fbpx

Instagram merupakan salah satu sosial media yang kini semakin banyak digunakan oleh anak muda. Tidak sedikit kids zaman now yang sangat memperhatikan dan begitu peduli dengan feed Instagram mereka. Segala-galanya harus rapi bahkan ada yang harus upload sesuai jadwal atau posting otomatis Instagram.

Dalam  mengelola dan membuat akun Instagram untuk keperluan pribadi tentunya berbeda dengan akun bisnis. Karena guna memperkenalkan brand dan membangun kedekatan dengan pelanggan butuh postingan secara konsisten. Untuk itulah, posting otomatis Instagram sangat diperlukan.  

Hal tersebut tentu lain dengan akun Instagram untuk keperluan pribadi atau personal. Meskipun tidak mengunggah postingan selama berhari-hari, tidak akan memberi dampak apapun. Kecuali tanda tanya besar dalam benak orang-orang yang kalian kenal. Lalu bagaimana caranya agar posting Instagram bisa dilakukan secara otomatis? Berikut langkahnya.

 

Menghubungkan Instagram ke Creator Studio

 

Belum lama ini Facebook rilis fitur baru untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan posting Instagram secara otomatis. Selain itu, schedule post Instagram juga tidak menggunakan tool pihak ketiga yang berbayar. Sekedar informasi, pemilik Facebook ini sama dengan pemilik Instagram.

Fitur yang bisa terpakai untuk membuat posting otomatis Instagram ini namanya Creator Studio. Sebenarnya fitur ini sudah ada terlebih dahulu untuk kelola fanpage di Facebook. Tetapi belum lama ini baru dapat digunakan dalam aplikasi Instagram. Ada beberapa hal yang perlu kalian lakukan untuk bisa menghubungkan akun Instagram ke creator studio.

1. Pastikan kalian sudah memiliki akun Facebook Page dan akun Instagram.

2. Convert profil Instagrammu jadi profil bisnis atau akun kreator.

3. Jika sudah, buka halaman Creator Studio lalu klik icon Instagram yang bersebelahan dengan icon Facebook.

4. Selanjutnya akan muncul akun Instagram yang sudah terhubung dengan pages yang kalian kelola.

5. Apabila belum tekan tombol Add Instagram. Lalu masukkan username dan password akun Instagram yang akan kalian hubungkan.

6. Terakhir, akun kalian akan muncul di halaman Creator Studio.

 

Cara Menggunakan Schedule Post di Instagram

 

Kalian bisa menjadwalkan postingan carousel dan feed di Creator Studio mengatur posting otomatis Instagram. Dengan adanya schedule post ini, kalian tidak perlu standby dalam mengatur jadwal posting. Fitur schedule post ini memudahkan kalian untuk menentukan jam postingnya tanpa meleset.

Sehingga memudahkan pekerjaan posting campaign. Namun, saat ini belum dapat terpakai untuk posting story, terlebih story dengan link yang swipe up. Untuk kalian ketahui, swipe up hanya untuk pengguna yang memiliki 10K follower ke atas.

 

Cara Membuat Schedule Post atau Postingan Otomatis di Instagram

 

Setelah memahami beberapa langkah dan penjelasan di atas. Kini saatnya bagi kalian untuk mulai mencoba posting otomatis Instagram. Berikut tahapan yang perlu kalian tahu.

 

1. Pertama, buka Creator Studio

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

2. Lalu klik icon Instagram yang ada di atas.

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

3. Create Post lalu Instagram Feed

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

4. Kalian bisa memberikan caption sesuai dengan keinginan lalu klik Add Content untuk menambahkan foto.

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

5. Selanjutnya klik icon segitiga ke bawah dekat tombol Publish Now, dan pilih Schedule

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

6. Terakhir kalian tinggal memilih tanggal dan jam posting, lalu tekan Schedule.

Cara Mudah Posting Otomatis Instagram Sesuai Jadwal

 

Dengan mengikuti langkah posting otomatis Instagram tersebut, konten kalian akan otomatis terposting pada jam dan tanggal yang telah terpilih. Selain itu, arsip postingan juga tersimpan secara rapi. Bahkan kalian bisa mengaksesnya kapan saja untuk mengetahui seberapa bagus insight dari sebuah postingan. Dengan begitu, kalian bisa melakukan perbaikan atau evaluasi campaign postingan selanjutnya. 

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan. Hubungi kami disini

Share