Suatu perusahaan yang baru saja merintis usahanya, pasti membutuhkan branding untuk memperkenalkan jenis usahanya kepada khalayak. Branding ialah suatu kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pemilik usaha kepada target pasar mereka. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk membangun dan membesarkan sebuah merk usaha mereka agar lebih bisa dikenal oleh masyarakat luas. Branding bukan sekedar nama merk, namun juga berkaitan dengan logo, karakter, persepsi, karakter, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan citra yang diinginkan untuk selalu diingat oleh masyarakat.

Dalam membuat suatu branding, Anda harus memperhatikan beberapa hal seperti tampilan visual, suara, slogan, dan juru bicara. Juru bicara dibutuhkan sebagai bentuk representative dari brand tersebut. Adapun jenis branding dibagi menjadi 5 yakni, product building, personal branding, dan corporate branding, geographic building, dan cultural branding. Product building dilakukan untuk mendorong konsumen agar lebih memilih produk dari brand tersebut; personal branding digunakan untuk menjadikan seseorang menjadi sosok yang bisa mewakili merk tersebut; Corporate branding dilakukan untuk meningkatkan reputasi perusahaan; Geographic branding yakni memunculkan gambaran dari sebuah produk atau jasa dari mek tersebut; dan Cultural Branding bertujuan untuk mengembangkan reputasi perusahaan kepada lokasi tertentu atau kebangsaan lainnya.

Setelah mengetahui jenis-jenis dari branding, selanjutnya kami akan menginformasikan fungsi dan pentingnya branding bagi suatu perusahaan. Branding dibutuhkan oleh beberapa perusahaan untuk memberikan daya tarik bagi konsumen, mempermudah perusahaan mendapatkan konsumen yang loyal, membuka peluang untuk menetapkan harga jual yang tinggi dan melakukan diferensiasi produk, dan menjadi ciri khas bagi merk itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai pentingnya branding bagi perusahaan.

 

1. Sebagai pembeda dengan merk kompetitor lainnya

Kenali Apa itu Branding dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

2. Sebagai bentuk promosi

Kenali Apa itu Branding dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

3. Sebagai media untuk membangun citra dan prestise produk dari merk tersebut

Kenali Apa itu Branding dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

4. Sebagai pengendali pasar

Kenali Apa itu Branding dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

5. Sebagai media untuk membangun persepsi masyarakat

Kenali Apa itu Branding dan Pentingnya bagi Perusahaan

 

6. Sebagai media untuk membangun rasa percaya kepada konsumen

Inilah 4 Etika Berbicara dengan Klien

 

Dari penjelasan tersebut, Anda bisa mengetahui betapa pentingnya branding bagi suatu perusahaan. Tujuannya begitu banyak sehingga penting untuk selalu dilakukan khususnya bagi suatu perusahaan baru. Apabila Anda masih bingung bagaimana cara membangun branding secara efektif dan efisien, maka Anda bisa menghubungi tim dari Sosiakita. Sosiakita ialah Social Media Manager yang akan membantu Anda dalam membangun produk ataupun mengenalkan perusahaan baru Anda. Informasi lebih lanjut bisa Anda lakukan dengan cara klik di sini.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM