Giveaway merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer dan efektif untuk dilakukan, mengingat sekarang era sosial media. Menurut data dari Google Primer, sekitar 75% partisipan giveaway kemungkinan besar akan menjadi konsumen di masa depan. Angka konversi seperti ini jelaslah tidak buruk.

Masyarakat Indonesia cenderung menyukai semangat untuk berkompetisi. Nuansa positif akan tumbuh dari kompetisi yang sehat di sekitar brand milikmu. Akan tetapi untuk menciptakan kampanye giveaway yang efektif, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Berikut yang perlu kamu perhatikan:

Tentukanlah jenis dan tujuan giveaway

Tentukanlah jenis dan tujuan giveaway

Sosiakita.com

Ada 2 jenis giveaway secara umum, diantaranya:

1. Undian (sweeptakes), yang benar-benar bergantung pada keberuntungan
2. Lomba (contest), yang melibatkan keahlihan dan penilaiannya berdasarkan kreteria tertentu.

Sebelum kamu menentukan jenis giveaway yanag bakal kamu adakan, tentu kamu perlu menentukan terlebih dahulu apa tujuanmu mengadakannya. Apakah kamu ingin meningkatkan interaksi dengan customer di media sosial ? Ingin mendapatkan lead bisnis baru ? Meningkatkan angka penjualan ? Atau tujuan lainnya?

Kamu tidak harus memilih satu tujuan saja dalam melakukan giveaway. Kamu juga bisa mengombinasikan lebih dari satu tujuan, yang penting tujuan itu harus kamu tentukan dengan jelas. Tujuan itulah yang akan menjadi penentu aturan giveaway nantinya.

Sebagai contoh, bila tujuanmu adalah mencari lead baru, kamu bisa meminta nomer whatsapp peserta sebagai syarat kontes. Bila kamu ingin meningkatkan penjualan, kamu bisa meminta mereka untuk mengunggah foto ketika mereka sedang menggunakan produkmu. Itulah beberapa contoh tujuan yang bisa kamu terapkan.

Luncurkanlah giveaway dengan persiapan yang matang

Luncurkanlah giveaway dengan persiapan yang matang

Sosiakita.com

Langkah selanjutnya, kamu harus membuat persiapan peluncuran giveaway. Setidaknya ada dua hal yang perlu kamu siapkan, yaitu platform giveaway dan promosi.

Semuanya bergantung pada jenis giveaway yang akan kamu adakan, ada kalanya kamu perlu membuat halaman web atau microsite sendiri sebagai platform. Kamu tetap bisa manggunakan media sosial untuk mempromosikan kampanyemu, mengabarkan update terbaru, dan mengumumkan siapa pemenangnya.

Untuk promosi alangkah baiknya kamu lakukan sebelum giveaway dimulai. Selain via media sosial, promosi bisa juga kamu jalankan lewat newsletter dan iklan (search/display ads). Alokasikan waktu dan sumber daya yang cukup agar orang-orang tahu jika kamu sedang melakukan giveaway.

Untuk memantau progres giveaway, kamu bisa menggunakan berbagai tool. Beberapa yang bisa kamu pakai adalah:

1. Aplikasi seperti ShortStack dan Stackla untuk membantumu menerima user-generated content di berbagai media sosial.
2. Kode UTM (Urchin Tracking Module) akan berguna untuk mendapatkan data analitik selama kampanye berjalan.

Kemenangan bagi semua kontestan giveaway

Kemenangan bagi semua kontestan giveaway

Sosiakita.com

Bagi kontestan yang memenangkan giveaway tentu akan merasa senang. Namun bagaimana dengan para kontestan lainnya? Sebenarnya, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat semua orang agar merasa menjadi pemenang giveaway.

Kamu dapat mempromosikan konten-konten yang telah mereka buat. Misalnya dengan membuat post karya kiriman kontestan di Story Instagram. Alternatif lainnya, kamu juga bisa menawarkan hadiah-hadiah kecil untuk semua peserta, misalnya berupa voucer diskon produkmu.

Taktik yang sama bisa juga kamu lakukan untuk membujuk konsumen agar mau berlangganan newsletter, atau mengikuti akun media sosialmu. Khusus giveaway dengan sistem voting, tentunya kamu akan mendapatkan eksposur lebih bila voting itu terbuka untuk semua orang, termasuk yang bukan kontestan sekalipun.

Tapi perlu diingat, pastikan bahwa hadiah yang kamu tawarkan sepadan dengan kerepotan para kontestan. Hadiah tersebut sebaiknya juga relevan dengan brand dan audiens yang kamu miliki.

 

Baca Juga: Alasan kamu perlu menggunakan sosial media sebagai sarana marketing

 

Momen setelah kampanye giveaway juga penting

Momen setelah kampanye giveaway juga penting

Sosiakita.com

Kampanye giveaway yang kamu lakukan sudah selesai, dan pemenangnya telah kamu umumkan. Hadiah juga sudah kamu kirimkan. Apakah kampanye berakhir sampai di situ? Tentu tidak.

Menurut hasil studi yang diadakan Tamba, sekitar 84,5% partisipan ternyata masih senang membagikan konten dari brand meski periode giveaway telah berakhir. Momen setelah berlangsungnya giveaway masih penuh dengan suasana positif. Jadi momen ini dapat kamu manfaatkan untuk menciptakan konten promosi bernuansa positif pula.

Selain itu, kamu juga harus melakukan evaluasi terhadap kampanye giveaway yang baru saja berakhir. Sampai sejauh mana tujuan yang telah kamu tentukan di awal tadi berhasil? Apakah kamu mendapatkan kontak dan lead baru? Seberapa tinggi peningkatan penjualan dibandingkan periode sebelum giveaway dilakukan?

Dan terakhir, kamu juga harus memastikan bahwa kampanye giveaway yang kamu buat harus selalu dapat dipercaya. Jangan sampai ada masalah yang terjadi, baik masalah proses ketika giveaway berlangsung hingga masalah legalitas, jangan sampai mengadakan giveaway palsu. Bila perlu, kamu dapat berkonsultasi dengan ahli hukum sebelum meluncurkan kampanye baru. Selamat mencoba, semoga berhasil !

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM