Perkembangan teknologi saat ini bisa dibilang sangat pesat, salah satunya yaitu pada bidang server dan website. Saat ini muncul teknologi baru yang bernama cloud hosting. Bagi sebagian orang mungkin belum terlalu mengenal atau masih asing dengan namanya cloud hosting. Hal ini wajar karena terbatasnya informasi mengenai layanan ini. Hosting merupakan layanan yang menyimpan berbagai jenis data seperti database, gambar, teks, video, hingga dokumen yang  ada di dalam website. Dengan kata lain, cloud hosting merupakan layanan hosting yang berbasis cluster dengan banyaknya server yang saling terhubung satu dengan yang lainnya agar performa website tetap terjaga secara optimal. Karena itulah keunggulan cloud hosting jauh lebih banyak dari konvensional hosting pada umumnya.

 

Banyak dari para developer yang mulai beralih menggunakan layanan dari cloud hosting. Hal ini karena banyaknya keunggulan yang bisa didapatkan dari penggunaan cloud hosting. Jika web hosting konvensional masih memerlukan hardware sebagai sentral penyimpanan datanya.  Cloud hosting bisa anda gunakan tanpa komputer maupun hardware lainnya, selain itu cloud hosting dapat membantu website anda tetap berjalan meskipun salah satu server mengalami down. Terlepas dari itu, dengan bantuan cloud hosting website anda akan dapat menyimpan banyak traffic. Sehingga sangat cocok untuk website profesional khusus toko online, agen tiket, instansi pemerintahan, maupun portofolio perusahaan.  

 

Adapun keunggulan-keunggulan lain yang bisa anda dapatkan dari cloud hosting sangatlah banyak. Karena dari segi efisiensi biaya, kemudahan pengoperasiannya, hingga fleksibilitas nya sangat dapat diandalkan dan lebih unggul dari hosting konvensional. Nah untuk mengetahui keunggulan-keunggulan lain dari cloud hosting untuk kinerja website , bisa anda simak penjelasannya berikut ini.

 

1. Manajemen Server yang Sangat Mudah

Mengenal 6 Keunggulan Cloud Hosting Untuk Kinerja Website

sosiakita.com

Keunggulan cloud hosting yang pertama untuk kinerja website anda yaitu manajemen server yang sangat mudah. Mengapa manajemen server bisa sangat mudah? Hal ini terjadi karena anda bisa memonitoring manajemen server secara langsung melalui website. Tentunya dengan adanya koneksi internet pada website tersebut. Dari dashboard inilah anda akan mengetahui banyak hal mengenai informasi website. Salah satunya yaitu mengetahui status global server secara real time. Tidak hanya itu saja, anda juga bisa melakukan upgrade, menambah software baru, dan managed server dengan sangat mudah. Karena telah terdapat tool yang sudah terpasang secara otomatis dan bisa langsung digunakan oleh user.

 

2. Kelebihan Cloud Hosting yaitu Sangat Mudah untuk Diakses

Mengenal 6 Keunggulan Cloud Hosting Untuk Kinerja Website

sosiakita.com

Keunggulan cloud hosting lainnya yang bisa anda rasakan untuk kinerja website yang kedua yaitu kemudahan aksesnya. Askes data maupun aplikasi yang sangat mudah menjadi keunggulan yang paling utama dari cloud hosting ini. Karena anda bisa dengan mudah mengakses data tersebut melalui smartphone jenis apapun, kapanpun, dan dimanapun sesuka anda selama masih terkoneksi dengan internet. Sehingga anda tidak perlu mengakses dengan komputer saja. Dengan kemudahan inilah cloud hosting bisa dibilang lebih unggul dari shared hosting. Perlu anda pastikan juga, saat mengakses dashboard untuk memiliki koneksi internet yang aman dan lebih stabil.

 

3. Fleksibilitas Dapat Diandalkan

sosiakita.com

Keunggulan cloud hosting selanjutnya yang dapat mempermudah kinerja website anda yaitu fleksibilitasnya. Anda tidak perlu menyiapkan komputer, server, dan infrastruktur hardware lainnya untuk mengakses data, karena cloud hosting dapat memungkinkan proses yang lebih cepat dan mudah. Hal ini karena cloud hosting merupakan cloud self-service yang mana disesuaikan dengan kebutuhan, serta siap untuk digunakan. Saat anda menggunakan cloud hosting, anda tidak lagi memerlukan komputer khusus untuk mengakses data, hanya cukup melakukan self provisioning. Self provisioning itu sendiri merupakan suatu kegiatan dimana pengguna dapat mengatur dan memakai layanan sendiri tanpa bantuan seorang ahli  atau penyedia  layanan. Karena fitur self provisioning ini biasanya disediakan oleh perusahaan hosting dengan tujuan mempermudah pengaksesan data. 

 

Sosiakita merupakan digital marketing agensi yang dapat membantu anda melakukan segala kegiatan pemasaran digital. Termasuk membuat narasi cerita untuk iklan yang sesuai dengan bisnis anda.  Selain itu juga membantu mengelola akun sosial media dan website bisnis anda menjadi lebih profesional. Untuk informasi lebih lengkap lihat portofolio kami disini! 

 

4. Kemudahan Mengakses Data Kapan Saja Secara Aman

sosiakita.com

Kemudahan mengakses data kapan saja dan secara aman, juga menjadi salah satu keunggulan dari cloud hosting yang perlu anda ketahui. Pada dasarnya sistem cloud didesain dengan high availability yang mana dapat memastikan ketersediaan data yang anda butuhkan secara maksimal selama 24 jam atau  setiap saat. Sistem cloud ini berada pada data center yang sudah terjamin. Sehingga anda tidak perlu khawatir dengan kinerjanya.  Adapun faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kinerja atau performa dari data center sendiri seperti kestabilan dan kesediaan listrik, jaminan keamanan 24 jam, hingga fasilitas pendingin ruangan. 

 

5. Lebih Stabil dari Shared Hosting

sosiakita.com

Keunggulan cloud hosting selanjutnya untuk mempermudah kinerja website anda yaitu kestabilannya. Cloud hosting terbukti lebih stabil jika dibandingkan dengan shared hosting. Perlu anda ketahui bahwa traffic website yang tinggi membuat sebuah website menjadi sulit untuk diakses. Dengan bantuan cloud hosting yang telah anda gunakan, hal tersebut tidak akan terjadi. Karena cloud hosting akan membantu website anda tidak mengalami down meskipun mengalami lonjakan traffic yang tinggi.  Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk website anda yang sering mengalami lonjakan traffic, contohnya website penyedia tiket pesawat, atau transportasi lainnya.  

 

6. Kelebihan Cloud Hosting yaitu Biaya Lebih Terjangkau 

sosiakita.com

Keunggulan cloud hosting lainnya yang perlu anda ketahui yaitu biayanya yang jauh lebih terjangkau. Jika anda sadari, penggunaan server yang lama akan lebih memakan biaya yang besar. Terlebih di bagian operasional komputer dan kebutuhan lain mengenai hardware. Akan tetapi hal ini berbeda dengan cloud hosting, karena anda tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan, serta biaya maintenance anda juga menjadi lebih terjangkau. Jika anda bandingkan dengan hosting tradisional akan sangat berbeda jauh. Cloud hosting dinilai lebih affordable karena dapat memangkas biaya operasional komputer, hardware, serta infrastruktur lainnya. 

 

Nah, setelah mengetahui keunggulan cloud hosting dari di atas, apakah anda ingin beralih menggunakan cloud hosting untuk kemudahan website anda?  Sosiakita akan membantu anda dalam menangani segala kebutuhan website anda, mulai dari maintenance website menjadi lebih profesional dan optimal. Tidak hanya itu, kami juga membantu bisnis anda dalam melakukan segala kegiatan digital marketing, mulai dari perencanaan konten sosial media, menjalankan ads, dan sebagainya. Sehingga bisnis anda akan semakin dikenal dan mendapat hasil yang maksimal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami silahkan hubungi kami disini!

 

 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM