fbpx

Sebagai seorang pebisnis online atau digital marketer, penggunaan sosial media marketing mungkin sudah tidak asing lagi, karena terbukti mampu membantu promosi dan meningkatkan penjualan. Sehingga tidak jarang perusahaan yang memilih menggunakan  sosial media menjalankan strategi pemasaran atau promosi. Salah satu media yang banyak  digunakan yaitu instagram. Melihat data tersebut, tentu instagram menjadi salah satu media yang efektif untuk memasarkan suatu produk, maupun jasa. 

Adapun strategi pemasaran di instagram yang bisa Anda pilih yaitu endorse selebgram atau Instagram Ads. Biasanya dua strategi ini penting sekali untuk memasarkan produk. Kenapa? Karena endorse sangat mudah dilakukan. Sedangkan Instagram Ads dapat menargetkan calon konsumen lebih presisi. Kedua nya tentu dapat menjangkau khalayak yang luas. Namun apakah Anda tahu dari kedua strategi pemasaran di instagram tersebut kira-kira manakah yang lebih baik atau paling efektif untuk mempromosikan bisnis? Simak penjelasannya berikut ini.

 

Apa itu Instagram Ads dan Endorsement?

Sebelum Anda mengetahui mana yang lebih baik atau paling efektif antara Instagram Ads dan endorse, akan lebih baik jika Anda mengenal lebih jauh dulu tentang keduanya. 

 

Mengenal Instagram Advertising atau Instagram Ads 

Instagram Ads VS Endorse, Manakah Yang Lebih Baik?

Instagram Ads merupakan platform iklan yaitu fitur iklan berbayar yang disediakan oleh Instagram untuk mempermudah pengguna dalam memasarkan bisnis mereka melalui iklan di Instagram Feed dan Stories. Fitur ini pertama kali dirilis pada 30 September 2015 dan terus digunakan untuk beriklan di berbagai negara termasuk Indonesia hingga saat ini. 

Instagram Ads juga dikelola pada Facebook Ads Manager sehingga memberi akses pada pengiklan ke berbagai opsi penargetan. Serta memungkinkan Anda untuk membuat iklan di kedua platform baik Instagram maupun Facebook secara bersamaan. Berdasarkan data dari We Are Social tahun 2021 lalu, terdapat potensi Advertising Audience Instagram yang mencapai 85 juta pengguna aktif setiap bulannya. Bagaimana, peluang yang sangat menarik, bukan? 

Dengan jumlah potensi audiens yang tinggi  tersebut, Anda bisa memanfaatkan Instagram Ads sebagai strategi pemasaran bisnis Anda. Namun, sebelum itu Anda perlu tahu apa saja kelebihan dan kekurangan dari jasa layanan iklan Instagram Ads tersebut. Berikut ini beberapa poin yang penting untuk Anda ketahui.

 

Kelebihan Instagram Ads:

  1. Membantu Meningkatkan Brand Awareness
  2. Meningkatkan Potensi Penjualan
  3. Memberikan Penargetan Konsumen yang Lebih Spesifik
  4. Membantu Meningkatkan Engagement dengan Konsumen
  5. Membantu Meningkatkan Traffic Website
  6. Memiliki Visibilitas yang Tinggi
  7. Memiliki Beragam Jenis Iklan

 

Kekurangan Instagram Ads:

  1. Rawan Spamming
  2. Kurang Praktis untuk Jual Beli
  3. Harus Rajin Posting

   

Berapa Biaya Instagram Ads?

Untuk biaya Instagram Ads akan bervariasi menyesuaikan dengan tipe iklan yang akan dipilih. Anda juga bisa memilih jenis iklan di Instagram yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki. Namun perlu Anda ketahui jika besaran anggaran yang dikeluarkan ini akan mempengaruhi jangkauan iklan dan masa penayangannya. Sehingga jika Anda ingin memperluas area jangkauan dan memperpanjang masa penayangan maka Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar. Namu biaya iklan pada Instagram Ads ini jauh lebih murah dibandingkan dengan biaya iklan di media lain bahkan  jauh lebih murah dari biaya endorse influencer

 

Mengenal Endorsement atau Endorse

Instagram Ads VS Endorse, Manakah Yang Lebih Baik?

Endorsement atau Endorse  adalah bentuk iklan berbayar dengan menggunakan jasa selebriti, influencer, artis, atau tokoh-tokoh yang memiliki tingkat pengaruh dan kesadaran yang tinggi di depan publik (memiliki followers atau audiens yang banyak). Pada dasarnya jenis promosi ini bisa menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan karena mayoritas audiens banyak menggunakan media sosial sebagai sumber gaya hidup mereka. 

 

Biasanya penampilan atau gaya selebriti dapat meng-influence atau memberikan dampak yang besar terhadap keputusan audiens terlebih dalam pembelian. Akan lebih baik jika Anda melakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui influencer mana yang daya tarik, kredibilitas, dan kompatibilitasnya cocok atau sesuai dengan  brand dan target market brand Anda. 

 

Konten materi iklan biasanya juga berasal dari influencer. Anda tinggal memberikan pengarahan dan penjelasan ke influencer tersebut, selanjutnya mereka tinggal eksekusi. Dengan begitu promosi yang dilakukan dengan cara endorsement melalui pihak influencer akan lebih condong ke soft selling.

 

Kelebihan Endorse:

  1. Pembawaan konten sangat menarik, biasanya berupa foto atau video yang diunggah pada feed atau stories akun influencer.
  2. Review produk an dilakukan sana jelas terlebih jika menggunakan konten video.
  3. Cocok untuk menjangkau prospek baru. Nah jika produk Anda di review oleh influencer dengan jutaan followers maka tidak menutup kemungkinan jika audiens yang menjadi followers tersebut terdiri dari berbagai kalangan dan umur.   

 

Kekurangan Endorse:

  1. Diperlukan riset yang detail dan mendalam untuk menemukan influencer yang cocok dan sesuai brand.
  2. Target audiens ditentukan berdasarkan followersnya, jadi tidak semuanya menjadi target market potensial. Karena Anda tidak bisa menentukan audiens yang lebih spesifik. 
  3. Tidak bisa melihat insight iklan secara langsung, karena akun yang digunakan bukan milik Anda melainkan milik influencer

 

Berapa Biaya Endorse?

Untuk biaya endorse influencer di Instagram biasanya tergantung pada siapa influencer yang Anda pilih dan harga yang telah mereka tentukan. Jika Anda memilih influencer yang memiliki puluhan juta followers biasanya akan memerlukan biaya puluhan hingga ratusan juta. Untuk itu Anda juga perlu melakukan riset mendalam mengenai rate harga untuk setiap jasa endorse pada pihak manajemen influencer tersebut. 

Lalu mana yang lebih baik atau yang paling efektif? Pada dasarnya, kedua strategi iklan ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda hanya perlu menganalisis mana yang sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Jika bisnis Anda masih baru, maka mungkin perlu meningkatkan brand awareness pada audiens terlebih dahulu. Selain itu Anda juga harus meningkatkan visualisasi akun bisnis Instagram agar lebih menarik. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan Instagram Ads yang bisa membantu mencapai tujuan tersebut. 

Namun jika bisnis Anda sudah berjalan cukup lama dan Anda ingin menjangkau pasar yang lebih luas, maka Anda bisa mencoba jasa endorse influencer. Melalui endorsement ini, audiens yang semula tidak mengetahui produk Anda jadi tahu berkat melihat postingan influencer yang mereka follow.

 

Setelah mengetahui mana yang lebih baik dan paling efektif, yang perlu anda lakukan selanjutnya yaitu mulai menentukan strategi. jika anda merasa tidak yakin untuk melakukan pemasaran sendiri, anda bisa menyerahkan pada jasa digital marketing yang sudah profesional dan memiliki kredibilitas tinggi seperti Sosiakita.   

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share