fbpx

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan, penerapan marketing saat ini tidak hanya dapat dilakukan di media cetak saja, tetapi juga melalui situs-situs di media internet. Seperti halnya penerapan digital marketing melalui situs web seperti website, blog, dan sebagainya. Kendati demikian, membuat situs menjadi ramai dikunjungi oleh pengguna dan muncul dihalaman satu mesin pencarian tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi-strategi khusus agar website Anda menjadi populer dan banyak dikunjungi pengguna. Nah, salah satu strategi utama yang perlu diterapkan pada setiap website yaitu teknik SEO.  Lalu apa SEO, dan apa saja manfaat, jenis, serta cara kerjanya? Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai teknik SEO silahkan simak rangkumannya berikut ini. 

 

Apa Itu SEO?

Pada dasarnya istilah SEO mungkin sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang, terlebih para pelaku bisnis dan marketer di bidang digital marketing. SEO atau biasa dikenal Search Engine Optimization adalah teknik mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di mesin pencarian seperti Google, Yahoo!, Bing, Amazon, dll. Dengan adanya SEO ini situs Anda akan lebih mudah ditemukan oleh orang atau audiens sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic yang dapat meningkatkan ranking di mesin pencarian.

Teknik SEO ini biasa disebut juga dengan pencarian organik, yaitu aktivitas mencari informasi dengan memasukkan keyword atau kata kunci tertentu pada mesin pencarian seperti Google. SEO ini juga menjadi salah satu faktor dari keberhasilan suatu website atau situs. Karena dengan search engine optimization yang bagus, akan membuat website menjaring lebih banyak potensi traffic.

 

Manfaat SEO Bagi Website dan Bisnis

Tidak sedikit yang mungkin masih bertanya-tanya mengenai apa alasan orang-orang menerapkan SEO. Nah alasan utama mengapa banyak orang menerapkan SEO adalah karena dapat mendatangkan banyak traffic ke website mereka. Namun tidak hanya itu saja, SEO juga memiliki banyak manfaat lainnya yang penting untuk Anda ketahui berikut ini:

 

1. Membangun kepercayaan dan kredibilitas website 

Manfaat SEO yang pertama yaitu dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas dari website milik Anda. Ketika Anda harus membangun backlink, maka setidaknya Anda harus menyediakan konten-konten yang berkualitas. Tujuannya agar audiens merasa percaya dan berakhir menjadikan website Anda sebagai acuan atau referensi sehingga situs Anda bisa mendapatkan tautan balik.  

 

2. Meningkatkan Engagement, Traffic dan Conversion

Manfaat SEO yang kedua yaitu dapat meningkatkan traffic, engagement, dan conversion dari situs Anda. Pada dasarnya jika  Anda mampu menerapkan teknik  SEO dengan tepat, maka akan dapat meningkatkan traffic kunjungan ke website Anda tersebut. Sehingga Anda juga bisa memanfaatkan kesempatan tersebut untuk sekaligus meningkatkan konversi dan engagement, dengan cara menaruh pop-up banner atau call to  action pada website  Anda. 

 

3. Membantu perusahaan mendengarkan konsumen

Manfaat SEO yang ketiga yaitu dapat membantu perusahaan Anda mendengarkan keluhan atau keinginan konsumen. Pada dasarnya teknik SEO memang diterapkan untuk mendatangkan traffic dengan cara membuat konten yang sesuai dengan search intent. Dengan begitu, Anda akan diarahkan untuk lebih mendengarkan keinginan konsumen serta memahami perilaku mereka dari apa yang mereka cari di mesin pencarian.

 

4. Memberikan kenyamanan bagi pengunjung website

Manfaat SEO yang keempat yaitu dapat memberikan kenyamanan  bagi para pengunjung website Anda. Salah satu faktor yang mempengaruhi kenyamanan pengunjung dalam mengunjungi suatu situs yaitu kecepatan loading websitenya. Jika Anda menerapkan SEO pada website Anda, maka akan mempercepat loading website Anda.

 

5. Dapat menjadi investasi jangka panjang

Manfaat SEO yang kelima yaitu dapat menjadi investasi jangka panjang. Pada dasarnya algoritma Google selalu mengalami perubahan dan pembaruan setiap waktunya. Untuk itu, Anda perlu mengevaluasi situs Anda secara konsisten dan menyesuaikannya dengan perkembangan algoritma Google. Sehingga, website Anda pun juga akan terus mendatangkan traffic dalam waktu yang lama.

 

6. Meningkatkan penjualan

Anda meningkatkan penjualan. Dengan Anda menerapkan teknik penjualan yang baik serta ditambah teknik SEO yang tepat maka akan sangat membantu bisnis Anda dalam mendapatkan lebih banyak lagi penjualan. Karena dengan menerapkan SEO, visibilitas website Anda akan semakin meningkat. Sehingga, calon konsumen akan dengan mudah menemukan website  Anda. 

 

Jenis-Jenis SEO

Pada dasarnya optimasi Search Engine Optimization ini ada tiga jenis yaitu on page, off page, dan technical. Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengoptimasi konten website sehingga mudah ditemukan target pasar sehingga dapat meningkatkan ranking website, namun fokus dari ketiga jenis SEO ini berbeda. Nah berikut ini merupakan penjelasan lengkap dari jenis-jenis SEO:

 

1. SEO On Page

Jenis SEO atau Search Engine Optimization yang pertama yaitu SEO on page. SEO on page yaitu upaya untuk mengoptimasi SEO pada bagian depan website atau situs. Adapun aspek-aspek yang perlu dimaksimalkan atau difokuskan dalam SEO on page ini yaitu: 

  • Permalink
  • Judul konten
  • Internal link
  • Elemen-elemen pada SEO seperti meta description, tag, dan lain sebagainya.

Dengan SEO on page ini, konten yang Anda buat akan lebih mudah muncul di search engine Google. Tidak hanya itu saja, jika isi konten yang Anda buat semakin relevan dengan keyword yang dibidik, maka kebutuhan audiens pun akan semakin terjawab dan Google akan menaikkan ranking website Anda. Jenis SEO yang satu ini juga menjadi yang paling mudah untuk diterapkan dan wajib dikuasai, lho. 

 

2. SEO Off Page

Jenis SEO atau Search Engine Optimization yang kedua yaitu SEO off page. Jenis SEO off page ini memiliki tujuan untuk membantu Google memahami seberapa besar manfaat dan relevansi konten bagi orang lain atau audiens. SEO off page ini merupakan upaya untuk mengoptimasi SEO pada bagian luar website. Adapun aspek-aspek yang perlu dimaksimalkan atau difokuskan dalam SEO off page ini yaitu:

  • Link building merupakan aktivitas untuk mendapatkan link dari website lain atau biasa disebut backlink.
  • Peningkatan PA atau Page Authority merupakan skor yang menunjukkan peluang sebuah halaman website berada di ranking teratas Google
  • Peningkatan DA atau Domain Authority yaitu skor untuk memprediksi peluang ranking website di Google
  • Guest blog yaitu kegiatan untuk memasang artikel berkualitas Anda di website lain yang di dalamnya terdapat backlink ke situs Anda.
  • Promosi konten lewat sosial media dan channel marketing lain

Dengan adanya pengoptimasian SEO off page yang kuat, Google akan menilai jika situs atau website Anda bermanfaat bagi orang lain. Sehingga kredibilitas situs Anda akan naik dan rankingnya pun meningkat.

 

3. Technical SEO

Jenis SEO atau Search Engine Optimization yang ketiga yaitu Technical SEO. Jenis SEO ini memiliki tujuan untuk mengoptimasi struktur website sehingga performanya menjadi lebih maksimal dan diterima oleh search engine atau Google. Pada dasarnya Technical SEO adalah usaha mengoptimasi SEO di bagian dalam website. Adapun aspek-aspek yang perlu dimaksimalkan atau difokuskan dalam SEO technical ini antara lain:

  • Kecepatan website
  • Struktur website
  • XML Sitemap
  • Keamanan situs (SSL)
  • Tema responsive
  • Layout website
  • Navigasi.

Perlu Anda ketahui bahwa menerapkan technical SEO ini dapat membuat website Anda menjadi memiliki struktur yang bagus dan mudah dibaca oleh search engine. Sehingga, peluang Google dalam mengindeks situs atau website Anda jadi lebih besar dan cepat.

 

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Setelah mengetahui pengertian, manfaat, dan jenis-jenis dari SEO, yang penting untuk Anda ketahui selanjutnya yaitu mengenai bagaimana cara kerja SEO. Pada dasarnya ketika Anda atau pengguna lain mengetikkan kata kunci atau keyword pada bagian search bar di mesin pencarian seperti Google, maka akan muncul hasil berupa daftar situs dan halaman yang relevan dengan kata kunci pencarian Anda tersebut. Nah, hasil yang ditampilkan tersebut telah dipengaruhi oleh beberapa hal dalam algoritma mesin pencarian tersebut.

SEO yang berperan sebagai strategi akan mampu membuat situs atau website perusahaan Anda muncul dalam hasil pencarian tersebut bahkan menduduki ranking teratas di search engine. Dengan catatan, jika situs atau website perusahaan Anda tersebut mengandung keyword yang relevan dengan kata kunci yang diketikkan pengguna pada search bar Google. Adapun proses atau cara kerja dari masing-masing kategori jenis SEO yaitu sebagai berikut.

 

1. SEO On Page

Biasanya cara kerja SEO pada SEO On page ini yaitu marketer akan lebih fokus pada optimasi konten website dimana struktur, copy, keyword volume, hingga topik artikelnya telah dimaksimalkan sesuai kaidah artikel SEO.

 

2. SEO Off Page

Cara kerja pada SEO off page ini, biasanya marketer akan lebih meningkatkan kualitas SEO yang terdapat dalam luar situs. Seperti halnya jumlah dan kualitas tautan yang memuat link ke website Anda. Anda juga bisa menaruh link atau tautan tersebut ke dalam konten artikel.

 

3. Technical SEO

Sedangkan cara kerja pada Technical SEO ini biasanya perusahaan dan developer akan lebih berfokus pada meningkatkan kualitas teknis dari situs perusahaan tersebut. Seperti halnya kecepatan loading, struktur, dan UX website.

 

Setelah Anda mengetahui tentang teknik SEO, apakan Anda tertarik untuk menerapkan strategi tersebut pada website perusahaan atau bisnis Anda? Jika Anda ingin menerapkan teknik SEO pada situs web perusahaan Anda untuk meningkatkan traffic kunjungan dan lebih banyak konversi serta engagement Anda bisa menyerahkan pada jasa digital marketing terbaik di Surabaya yang sudah profesional dan terpercaya yaitu Sosiakita.    

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.    

Share