fbpx

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat

by Apr 8, 2021Apss, Articles, Business, Daily News, Social media2 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. Cara Mengaktifkan Instagram...

Cara mengaktifkan instagram shopping mungkin bagi sebagian orang yang belum terlalu paham akan sulit, namun ternyata ada beberapa cara yang mudah dan cepat. Sebelum mengetahui cara mengaktifkannya anda harus mengenal terlebih dahulu apa itu Instagram Shopping. Jadi Instagram shopping adalah fitur instagram yang disediakan untuk mempermudah akun bisnis dalam mengunggah katalog produk dan dilengkapi price tag. Dengan adanya fitur instagram shooping ini mempermudah akun-akun bisnis atau online shop dalam memasarkan bisnis atau produk mereka. 

 

Namun untuk menggunakan fitur instagram shopping ini akun instagram anda harus memenuhi syarat kelayakan tertentu. Karena tidak sembarangan akun bisnis instagram dapat menggunakan fitur instagram shopping ini. Oleh karena itu anda harus memperhatikan persyaratan-persyaratan yang perlu anda patuhi. Salah satunya yaitu anda harus memiliki website terlebih dahulu. Nah untuk anda yang ingin memanfaatkan fitur instagram shopping sebagai media promosi bisnis di instagram anda perlu membaca artikel ini hingga selesai. Yuk langsung saja simak Cara mengaktifkan instagram shopping dengan mudah dan cepat berikut ini!

 

Perhatikan Persyaratan Mengaktifkan Instagram Shopping  

Sebelum menggunakan instagram shopping anda perlu memperhatikan beberapa persyaratan kelayakan yang sudah ditentukan oleh pihak instagram. Nah berikut ini merupakan beberapa persyaratan pengaktifan fitur instagram shoping yang perlu anda ketahui:

  1. Akun instagram bisnis anda harus diubah ke akun bisnis terlebih dahulu.
  2. Akun instagram bisnis harus menjual produk fisik. Nah tujuan dari persyaratan ini agar gambar produk dapat ditandai setelah memperoleh izin tayang dari pihak instagram shopping. 
  3. Akun instagram bisnis anda tidak boleh mempunyai batasan usia maupun negara.
  4. Selanjutnya akun instagram bisnis anda juga harus terhubung dengan katalog Facebook.
  5. Bisnis anda harus memiliki website
  6. Terakhir, pastikan jika akun instagram bisnis anda telah mematuhi perjanjian pelapk dan kebijakan perdagangan.

 

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping dengan Mudah Berikut Ini:

Setelah anda memperhatikan beberapa persyaratan menggunakan fitur instagram shopping seperti yang sudah dijelaskan diatas. Nah berikut ini adalah tahap-tahap mengaktifkan fitur instagram shopping.

    

 1. Mengaktifkan Akun Instagram Bisnis

Cara mengaktifkan instagram shopping yang pertama yaitu dengan mengaktifkan akun instagram anda menjadi bisnis atau kreator. Adapun langkah-langakanya yaitu sebagai berikut: 

  • Login ke akun Instagram
  • Buka pengaturan
  • Pilih ‘Account’
  • Pilih ‘Switch to a Professional Account’
  • Tekan ‘Continue’
  • Atur kategori bisnis
  • Kemudian pilih ‘Done’

2. Membuat Website

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat

Cara mengaktifkan instagram shopping yang kedua yaitu anda wajib untuk membuat website untuk bisnis anda. Selain untuk meningkatkan kredibilitas dari bisnis atau brand anda, membuat website ini dapat mempermudah proses pengaktifan instagram shopping loh. Jika anda merasa kesulitan dalam pembuatan website, serahkan pada ahlinya yaitu Sosiakita. Anda tidak perlu repot-repot memikirkan  bagaimana cara membuat dan merawat website. Karena Sosiakita akan membantu anda mulai dari pembuatan hingga perawatan website. Anda cukup berkonsultasi dengan pihak Sosiakita mengenai kebutuhan atau keinginan website anda. Silahkan hubungi Sosiakita disini! 

3. Membuat Halaman Facebook dan Menambahkan Katalog

Cara mengaktifkan instagram shopping yang kedua yaitu anda perlu membuat halaman Facebook, tujuannya untuk menempatkan katalog dari produk anda. Adapun tahapan pengaturannya yaitu sebagai berikut: 

  • Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat
    • Selanjutnya yaitu isi beberapa informasi yang diminta untuk membuat akun bisnis baru.
    • Jangan lupa untuk pilih pengaturan bisnis seperti gambar dibawah ini.
    • Kemudian Klik Sumber Data selanjutnya pilih Menu Katalog kemudian Klik Tambahkan tujuannya untuk membuat katalog baru seperti pada gambar dibawah ini.
    • Buatlah nama dan juga jenis produk pada katalog, kemudian Klik Buat Katalog
    • Jangan lupa untuk menentukan siapa saja yang akan mendapatkan akses admin untuk katalog ini. Jika belum ada, anda dapat memilih diri anda sendiri, selanjutnya Klik Tetapkan. 

 

    • Untuk dapat terhubung dengan akun bisnis Instagram anda dan bisa mengaktifkan Instagram Shopping, anda harus mengisi katalog terlebih dulu. Caranya dengan Klik Buka di Pengelola Katalog seperti pada gambar dibawah ini.

 

    • Selanjutnya isi katalog dengan gambar dari produk anda. Caranya pilih Saluran pada menu di sebelah kiri, lalu Klik Tambahkan Produk.
    • Tahap selanjutnya yaitu Pilih Tambahkan Secara Manual. Namun jika anda sudah menambahkan Facebook Pixel di website anda, maka pilih Gunakan Pixel. Jika sudah klik sudah menambahkan Facebook Pixel di website-mu, maka kau dapat memilih “Gunakan Pixel”, lalu Klik Selanjutnya.

  • Tahap terakhir tambahkan informasi produk yang diperlukan. Anda juga bisa menambahkan tautan dari website anda pada kolom Tautan situs web. Inilah fungsi dari website yang sebelumnya sudah anda buat tadi, dengan begitu anda akan lebih mudah menambahkan katalog produk. Jika sudah, Klik Tambahkan Produk. Nah katalog Facebook sudah siap untuk dihubungkan dengan akun Instagram bisnis anda.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat


4. Menghubungkan Katalog Facebook ke Instagram

Cara mengaktifkan Instagram shopping secara mudah selanjutnya yaitu dengan menghubungkan Katalog Facebook pada akun instagram bisnis anda. Setelah memasukkan katalog produk anda pada halaman Facebook dan website, selanjutnya anda mengaktifkan Instagram Shopping melalui aplikasi Instagram. Namun cara mengaktifkan Instagram Shopping berikut ini hanya dapat anda lakukan melalui tablet atau HP. Adapun tahap-tahap pengaturannya adalah sebagai berikut:

  • Buka akun instagram bisnis anda, kemudian pilih Business pada bagian Pengaturan.  

 

  • Tahap selanjutnya yaitu Pilih Sign Up for Shopping

  • Kemudian anda harus mengikuti langkah-langkah yang diminta, seperti ketika anda menghubungkan menghubungkan Instagram dengan katalog Facebook pada tahap sebelumnya. Selanjutnya pilih Facebook Catalog Manager dan Klik Check for Catalog.

5. Menunggu Peninjauan Akun

Cara mengaktifkan instagram shopping selanjutnya yaitu anda hanya perlu menunggu hingga pihak Instagram menyetujui izin untuk membuat Instagram Shopping anda.

6. Mengaktifkan Instagram Shopping

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat

Cara mengaktifkan instagram shopping yang keenam yaitu mengaktifkan fitur shopping. Selah akun anda disetujui oleh pihak Instagram, selanjutnya anda dapat mengaktifkan fitur Shopping. Cara mengetahuinya yaitu anda harus membuka pengaturan terlebih dahulu. Jika pilihan fitur Shopping belum ada di pengaturan, berarti akun anda masih belum disetujui atau dalam proses peninjauan.

7. Menambahkan Label Produk

Cara mengaktifkan instagram shopping yang terakhir yaitu menambahkan lapel produk anda. Setelah akun anda disetujui oleh Instagram, maka anda baru bisa membuat konten yang dapat ditindaklanjuti. Caranya dengan tap pada konten tersebut untuk melihat produk-produk yang ada di dalamnya. Cara ini mirip dengan anda menandai akun instagram teman saat sedang mengunggah konten.

Cara Mengaktifkan Instagram Shopping yang Mudah dan Cepat

Nah itulah beberapa cara mengaktifkan instagram shopping secara mudah dan cepat yang bisa anda lakukan sendiri. Dari beberapa tahap diatas tentu tidak ada yang sulit, anda hanya perlu mengikuti tahapan-tahapan secara berurut. Nah jika anda masih merasa kesulitan, anda bisa menggunakan jasa dari Sosiakita Digital Marketing Agency & Social Media Management untuk membantu bisnis anda menjadi lebih profesional. Untuk melihat track record, portofolio, layanan, dan informasi lengkap lain mengenai Sosiakita silahkan klik disini!   

Written by Sosiakita Brand

2 Comments

  1. aam

    terimakasih infonya ,

    Reply
  2. salam

    Informasi yang sangat bermanfaat terkait instagram shopping. Strategi yang tepat dan efektif akan membuahkan bisnis yang lancar. Jasa Annual Report adalah salah satu jasa yang dapat membantu mengembangkan bisnis anda.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved