fbpx

Deretan Fitur Terbaru Instagram Maret 2024, Apa Saja?

by Mar 12, 2024Social media0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. Deretan Fitur Terbaru...

Instagram, menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia pada tahun 2024, dengan lebih dari 2,35 miliar pengguna di seluruh dunia. Instagram tetap menjadi salah satu pemain utama di ranah media sosial, dan itu bukan tanpa alasan. Hal ini karena jaringan media sosial ini terus berkembang dan mengembangkan fitur-fitur baru secara teratur.

Deretan Fitur Terbaru Instagram Maret 2024, Apa Saja?

Sumber: Freepik

Artikel ini mencakup pembaruan dan fitur terbaru Instagram untuk tahun 2024 serta yang dari tahun 2023 yang mungkin Anda lewatkan update-an nya. Karena bagi para digital marketer dan pelaku usaha, memantau pembaruan platform media sosial adalah suatu keharusan. Sosiakita telah membuat rangkuman artikel untuk Anda agar dapat memiliki informasi tentang semua perubahan penting Instagram di satu tempat dan memanfaatkannya untuk keuntungan bisnis Anda. Silahkan Anda simak beberapa fitur terbaru yang diperkenalkan oleh Instagram pada bulan Maret 2024 ini.

 

1. Background AI

Instagram telah memperkenalkan fitur terbarunya di tahun 2024, salah satu fitur terbaru instagram yaitu AI generatif bernama Backdrop. Dengan Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengubah latar (background) Instagram stories mereka berdasarkan perintah teks (prompt) dengan mudah tanpa perlu keahlian editing yang rumit. Pengguna juga bisa membuat latar belakang menjadi beraneka macam tergantung dengan perintah pengguna. Dengan adanya fitur ini, pengguna dapat dengan cepat membuat foto yang menarik dan estetis.

 

Adapun cara kerja dari fitur Backdrop atau Background AI ini antara lain sebagai berikut:

  • Setelah Anda memasukkan foto ke Instagram Stories, selanjutnya klik tombol Backdrop bergambar dengan garis persegi di belakang yang letaknya berada di sebelah kiri tombol teks.
  • Selanjutnya akan muncul kolom yang berisi teks “Describe the backdrop you want” (Tulis latar belakang yang Anda inginkan). Kemudian di bagian atas kolom teks, terdapat sejumlah saran background seperti “Dikejar dinosaurus”, “Berjalan di karpet merah”, dan lain sebagainya. Jika ingin memilih background dengan bebas, Anda tinggal menuliskan latar belakang yang Anda inginkan melalui kolom yang disediakan.
  • Kemudian, ketuk tombol panah atau enter. 
  • Instagram Stories Anda pun akan “menyulap” gambar atau foto untuk memiliki latar belakang sesuai yang Anda minta. 
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung membagikan gambar atau foto tersebut di Instagram Stories. Nantinya pengikut Anda (followers) dapat melihat teks “Try it” (Coba fitur) diikuti dengan perintah teks yang diperlukan untuk menghasilkan latar belakang di Stories itu.

 

2. Fitur Add Yours

Selain Backdrop, Instagram juga meluncurkan fitur baru yaitu  fitur “Add Yours”. Fitur ini merupakan fitur baru Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat template “Add Yours”, sehingga pengguna dapat menyempatkan GIF, teks, dan gambar ke template Stories, yang nantinya bisa dibagikan dengan pengguna lain.

 

Adapun cara membuat template “Add Yours” yaitu Anda  bisa menambahkan GIF, teks, dan gambar ke cerita mereka sendiri. Selanjutnya Anda bisa memilih opsi ‘Tambahkan template Anda’ dari Stiker dan memilih elemen yang ingin Anda tambahkan dalam template. Setelah membagikan template ‘Add Yours’ ke Stories, maka siapapun bisa menggunakannya dan menambahkan versi sentuhan mereka sendiri. Jika Anda ingin menggunakan template orang lain, maka Anda bisa meng-klik perintah “Add Yours” ketika Anda melihat stories orang tersebut.  

 

3. Zoom Foto Profil

Fitur terbaru Instagram yang update di tahun 2024 salah satunya yaitu fitur zoom foto profil. Fitur yang satu ini memungkinakn pengguna untuk memperbesar foto profil orang lain dengan mudah. Alih-alih menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melihat foto profil Instagram pengguna lain dalam ukuran penuh, saat ini Anda sudah dapat melakukannya hanya melalui aplikasi Instagram. Anda hanya perlu menekan dan menahan foto profil pengguna dari halaman profil mereka.

 

4. Threads

Deretan Fitur Terbaru Instagram Maret 2024, Apa Saja?

freepik

Fitur terbaru Instagram 2024 yang bisa Anda gunakan selanjutnya yaitu Threads. Fitur Threads adalah fitur baru Instagram yang memungkinkan pengguna untuk membuat thread, membalas orang lain, dan mengikuti profil akun lain yang diminati. Fitur Thread ini dianggap sebagai pesaing Threads di Twitter atau sekarang dikenal X.

 

Berikut ini adalah beberapa informasi lebih lanjut tentang Threads yang perlu Anda ketahui:

  • Benang dan balasan dapat memiliki berbagai bentuk, termasuk potongan teks pendek, tautan, foto, video, atau kombinasi dari keduanya.
  • Orang dapat mengikuti satu sama lain untuk melihat benang dan balasan mereka di umpan mereka dan dari profil mereka.
  • Pengguna dapat memutuskan siapa yang bisa melihat kiriman mereka dalam pengaturan privasi profil.
  • Orang dapat membalas kiriman untuk bergabung dalam diskusi atau suka, bagikan, kutip, atau repost konten.
  • Siapa pun dengan akun Instagram dapat membuat profil Threads.
  • Saat Anda membuat profil di Threads, itu menjadi terhubung ke akun Instagram yang Anda gunakan untuk login. Data yang diperoleh dari akun Instagram Anda dan digunakan di Threads dapat mencakup:
  • Informasi login Anda untuk Instagram
  • ID akun Instagram unik Anda
  • Nama Instagram Anda dan nama pengguna
  • Informasi yang ada di profil Instagram Anda, termasuk foto profil, bio, dan tautan
  • Pengikut Instagram Anda
  • Akun yang Anda ikuti di Instagram
  • Usia Anda seperti yang tercantum di Instagram
  • Status akun Instagram Anda terkait pelanggaran kekayaan intelektual dan pelanggaran pedoman Komunitas Instagram.

 

Baca Juga: Upload Video di TikTok 2024 Dengan Trik Ini, Dijamin Auto Full HD

 

5. Flipside

Instagram tidak henti-hentinya mengembangkan fitur terbaru yang memperkaya pengalaman penggunanya. Salah satu fitur terbaru Instagram yang rilis di tahun 2024 adalah Flipside. Hadirnya fitur Flipside Instagram ini dianggap bisa menggantikan akun “second account”. Karena Flipside Instagram memungkinkan pengguna untuk  membuat profil khusus atau profil baru yang lebih privat dan berbeda dari profil utamanya dalam satu akun Instagram. Fitur Flipside ini mewadahi pengguna yang ingin mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan teman secara lebih privasi seperti halnya fungsi “second account”.

 

Di Instagram sendiri, fitur Flipside bisa pengguna akses dengan menekan tombol kunci yang berada pada halaman profil pengguna. Tampilan dari Flipside Instagram ini juga sama persis seperti tampilan profil Instagram utama, bedanya para pengguna bisa menyaring atau memilih siapa saja pengikutnya yang bisa melihat konten yang diposting oleh pemilik akun tersebut. Sehingga tidak perlu membuat second account lagi.

 

6. Fitur Catatan di Group Chat

Fitur terbaru Instagram di tahun 2024 yaitu Catatan di Grup Chat. Saat ini Instagram  sedang menguji fitur baru dari Catatan. Ini adalah cara lain bagi pengguna untuk terlibat dan menyemarakkan obrolan grup mereka dengan memposting starter percakapan yang sering digunakan. Anda dapat mengajukan pertanyaan dan yang lain akan melihatnya dan menambahkan tanggapan mereka di panel yang terlihat oleh semua orang sehingga semua anggota obrolan grup dapat melihat komentar dan berinteraksi satu sama lain. Fitur ini sangat berguna untuk pengguna yang tidak ingin ketinggalan topik obrolan atau informasi dalam sebuah grup chat Instagram. 

 

7. Fitur Koleksi Kolaboratif untuk Simpan Foto dengan Teman

Fitur Instagram terbaru di tahun 2024 adalah Collaborative Collections  atau Koleksi Kolaboratif untuk menyimpan postingan bersama teman. Fitur yang satu ini menyediakan ruangan khusus berupa perpustakaan untuk menyimpan foto, dimana para pengguna dan followers mereka atau teman di Instagram bisa saling membagikan postingan dari pengguna lain. Adapun cara menggunakannya cukup dengan tekan ikon Bookmark di pojok kanan bawah foto atau video postingan yang ingin Anda simpan. Selanjutnya Anda bisa memilih opsi membuat koleksi kolaboratif baru, kemudian beri judul atau nama koleksi,  dan aktifkan opsi untuk mengizinkan teman bergabung dalam koleksi tersebut. 

 

Perlu Anda ingat bahwa unggahan yang dikirimkan di ruangan kolaboratif hanya bisa dilihat oleh pengguna yang mengikuti akun pembuat konten.Selain itu, Anda juga  tidak bisa mengubah koleksi kolaboratif Instagram menjadi koleksi pribadi setelah dibuat dan berbagi koleksi pribadi Anda dengan pengguna lain. Dalam ruang koleksi kolaboratif ini, Anda bisa menambahkan hingga 250 orang ke koleksi tersebut. Semua anggota atau pengguna yang tergabung dalam obrolan koleksi kolaboratif ini dapat menambah atau menghapus konten dari koleksi bersama. Sehingga fitur ini bisa menjadi cara baru untuk bertukar ide atau berbagi unggahan lucu dengan teman.

 

8. Broadcast/Channel Chat

Fitur terbaru Instagram di tahun 2024 selanjutnya yaitu Channel Chat Instagram. Fitur Instagram Channel adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan obrolan secara broadcast atau channel dengan banyak orang yang mengikuti channel mereka. Fitur ini sebenarnya hampir mirip dengan Aplikasi Bubble milik Dear U SM Entertainment. Fitur Instagram Channel ini tentu sangat berguna untuk pengguna yang ingin menyampaikan pesan kepada sejumlah besar orang atau pengikut dalam satu waktu. Pengikut yang telah bergabung dengan saluran Anda nantinya bisa memberikan reaksi terhadap pesan yang Anda kirim dengan emoticon atau memberikan suara dalam jajak pendapat yang Anda buat di saluran tersebut. Akan tetapi mereka tidak dapat mengirim pesan. Karena saluran siaran Channel Anda bersifat publik, saluran tersebut bisa ditemukan oleh siapa pun di Instagram, akan tetapi hanya pengikut Anda yang bisa bergabung.

 

Adapun cara membuat saluran siaran atau Channel Chat Instagram adalah sebagai berikut:

  • Ketuk tanda pesan di pojok kanan atas pada home page Instagram
  • Selanjutnya ketuk tanda tulis yang ada di pojok kanan atas menu direct message
  • Kemudian ketuk Buat saluran siaran. Dari sini Anda dapat:
  • Masukkan nama saluran.
  • Pilih pemirsa untuk saluran Anda.
  • Pilih kapan saluran Anda berakhir.
  • Pilih untuk menampilkan saluran Anda di profil Anda.
  • Ketuk Buat saluran siaran di bagian bawah.

 

9. Add Link Bisa Lebih dari 1

Fitur terbaru Instagram 2024 selanjutnya yaitu fitur yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan lebih dari satu tautan di bio Instagram. Instagram sedang meluncurkan pembaruan baru yang dapat dengan mudah menggantikan Linktree dan penyedia perangkat lunak ‘link di bio’ lainnya. Adapun cara untuk menggunakan fitur ini, Anda cukup klik “Sunting profil,” lalu “Tautan,” lalu “Tambahkan tautan eksternal.” Selanjutnya Anda dapat meletakan link atau tautan sesuai urutan yang Anda inginkan. Hadirnya fitur ini tentu memudahkan pengguna untuk mengarahkan pengikut mereka ke berbagai halaman atau situs web dengan lebih efektif.

 

10. Simpan Unggahan sesuai Kategori

Fitur terbaru Instagram 2024 selanjutnya yaitu fitur untuk menyimpan unggahan sesuai kategori. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan unggahan mereka sesuai dengan kategori tertentu sehingga tidak susah untuk mencari foto yang telah di Bookmark.

 

Adapun cara menyimpan unggahan sesuai kategori adalah sebagai berikut:

  • Pada setiap postingan terdapat ikon penanda atau “Bookmark” di bawah sebelah kanan kanan yang berfungsi sebagai ikon fitur Save. Anda bisa klik ikon tersebut maka konten akan otomatis tersimpan di profil akun Instagram Anda
  • Setelah itu akan muncul notifikasi bertuliskan “Save to Collection”. Apabila Anda ingin menyimpan konten tadi berdasarkan kategori yang sudah dibuat tekan tulisan tersebut. Nanti akan muncul kolom di bagian bawah berisi kategori atau Collection yang sudah Anda buat sebelumnya. Namun apabila Anda belum pernah membuat kategori maka cukup pilih ikon “+” disebelah kanan atau klik “koleksi baru” di sebelah kanan.
  • Selanjutnya beri nama koleksi atau judul koleksi yang ingin Anda buat lalu Done. Kini Anda bisa dengan mudah memisahkan konten atau unggahan Instagram menarik yang ingin disimpan berdasarkan kategori tertentu.

Fitur ini tentu sangat memudahkan pengguna untuk mengorganisir unggahan mereka dan bisa dengan cepat menemukan konten yang mereka cari.

 

Itulah beberapa fitur terbaru instagram 2024 yang bisa Anda gunakan untuk merasakan pengalaman yang lebih seru dalam menggunakan Instagram. Selain itu, dengan kehadiran fitur-fitur terbaru ini, pengguna Instagram memiliki lebih banyak kemungkinan untuk mengekspresikan diri dan berinteraksi dengan teman-teman mereka secara kreatif. Patikan untuk terus update mengenai berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa Anda akses di Sosiakiata Blog.

 

Jika Anda ingin memaksimalkan potensi bisnis Anda di platform Instagram atau sosial media lainnya pertimbangkan untuk mencari dukungan profesional seperti bekerja sama dengan Layanan Digital Marketing  Sosiakita. Dengan bantuan ahli yang telah berpengalaman, Anda dapat mengembangkan strategi digital marketing dan mengelola kampanye pemasaran digital yang efektif untuk membantu meningkatkan visibilitas dan daya tarik bisnis Anda. Sosiakita juga menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved