fbpx

Iklan memang menjadi salah satu sarana untuk mempromosikan atau mengenalkan tentang suatu produk atau usaha tertentu kepada orang lain. Iklan ini banyak sekali digunakan oleh orang-orang karena sangat efektif untuk menarik minat dari penontonnya. Sehingga dapat memberikan keuntungan pada sang pemasang iklan, yaitu produk atau jasanya menjadi semakin laku dan terkenal.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memasang iklan, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan sosial media. Misalnya yaitu Youtube, Instagram dan TikTok. Saat ini salah satu platform yang ramai digunakan yaitu TikTok, karena itu dengan memasang iklan di sana maka pastinya target penontonnya menjadi lebih banyak. Apalagi mengingat TikTok banyak digunakan oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa sekalipun.

TikTok sendiri merupakan salah satu platform yang bisa digunakan untuk mengunggah dan membuat suatu video singkat. Konten videonya pun beragam, mulai dari edukasi, hiburan, konten horor, memasak dan lain sebagainya. Karena inilah banyak orang yang menggunakannya karena dianggap cukup menghibur. Banyaknya pengguna TikTok menjadi sasaran empuk bagi pelaku usaha untuk mempromosikan produknya melalui iklan.

Lalu bagaimanakah cara pasang iklan di TikTok? Pertanyaan ini mungkin muncul dibenak Anda ketika akan membuat iklan di aplikasi tersebut. Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

 

1. Buat Akun TikTok Ads

Kunjungilah TikTok for Business lalu klik tombol get started. Setelah itu, login atau uatlah akun terlebih dahulu. Jika sudah maka Anda akan kembali menuju halaman dari TikTok Ads dan akan diminta melanjutkan untuk membuat akun iklan dengan register.

 

2. Buat Campaign di Tiktok Ads

Setelah akun iklan TikTok jadi lalu Cara iklan TikTok selanjutnya bukalah dashboard TikTok Ads dan klik Campaign di bagian atas. Setelah itu klik Create dan Create New setelah halaman baru terbuka. Kemudian pilih tujuan kampanye yaitu iklan, Anda dapat memilih opsi yang tersedia yaitu reach, traffic, app instal, video views serta conversion. Lalu klik Continue.

 

3. Atur Placement, Target dan Detail

Anda akan masuk secara otomatis ke menu membuat grup iklan atau ad group untuk kampanye dan memilih penempatan serta penargetan iklan. Terdapat beberapa pilihan salah satunya yaitu Auto Placement yang mana TikTok akan menentukan penempatan atau lokasi iklan demi memperoleh kinerja yang baik. Kemudian masukkan semua detail untuk menjalankan iklan seperti URL, nama tampilan, gambar dan kategori. Bagian penargetan, tetapkan parameter berdasarkan usia, lokasi, minat, bahasa, perangkat dan lain sebagainya agar dapat menarik audiens yang tepat.

 

4. Tetapkan Anggaran, Sasaran dan Durasi

Cara iklan TikTok selanjutnya tetapkan anggaran untuk grup iklan pada bagian anggaran dan jadwal. Anda dapat memilih anggaran harian atau total. Kemudian pilih durasi untuk menjadwalkan waktu tayang iklan. Salah satu opsinya yaitu Day Parting yang memungkinkan Anda memilih waktu tertentu untuk menjalankan iklan.

 

5. Menentukan Format dan Desain Iklan

Anda bisa merancang desain iklan melalui TikTok app. Iklannya dapat berupa video dan gambar vertikal, horizontal atau persegi. TikTok juga memiliki fitur video creation kit yang menyediakan template video, musik dan gambar yang bisa Anda gunakan. Buatlah desain yang semenarik mungkin.

Jika TikTok menyetujui kampanye iklan Anda maka iklan akan mulai berjalan atau ditayangkan. Anda dapat memantaunya melalui dashboard iklan. iklan Tiktok pun sudah selesai terpasang.

 

Nah itulah beberapa cara mudah pasang iklan TikTok yang bisa Anda terapkan sendiri.  Semoga informasi ini  dapat membantu Anda dalam menjangkau target market yang diinginkan beranda atau perusahaan Anda.  Apakah Anda tertarik untuk pasang iklan TikTok, namun masih belum paham dengan alurnya? Segera hubungi Sosiakita sekarang juga!

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedInFacebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

Share