fbpx

Aplikasi TikTok saat ini tengah menjadi media sosial yang trending dimana-mana. Pasalnya pengguna dari media sosial asal Tiongkok ini terus meningkat dengan pesat dari hari ke hari. Di Indonesia sendiri, aplikasi TikTok lebih dari sekadar media sosial hiburan untuk berbagi momen dengan komunitas. Karena TikTok saat ini juga terkenal dengan fitur-fitur nya yang mendukung pengguna untuk berbisnis atau mempromosikan bisnis mereka, salah satunya seperti fitur ecommerce yang ada di TikTok. Tidak hanya itu, fitur live streaming yang ada di TikTok juga memberikan dampak positif bagi banyak orang termasuk para pebisnis yang memasarkan produk mereka lewat live shopping

Selain itu live streaming di TikTok juga sangat berbeda dengan live streaming di Instagram atau di Youtube. Karena live streaming di TikTok pengguna akan mendapatkan support dari penontonnya dengan memberikan gift, yang nantinya bisa ditukarkan dengan saldo dan bisa diuangkan melalui rekening bank. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang-orang baik konten kreator ataupun para pebisnis yang berbondong-bondong melakukan live TikTok untuk memperoleh penghasilan ataupun untuk memasarkan produk atau berjualan. 

Lantas bagaimana cara live TikTok yang efektif agar bisa mendatangkan pembeli atau calon pembeli? Nah bagi Anda yang masih baru memulai bergabung dengan TikTok Shop dan belum familiar dengan TikTok live streaming untuk memasarkan produk atau bisnis Anda, silahkan Anda simak penjelasan lengkap dari Sosiakita berikut ini. Ingat, baca jangan sampai ada yang di skip ya

 

Apa itu TikTok Live Stream?

Selain fitur live streaming dari marketplace, fitur TikTok yaitu TikTok Live juga banyak digunakan sebagai sarana pemasaran, dimana pengguna dapat berinteraksi dengan penonton secara langsung atau menjelaskan dan mereview produk yang ingin dipasarkan atau diperjualbelikan. Pada sesi live tersebut, pengguna juga dapat langsung berinteraksi dengan para calon pembeli melalui kolom komentar yang tersedia. Dengan berbagai kemudahan dan banyaknya pengguna TikTok yang kian hari kian bertambah, TikTok Live menjadi salah satu platform streaming yang sangat efektif untuk memasarkan produk dan berbelanja baik produk kecantikan, fashion, kebutuhan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Namun terdapat beberapa panduan komunitas dan ketentuan layanan TikTok yang berlaku diantaranya, TikTok mengizinkan pengguna dan kreator yang berusia 16 tahun keatas untuk dapat melangsungkan Live. Sementara tuk berinteraksi secara langsung. Sementara pengguna dengan usia 18 tahun keatas bisa melangsungkan live sekaligus menerima dan mengirimkan gift dari atau untuk pengguna lain. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang positif, menyenangkan, dan aman di TikTok.

Adapun cara live TikTok atau langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat ingin memulai melakukan Live streaming di TikTok antara lain sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi TikTok melalui perangkat Android atau iOS.
  • Klik “Daftar” dan lengkapi informasi untuk membuat akun TikTok bisnis Anda.
  • Jika kamu Anda sudah memiliki akun TikTok, klik tanda “+”.
  • Geser ke tab “LIVE”.
  • Tambahkan judul.
  • Klik “Siarkan Langsung”.

 

Cara Live Streaming TikTok Efektif Untuk TikTok Shop

Untuk Anda yang baru bergabung dengan TikTok Shop dan ingin mencoba melakukan pemasaran atau memperjualbelikan produk Anda melalui TikTok Live, berikut ini merupakan beberapa cara live TikTok efektif untuk TikTok shop yang bisa Anda terapkan. 

 

1. Upload Video Teaser H-1 Sebelum Live

Cara live TikTok yang efektif untuk TiKtok Shop yang pertama yaitu dengan mengunggah video teaser atau kisi-kisi H-1 sebelum live. Hal ini bisa membuat audiens atau pengikut Anda menjadi penasaran dan menantikan jadwal live streaming yang akan Anda lakukan. Tidak jarang dari mereka yang akan menanti dan mencatat hari atau bahkan jam dimana Anda akan melakukan live streaming pada akun TikTok Shop Anda. 

 

2. Fokus Pada Kualitas Isi Konten

Cara live TikTok yang efektif untuk TiKtok shop yang kedua yaitu fokus pada kualitas isi konten. Sebelum melakukan live streaming untuk TikTok Shop pastikan Anda menentukan kontennya. Jika berkaitan dengan TikTok Shop sudah pasti konten yang terbaik adalah review produk. Karena produk-produk yang di review selama live streaming akan masuk pada top 3 penjualan tertinggi selama video live review produk berlangsung. Karena saat-saat itu menjadi saat yang tepat untuk audiens atau penonton memutuskan pembelian produk Anda.

 

3. Perhatikan Isi Video

Cara live TikTok yang efektif untuk TiKtok Shop yang ketiga yaitu selalu memperhatikan isi video. Saat Anda melangsungkan live TikTok, pastikan Anda memperhatikan kelebihan, kekurangan, serta keunikan dari produk yang Anda promosikan atau Anda jual tersebut. Selain itu harga asli dan harga diskon juga perlu Anda sertakan. Pastikan Anda benar-benar me-review dan menjelaskan detail produk secara jujur tanpa melebih-lebihkan  karena hal tersebut akan menjadi nilai tambah dalam video live streaming TikTok Anda. Namun usahakan untuk tidak mengeluarkan semua review produk agar penonton atau audiens tetap penasaran dengan produk tersebut. 

 

4. Mengadakan Live Events

Cara live TikTok yang efektif untuk TiKtok Shop yang keempat yaitu mengadakan live event pada saat-saat tertentu atau hari-hari tertentu. Misalnya saja Anda mengadakan live event pada tanggal 11.11 atau pada hari-hari besar seperti kemerdekaan Indonesia. Tak lupa untuk memberikan penawaran menarik selama periode live event berlangsung, seperti halnya diskon, voucher, undian di akhir event, atau gratis ongkir. Dengan begitu, audiens akan semakin tertarik untuk mengikuti live streaming yang Anda adakan. Selain itu audiens juga dapat mengetahui kapan waktu yang telah Anda tentukan untuk melakukan live tersebut, sehingga mereka tidak ketinggalan untuk mengikuti.

 

5. Berkolaborasi dengan TikTok Influencer

Cara live TikTok yang efektif untuk TiKtok Shop yang kelima yaitu melakukan kolaborasi dengan influencer TikTok selama live berlangsung. Menggandeng influencer TikTok yang memiliki audiens lebih banyak dan luas juga menjadi salah satu strategi yang efektif untuk meningkatkan penjualan tiKtok shop melalui TikTok Live. Karena dengan mengajak influencer atau konten kreator terkenal yang memiliki engagement tinggi, akan menjaring minat audiens baru dan membantu brand dalam meningkatkan interaksi serta engagement saat live TikTok. Strategi ini juga sudah banyak dibuktikan oleh brand-brand besar seperti brand jeans lokal Jiniso, yang sering menggandeng influencer besar seperti Fuji An, Keanu, dan lain sebagainya.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara live TikTok yang efektif untuk TikTok Shop, sehingga bisa meningkatkan penjualan. Semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat dan membantu dalam menambah wawasan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan informasi terupdate mengenai dunia bisnis, teknologi, dan digital, silahkan kunjungi website Sosiakita

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.

Share