan setia, maka lapak usahamu sudah memiliki pasaran sendiri. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah tetap memberikan pelayanan terbaik. Jangan sampai pelanggan setiamu kabur karena menurunnya kualitas pelayanan maupun produk.

 

3. Memperbesar Peluang Jual Produk yang Lama Tak Laku

Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras

 

Apabila usahamu memiliki produk yang lama belum laku, maka bisa terapkan strategi charm pricing. Hanya dengan menurunkan keuntungan sebesar Rp 1, maka bisa membuat produk tersebut laku. Kamu bisa coba cara ini sekarang juga dan buktikan sendiri keampuhannya. Produkmu akan cepat dilirik oleh konsumen.

 

4. Memperkecil Kerugian

Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras

 

Risiko mengalami kerugian relatif kecil apabila menerapkan charm pricing. Mengapa demikian? Hal ini dapat terjadi karena strategi tersebut memungkinkan produk terjual lebih cepat. Berbeda apabila berbisnis tanpa strategi apapun, maka kemungkinan besar akan ada sisa produk yang tak terjual.

 

5. Mudah Mengembalikan Modal

Lakukan Strategi Charm Pricing Agar Jualanmu Laku Keras

 

Modal adalah salah satu hal yang pebisnis butuhkan dalam membuka usaha. Tanpa modal, maka usaha tak akan berjalan lancar dan hasilnya kurang maksimal. Namun tak perlu risau perihal modal berkat charm pricing.

Modal yang kamu gunakan untuk merintis usaha bisa cepat kembali dengan penerapan charm pricing. Mengingat strategi ini memungkinkan produknya ludes terjual, maka bukan tak mungkin apabila kamu memiliki kesempatan untuk balik modal lebih cepat. Bahkan kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan usaha ataupun membuka cabang baru.

 

Dari penjelasan diatas apakah kamu sudah paham tentang strategi charm pricing? strategi charm pricing penting dipelajari bagi kamu yang ingin terjun ke dunia bisnis. Dengan menguasai strategi ini, maka usaha yang kamu jalankan bisa lancar dan untung. Jangan ragu pula untuk mengimbanginya dengan rajin melakukan promosi secara efektif. 

Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya? Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

Sosiakita adalah salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.   

Share