fbpx

Inilah Penyebab Tiktok Anda Tidak Kunjung FYP, Wajib Tahu!

by Jul 24, 2023All Post0 comments

  1. Home
  2. /
  3. All Post
  4. /
  5. Inilah Penyebab Tiktok...

Dalam dunia pemasaran digital atau digital marketing, TikTok telah menjadi pilihan utama para profesional untuk mencapai target pasar dan meningkatkan kesadaran merek. Hal ini disebabkan oleh popularitas TikTok yang meroket sebagai salah satu platform media sosial terbesar di Indonesia, dengan jumlah pengguna global mencapai 99 juta. Namun, membuat konten video pemasaran yang berhasil di TikTok tidak semudah membuat dan mengunggahnya saja. Ada beberapa pertimbangan yang harus Anda perhatikan agar video TikTok Anda dapat muncul di laman FYP (For You Page). FYP adalah tempat di mana video Anda bisa dilihat oleh jutaan orang di seluruh dunia dan memberi Anda kesempatan untuk menjadi viral. Namun, tidak sedikit pengguna yang mengalami kesulitan untuk videonya masuk ke FYP, dan hal ini bisa menjadi hal yang membuat frustasi para konten kreator. Perlu diperhatikan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu Anda hindari agar video TikTok tidak FYP. Nah kali ini Sosiakita akan menjelaskan mengenai apa saja penyebab video TikTok Anda tidak FYP, yang wajib kamu ketahui penjelasannya berikut ini untuk membantu Anda mendapatkan eksposur yang lebih besar.

Penyebab TikTok Tidak Muncul di FYP

 

Penyebab video TikTok tidak FYP yang pertama yaitu karena Anda belum memahami algoritma TikTok. Anda perlu lebih memahami algoritma TikTok terlebih dahulu. Algoritma adalah serangkaian langkah logis yang dirancang untuk menyelesaikan suatu masalah. Secara sederhana, algoritma dapat diartikan sebagai sebuah sistem yang berfungsi secara otomatis untuk mengatasi masalah tertentu. Sementara itu Algoritma pada TikTok digunakan untuk menyaring video-video yang kemudian akan ditampilkan di FYP. Untuk itu Anda harus benar-benar mengenali algoritma TikTok. Apalagi, algoritma ini akan selalu berubah-ubah menyesuaikan dengan pengguna. Nah beberapa faktor yang menjadi acuan pada algoritma TikTok antara lain: Tema video sesuai dengan tren atau tidak, Hashtag, Interaksi pada video

Caption, Lagu yang digunakan, dan Kualitas video. Oleh karena itu Anda perlu menggunakan fitur tagar dan audio di TikTok yang perlu Anda manfaatkan dengan cerdas. Gunakan tagar-tagar atau audio yang sedang populer agar konten Anda dapat mencapai audiens yang lebih luas. Semakin banyak orang yang melihat konten Anda, maka peluangnya untuk muncul di bagian FYP TikTok akan semakin besar.

 

1. Kualitas Konten yang Rendah

Penyebab video TikTok tidak FYP yaitu kualitas konten yang rendah. TikTok adalah platform yang sangat kompetitif, dan konten berkualitas tinggi menjadi kunci untuk masuk ke FYP. Jika video Anda kurang menarik, berantakan, atau tidak memberikan nilai hiburan yang cukup, algoritma TikTok mungkin tidak akan merekomendasikannya kepada lebih banyak orang.

2. Kurangnya Interaksi dan Keterlibatan

Salah satu faktor utama penyebab video TikTok tidak FYP yaitu kurangnya interaksi dan keterlibatan pada video Anda. Karena algoritma TikTok sangat mempertimbangkan tingkat interaksi dan keterlibatan pada video. Jika video Anda tidak mendapatkan banyak like, komentar, atau share, kemungkinan besar algoritma tidak akan memprioritaskan video Anda untuk muncul di FYP.

3. Penggunaan Musik Terlarang atau Hak Cipta

Penyebab video TikTok tidak FYP selanjutnya yaitu penggunaan musik. Menggunakan lagu atau musik yang dilindungi hak cipta tanpa izin bisa menyebabkan video Anda dihapus atau tidak muncul di FYP sama sekali. Pastikan untuk menggunakan musik yang diizinkan atau yang disediakan oleh TikTok dalam perpustakaan mereka.

4. Tema Tidak Populer atau Tidak Relevan

Penyebab video TikTok tidak FYP yang lain yaitu pemilihan tema yang tidak populer atau tidak relevan. Beberapa tema atau tren mungkin tidak lagi populer atau tidak relevan bagi banyak orang. Jika Anda terlambat mengikuti tren atau menggunakan tema yang kurang diminati, video Anda mungkin tidak akan masuk ke FYP.

5. Tidak Menggunakan Hashtag dengan Bijak

Penyebab TikTok tidak FYP selanjutnya yaitu tidak menggunakan hashtag yang relevan dan tidak bijak. Hashtag adalah cara untuk menjangkau lebih banyak pengguna di TikTok. Namun, penggunaan hashtag yang salah atau berlebihan bisa menyebabkan video Anda dianggap sebagai spam oleh algoritma TikTok. Untuk itu pastikan Anda menggunakan hashtag yang relevan saja. 

 

Tips untuk Masuk ke FYP

1. Kualitas Konten yang Baik 

Pastikan video Anda berkualitas tinggi dan menarik. Gunakan pencahayaan yang baik, audio yang jelas, dan pastikan pesan atau konten video Anda mudah dipahami oleh penonton.

2. Kenali dan Ikuti Tren

Selalu pantau tren dan tantangan terbaru di TikTok. Ikuti tren yang relevan dengan konten Anda untuk meningkatkan peluang masuk ke FYP.

3. Interaksi dan Keterlibatan

Berinteraksilah dengan pengguna lain, balas komentar, dan berusaha untuk meningkatkan tingkat keterlibatan pada video Anda. Semakin banyak interaksi, semakin besar kemungkinan video Anda masuk ke FYP.

4. Pilih Musik yang Sedang Trending dan Relevan

Pastikan musik yang Anda gunakan bebas hak cipta atau sudah diizinkan untuk digunakan di platform TikTok.

5. Gunakan Hashtag dengan Cermat

Gunakan hashtag yang relevan dengan konten video Anda, tetapi hindari penggunaan hashtag berlebihan yang tidak relevan karena bisa menyebabkan spam.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab TikTok tidak FYP yang perlu Anda pahami dan hindari. Muncul di halaman “For You Page” di TikTok bisa menjadi tantangan tersendiri bagi para konten kreator di TikTok, tetapi dengan memahami beberapa faktor yang mempengaruhinya dan mengikuti tips yang disebutkan di atas, Anda dapat meningkatkan peluang video Anda muncul di FYP. Ingatlah bahwa konsistensi, kreativitas, dan interaksi aktif dengan pengguna lainnya adalah kunci kesuksesan di platform ini. Semoga informasi yang telah Sosiakita rangkum diatas bisa membantu Anda. Anda juga bisa membaca rangkuman informasi dan tips lainnya seputar strategi marketing, digital marketing, dan bisnis, yang bisa Anda baca di Sosiakita Blog.

Anda tentu tidak ingin usaha marketing Anda monoton atau itu-itu saja, bukan? Makanya, yuk, konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halaman resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lain dari 

Written by Sosiakita Blog

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved