Di era digital seperti saat ini, persaingan bisnis menjadi sangat ketat. Ada berbagai strategi marketing yang tepat untuk dapat memenangkan segmen pasar. Dalam hal ini anda perlu lebih melibatkan konsumen. Salah satu cara yang efektif yaitu dengan membuat brand storytelling yang menarik. Brand storytelling merupakan salah satu jenis pemasaran dengan menyampaikan kisah dari suatu brand itu sendiri agar audiens tergugah, dan menumbuh loyalitas pada brand atau bisnis tersebut. 

 

Tidak dapat disangkal, bahwa saat ini audiens akan selalu disuguhkan dengan berbagai macam iklan yang muncul di berbagai media. Dengan frekuensi yang terus menerus itulah, membuat masyarakat menjadi bosan bahkan sering mengabaikan iklan-iklan tersebut. Hal ini membuat iklan yang anda jalankan menjadi tidak efektif. Nah, untuk itulah anda perlu mengganti strategi marketing anda dengan membuat brand storytelling. Penggunaan kisah yang menarik dan emosional dalam memperkenalkan suatu brand, dapat menggugah audiens untuk mengikuti bahkan menyimak iklan hingga habis. Dengan begitu alam bawah sadar audiens akan ikut terpengaruh untuk membeli produk tersebut.

 

Menurut berbagai riset ternyata banyak kalangan muda maupun dewasa yang lebih tertarik untuk melihat iklan dengan konsep cerita atau storytelling. Namun perlu anda ketahui, bahwa menciptakan cerita yang menarik dan membuat audiens tertarik untuk sebuah iklan bukanlah hal yang mudah. Nah, berikut ini ada 6 Cara efektif membuat brand storytelling menjadi lebih menarik yang perlu anda ketahui.  

 

 

1. Memahami Produk atau Brand

6 Cara Efektif Membuat Brand Storytelling Jadi Menarik

sosiakita.com

Cara efektif dalam membuat brand storytelling menjadi menarik yang pertama yaitu dengan memahami suatu brand atau produk tersebut. Pada langkah ini anda akan memahami lebih dalam mengenai latar belakang maupun sejarah dari brand atau produk tersebut. Tujuannya agar anda lebih mudah menentukan kemana arah cerita ini nantinya, yang selanjutnya dapat anda kemas dengan menarik. Anda juga dapat mengetahui apakah cerita yang anda buat cocok dengan produk tersebut atau tidak. Caranya dengan mengetahui keunikan, kualitas, harga, dan solusi yang ditawarkan  dari produk tersebut. Penting juga untuk anda ingat, bahwa pada setiap storytelling yang anda buat harus selalu mencantumkan ciri khas produk seperti tagline, logo, visual. Agar audiens mengingat brand anda.  

 

 

2. Mengangkat Kisah yang Mampu Menyentuh Emosional Audiens

5 Cara Efektif Membuat Brand Storytelling Jadi Menarik

sosiakita.com

Cara efektif membuat brand storytelling selanjutnya yang bisa anda lakukan yaitu dengan mengangkat kisah atau cerita yang menyentuh audiens. Pada dasarnya  hati manusia merupakan sesuatu yang sangat mudah untuk disentuh, terlebih oleh hal-hal yang berbau emosional. Dengan cerita yang dapat menyentuh sisi emosional audiens, membuat iklan tersebut menjadi menarik dan tidak mudah dilupakan, bahkan menjadi viral. 

 

Menurut beberapa riset, audiens akan lebih mudah mengingat suatu brand, ketika sisi emosionalnya larut dalam kisah yang ada pada iklan tersebut. Hal ini tentu bisa anda rasakan sendiri, dengan banyaknya orang yang mulai jenuh dengan iklan-iklan biasa yang muncul di berbagai media. Sehingga mereka memilih untuk mengabaikan bahkan melewati iklan tersebut. Nah, untuk itu lah anda perlu menambahkan kisah yang menyentuh pada iklan anda, agar iklan berjalan dengan efektif dan optimal. 

 

 

3. Membuat Narasi yang Unik dan Menarik

6 Cara Efektif Membuat Brand Storytelling Jadi Menarik

sosiakita.com

Cara efektif membuat brand storytelling selanjutnya yaitu dengan membuat narasi yang unik serta menarik. Mengapa diperlukan narasi yang unik maupun menarik? Karena pada dasarnya, narasi merupakan salah satu daya tarik pada kegiatan branding. Jadi semakin unik dan menariknya narasi cerita untuk iklan yang anda buat akan semakin baik. Karena  audiens akan lebih mudah tertarik dan mengingat, karena berbeda dengan iklan yang lainnya. Dengan begitu, akan sangat penting jika anda dapat membuat narasi yang menarik dan berbeda dari yang lain. 

 

Sosiakita merupakan digital marketing agensi yang dapat membantu anda melakukan segala kegiatan pemasaran digital. Termasuk membuat narasi cerita untuk iklan yang sesuai dengan bisnis anda.  Selain itu juga membantu mengelola akun sosial media dan website bisnis anda menjadi lebih profesional. Untuk informasi lebih lengkap lihat portofolio kami disini! 

 

 

4. Menggunakan Bahasa yang Sederhana 

sosiakita.com

Cara efektif dalam membuat brand storytelling untuk kebutuhan marketing yang bisa anda lakukan yaitu dengan menggunakan bahasa yang sederhana. Bahasa merupakan hal yang sangat penting, karena menjadi alat komunikasi yang utama. Jika alat komunikasi yang anda gunakan tidak dapat diterima dengan baik oleh audiens. Maka cerita pada iklan anda juga tidak dapat tersampaikan dengan baik. Untuk itu penting sekali menggunakan bahasa yang sederhana. Menggunakan bahasa sehari-hari yang sering digunakan oleh masyarakat umum akan lebih mudah dipahami. Sebisa mungkin anda harus menghindari bahasa yang berbelit-belit atau bahasa asing lainnya. Contoh saja cerita ngeteh sore milik teh sariwangi dan sebagainya.

 

 

5. Menggunakan Narasi yang Sesuai Dengan Target Market

sosiakita.com

Cara efektif yang bisa anda lakukan untuk membuat brand storytelling selanjutnya yaitu dengan menggunakan narasi yang sesuai dengan target market brand. Dalam hal ini anda juga perlu mengetahui target market dan segmentasi pasar dari brand anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah membuat kisah yang cocok dengan target audiens anda. Contohnya ketika anda memiliki brand baju untuk anak remaja, tentunya tema cerita yang anda angkat harus meliputi kehidupan remaja pada umumnya. Bukan malah cerita untuk orang dewasa maupun anak-anak, begitupun sebaliknya. Bisa disimpulkan bahwa menyesuaikan kisah yang disuguhkan dengan target audiens sangat penting. Apalagi kegiatan branding akan dinyatakan berhasil apabila sesuai dengan sasaran yang dibidik.   

 

 

Itulah 5 cara efektif membuat brand storytelling yang menarik untuk pemasaran bisnis anda. Dengan begitu anda akan lebih mudah menciptakan brand storytelling yang efektif untuk dijalankan pada iklan bisnis anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dan bisnis anda berjalan dengan baik serta dapat mendatangkan keuntungan yang lebih banyak. Agar anda tidak ketinggalan untuk mengetahui update an artikel-artikel informatif seputar digital marketing, silahkan kunjungi instagram kami disini!  

 

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM