fbpx

Apakah Anda baru merintis bisnis korporasi seperti pabrik atau perusahaan sejenisnya? Tentu mencari cara pemasaran yang tepat dan efektif merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan. Saran dari Sosiakita sih, ada baiknya Anda mempertimbangkan untuk menggunakan strategi pemasaran digital atau biasa dikenal dengan digital marketing. Mengapa demikian? Karena di era yang serba digital ini perilaku konsumen hampir semuanya berubah menjadi serba digital. Sehingga mau tidak mau dari sisi produsen juga harus mengikuti perubahan tersebut agar tidak tertinggal dengan pesaing lain yang lebih cepat mengejar keinginan konsumen. Karena saat ini sudah banyak produsen baik dari pengusaha kecil seperti UMKM hingga pengusaha besar seperti pabrik dan perusahaan korporat lainnya yang telah mengimplementasikan strategi digital marketing serta mengurangi iklan model lawas untuk bisnis mereka. 

Itulah sebabnya mengapa saat ini juga banyak sekali para pengusaha yang tertarik untuk belajar digital marketing. Akan tetapi masih banyak pula para pebisnis yang belum tahu cara memulai digital marketing. Nah agar strategi pemasaran untuk bisnis korporasi Anda tidak salah langkah lagi, Anda perlu tahu 4 hal penting yang harus dilakukan dalam mengimplementasikan digital marketing korporasi. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut ini!

 

Apa Itu Digital Marketing?

Pemasaran digital atau digital marketing adalah suatu usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan media digital serta jaringan internet. Jika dulu media yang digunakan untuk pemasaran bergantung pada selembar flyer, baliho, salesman, dan sebagainya, kini Anda bisa dengan mudah memanfaatkan platform media sosial yang terdapat di smartphone seperti Instagram, TikTok, Facebook, dan lainnya untuk memasarkan produk.

 

Apa Pentingnya Digital Marketing?

Setelah mengetahui apa itu digital marketing, sebagai pengusaha bisnis korporat Anda juga perlu mengetahui apa pentingnya digital marketing untuk bisnis korporat Anda. Alasan yang mendasari mengapa digital marketing ini dianggap tepat dan efektif untuk bisnis korporat untuk saat ini, yaitu karena digital marketing merupakan strategi pemasaran yang menawarkan banyak kelebihan dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Adapun poin-poin yang menjadi alasan betapa pentingnya mengimplementasikan digital marketing dalam bisnis korporat yaitu sebagai berikut:

  • Digital marketing dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis termasuk bisnis korporasi seperti pabrik skala besar dan lain sebagainya.
  • Dapat menjangkau target pasar atau konsumen yang lebih spesifik dan lebih luas hingga ke miliaran pengguna internet di seluruh dunia.
  • Sekitar 70% orang lebih suka memakai internet untuk mencari tahu produk daripada iklan tradisional.
  • Membutuhkan biaya relatif lebih rendah dan bisa diatur sendiri karena memakai platform digital.
  • Menghemat waktu dengan berbagai tools otomatis daripada melakukan kegiatan promosi secara manual atau melibatkan banyak aktivitas fisik.
  • Lebih mudah dan cepat untuk menjalin komunikasi dua arah sampai melayani calon pelanggan, daripada sekadar menunjukkan papan iklan/brosur;
  • Bebas menentukan kapan dan durasi pelaksanaan program marketing.
  • Mudah dalam Menganalisis Pasar & Pesaing (Kompetitor)
  • Tidak Butuh Sumber Daya Manusia yang Banyak
  • Potensi Pertumbuhan Bisnis yang Signifikan

 

Apa Hal Penting yang Harus Dilakukan untuk Digital Marketing Korporasi Pemula?

Sebagai pemilik bisnis korporasi pemula, berikut ini merupakan beberapa hal penting yang harus Anda lakukan dalam mengimplementasikan digital marketing untuk bisnis Anda.

 

1. Membuat Website

membuat website

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk digital marketing korporasi pemula yaitu dengan membuat website. Dalam menerapkan digital marketing untuk pemula, tidak lengkap jika tidak membahas tentang website. Bagi sebuah entitas bisnis korporasi jika tidak memiliki website maka akan berpotensi kehilangan 70-80% calon pelanggan potensialnya.

Tidak hanya itu saja, website juga menjadi sumber informasi utama bagi audiens atau calon konsumen  untuk melihat kredibilitas bisnis yang dijalankan. Itulah sebabnya mengapa 56% orang berharap bahwa website menyajikan informasi yang lebih update daripada Google My Business ataupun platform sejenisnya (Search Engine Land). Alasan lainnya mengapa perusahaan atau bisnis korporat perlu membuat website yaitu karena website mampu menyediakan berbagai macam fitur yang dibutuhkan. Seperti halnya fitur tujuan wisata, etalase produk untuk memajang sekaligus melayani transaksi konsumen, dan lain sebagainya.  Website juga dapat diakses 24 jam penuh, sehingga meminimalisir kehilangan calon pelanggan potensial bisnis Anda. 

Untuk membuat website perusahaan atau bisnis korporat ini, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan website dengan kustom desain dan request fitur yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Jika Anda membutuhkan bantuan mengenai jasa pembuatan website dan maintenance nya, Anda bisa langsung menghubungi Sosiakita sekarang juga!

 

2. Membuat Company Profile PDF

 Membuat Company Profile PDF

Hal kedua yang perlu Anda lakukan untuk digital marketing korporasi pemula yaitu membuat company profile pdf. Profil perusahaan atau company profile pdf sendiri merupakan jenis profil perusahaan yang disajikan dalam bentuk digital pada file pdf, sehingga lebih mudah dalam penggunaanya. Biasanya company profile digital pdf ini dibuat apabila perusahaan ingin mengajukan suatu penawaran atau kerjasama dengan klien dan mitra usaha. 

Jika diibaratkan sebuah rumah, company profile digital pdf sendiri berkedudukan sebagai halaman rumah yang mana isinya mencakup segala informasi penting tentang perusahaan seperti profil lengkap, sejarah perusahaan, portofolio, layanan yang diberikan, keunggulan, testimoni, dan lainnya yang dikemas menggunakan teknologi digital. Oleh karena itu tugas dari company profile yaitu untuk merepresentasikan kualitas dari perusahaan dan membuat orang tertarik untuk menjalin kerjasama dengan perusahaan. 

 

3. Membuat Media Sosial

 

Hal ketiga yang perlu Anda lakukan untuk digital marketing korporasi pemula yaitu membangun media sosial. Setelah membuat company profile dan website, selanjutnya Anda perlu membuat media sosial sebagai media atau sarana untuk mempromosikan bisnis korporasi Anda. Adapun platform media-media sosial yang perlu Anda miliki yaitu Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, TikTok, hingga LinkedIn. Anda bisa memilih platform yang menurut Anda tepat dengan target pasar bisnis Anda. Karena tujuan dari membuat media sosial selain untuk promosi yaitu juga sebagai media untuk berkomunikasi dua arah dengan pelanggan untuk menciptakan loyalitas pada konsumen. 

 

4. Membuat Email Marketing

Membuat Email Marketing Hal keempat yang perlu Anda lakukan untuk digital marketing korporasi pemula yaitu email marketing. Perlu Anda ketahui bahwa kepercayaan pelanggan akan meningkat jika bisnis Anda tampak lebih profesional. Dengan membuat email bisnis sendiri tentunya dapat menjadikan bisnis Anda menjadi tampak lebih profesional dan kredibel. Terlebih jika Anda membuat email bisnis yang profesional seperti contohnya contactcenter@namabisnis.com daripada menggunakan email biasa seperti namabisnis@gmail.com. Melalui email marketing ini, Anda bisa mengintegrasikan database email calon

Hal keempat yang perlu Anda lakukan untuk digital marketing korporasi pemula yaitu email marketing. Perlu Anda ketahui bahwa kepercayaan pelanggan akan meningkat jika bisnis Anda tampak lebih profesional. Dengan membuat email bisnis sendiri tentunya dapat menjadikan bisnis Anda menjadi tampak lebih profesional dan kredibel. Terlebih jika Anda membuat email bisnis yang profesional seperti contohnya contactcenter@namabisnis.com daripada menggunakan email biasa seperti namabisnis@gmail.com

Melalui email marketing ini, Anda bisa mengintegrasikan database email calon konsumen atau calon pelanggan yang sudah ada di dalam website yang Anda miliki. Dengan database email tersebut Anda juga bisa memberikan pesan promosi melalui email kepada target konsumen tersebut setelah mereka berlangganan konten atau melakukan subscription melalui website bisnis.

Adapun tujuan dari pemasaran email atau email marketing yaitu untuk menjalin hubungan dengan pelanggan serta memberikan informasi yang bermanfaat kepada pelanggan seperti kupon diskon, produk terbaru, dan sebagainya. Selain itu email marketing juga digunakan untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan kepercayaan dari pelanggan baru. Teknik ini sangat baik  diimplementasikan untuk membangun kesadaran merek, menjaga perusahaan Anda tetap diingat, serta mendorong pembelian secara berulang.

 

Itulah 4 hal penting yang perlu Anda lakukan untuk memulai menjalankan digital marketing korporasi. Jika Anda memiliki perusahaan atau pabrik yang belum pernah menerapkan strategi digital marketing sama sekali, Anda tidak perlu khawatir karena Sosiakita akan membantu Anda dalam memulai setiap langkah yang perlu dilakukan untuk menjalankan digital marketing korporasi. Karena Sosiakita merupakan Digital Marketing Agency terbaik di Surabaya yang telah dipercaya 500+ klien di seluruh Indonesia. Sosiakita hadir untuk membantu dan melayani Anda dalam meningkatkan performance marketing bisnis korporasi Anda dengan layanan digital marketing yang menyeluruh dan berkualitas. Serta mempersiapkan segala kebutuhan digital marketing korporasi yang perusahaan Anda butuhkan, seperti membuat website, company profile, email marketing,  hingga membuat media sosial serta konten-konten berkualitas dan profesional.

 

 

Share