Kemajuan teknologi digital yang semakin pesat memudahkan kita dalam melakukan berbagai hal. Terutama untuk menjual atau mempromosikan produk atau jasa, bahkan mempromosikan perusahaan itu sendiri. Ini menjadi peluang emas bagi para pelaku bisnis atau industri untuk menghasilkan konten menarik dan berkualitas demi kemajuan bisnisnya. Dalam memenuhi hal tersebut menggunakan profesi pekerjaan yang diantaranya content writer dan copywriter. 

Content writer dan copywriter adalah dua profesi yang pastinya tidak asing ditelinga kalian apalagi bagi kalian yang gemar menulis. Profesi tersebut sering terlihat di situs lowongan pekerjaan karena saat ini banyak perusahaan yang membutuhkan profesi tersebut. Kedua profesi tersebut sama sama memiliki tugas dengan bidang yang sama yakni tulis-menulis. Namun jangan salah! Terdapat perbedaan antara profesi content writer dan copywriter dari berbagai hal. Lalu apa saja perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini.

 

1. Tujuan Konten 

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Content Writer dan Copywriter

 

Perbedaan pertama antara content writer dan copywriter yaitu pada konten yang dibuat. Seorang content writer mempunyai tugas untuk membuat konten atau artikel yang dibuat sesuai dengan tema yang diminta. Artikel yang dibuat oleh seorang content writer harus memiliki sifat informatif, mengedukasi, dan menarik. Jadi tugasnya adalah meningkatkan jumlah pengunjung suatu website atau situs dengan membuat para pembaca betah untuk berlama-lama membaca artikel-artikel yang menarik.

Sedangkan copywriter bertugas untuk membuat konten persuasif yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk atau jasa kepada calon konsumen yang membaca. Dengan tujuan agar para calon konsumen tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa tersebut.  

 

2. Bentuk Konten 

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Content Writer dan Copywriter

 

Perbedaan kedua antara content writer dan copywriter yakni terletak pada bentuk konten yang dibuat. Bentuk konten yang dibuat seorang content writer berupa tulisan panjang dan detail. Tulisan yang dibuat menggunakan rumus 5W+1H dengan kaidah jurnalistik sebagai acuan. Tulisan atau konten yang dibuat oleh seorang content writer dihasilkan dari hasil riset atau wawancara.

Sedangkan bentuk konten yang dibuat oleh seorang copywriter berupa tulisan atau kata-kata pendek yang menarik. Tulisan tersebut biasanya dalam bentuk slogan, tagline, atau headline. Tulisan atau konten yang dibuat oleh seorang copywriter didapat dari hasil menganalisis kebutuhan pelanggan dan tren saat ini yang sedang booming.

3. Media Konten

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Content Writer dan Copywriter

 

Perbedaan ketiga antara content writer dan copywriter yaitu pada media yang digunakan untuk mempublikasikan kontennya. Content writer menulis atau membuat konten artikel untuk dipublikasikan pada sebuah situs website atau blog. Dengan tujuan yaitu agar kontennya bisa dibaca dalam jangka waktu yang lebih lama atau bisa dibaca kembali berikutnya di lain waktu.

Sedangkan copywriter membuat konten untuk mengisi poster, billboard, web banner, social media ads, iklan tv, dan lainnya. Dimana konten tersebut sengaja dibuat agar bisa dibaca dengan waktu yang singkat.       

 

4. Jenjang Karir

Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Content Writer dan Copywriter

 

Perbedaan keempat antara content writer dan copywriter adalah jenjang karir yang bisa dicapai. Content writer biasanya ditempatkan pada bagian editorial di divisi marketing dalam suatu perusahaan. Content writer bisa dipromosikan untuk menjadi editor. Jika performa kerja content writer semakin bagus, bisa berlanjut dipromosikan menjadi senior manager di divisi marketing.

Sedangkan copywriter biasanya ditempatkan pada bagian tim kreatif di divisi marketing dalam suatu perusahaan. Seorang copywriter jika memiliki performa kerja yang bagus memiliki kesempatan besar untuk menjadi seorang editor dan art director. 

 

Untuk anda para pelaku bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasa secara digital dengan berbagai konten yang menarik dan berkualitas. Bergabunglah dengan Sosiakita. Sosiakita adalah partner untuk social media manager anda. Klik disini untuk melihat portofolio kami.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM