fbpx

7 Fakta Tentang Threads: Aplikasi Baru Instagram Pesaing Twitter

by Aug 24, 2023All Post, Social media0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. 7 Fakta Tentang...

Siapa yang sudah memiliki akun Threads? Untuk Anda para social media enthusiast tidak boleh ketinggalan dengan aplikasi baru yang digadang-gadang menjadi pesaing Twitter ini. Pada hari kamis tanggal 6 Juli 2023 Mark Zuckerberg sebagai Bos Meta mengumumkan perilisan aplikasi baru dari keluarga Meta yaitu Threads. Mark Zuckerberg juga menjelaskan bahwa aplikasi ini disebut menjadi ruang terbuka untuk bersahabat dan bercakap-cakap dengan sesama pengguna. Aplikasi ini tersedia di toko aplikasi App Store dan Google Play Store dengan menggunakan nama ‘Threads, an Instagram app’. Untuk Anda yang penasaran seperti apa aplikasi Threads Instagram ini, berikut 7 fakta Threads Instagram yang menjadi pesaing Twitter.

 

1. Terintegrasi dengan Instagram

Sesuai dengan nama di toko Aplikasi yaitu ‘Threads an, Instagram App’, Aplikasi Threads ini sebenarnya merupakan aplikasi yang terpisah dari Instagram. Namun pengguna yang sudah memiliki username akun Instagram akan dapat langsung terhubung ke Threads dengan username Instagram mereka. 

Saat Anda mengunduh aplikasi Threads, maka perangkat akan otomatis menghubungkannya dengan username Instagram Anda. Sehingga Anda tidak perlu membuat akun baru. Karena konektivitas antara akun Instagram dan Threads ini membuat profil Threads Anda  memiliki username, foto profil, dan bio, sama persia dengan akun Instagram Anda yang tertaut. Meskipun menggunakan username Instagram, followers di akun Instagram Anda tidak langsung menjadi followers di akun Threads. 

 

2. Fungsinya Mirip Twitter

Digadang-gadang menjadi pesaing Twitter, salah satu fakta Threads Instagram ini yaitu memiliki fungsi yang mirip dengan Twitter. Meskipun secara tampilan lebih clean, namun secara fungsi Threads serupa dengan Twitter. Salah satunya yaitu username pengguna yang ditempatkan di bagian paling atas timeline, lalu di bawahnya ada status update yang diunggah oleh para pengguna yang Anda follow.

Selanjutnya di bagian bawah terdapat like dengan tanda hati, unggah kembali atau reupload yang mirip dengan Retweet pada Twitterkomentar, dan bagikan unggahan tersebut ke Feed, Copy link, Story, atau bagian via platform lain. Selain itu, ditampilkan pula berapa jumlah pengguna yang sudah membalas unggahan Threads dan berapa jumlah pengguna yang memberi tanda likes. Selain itu, tampilan bawah linimasa Threads terdapat simbol Home, tanda hati untuk melihat notifikasi yang masuk ke akun pengguna, pencarian, ruang baru untuk membuat unggahan baru, serta profil dengan logo orang seperti haknya di Twitter. Di Threads para pengguna juga dapat mengunggah foto, mengomentari dan menyukai foto tersebut, pengguna juga bisa menutup kolom komentar. 

 

3. Tersedia di Lebih dari 100 Negara, Kecuali Anggota Uni Eropa

Fakta Threads Instagram selanjutnya yaitu tersedia di lebih dari 100 negara, kecuali anggota uni Eropa. Aplikasi Threads telah tersedia di berbagai negara termasuk Indonesia. Akan tetapi, menurut Engadget, aplikasi Threads ini tidak akan dirilis di negara-negara Uni Eropa. Hal ini karena Komisi Perlindungan Data Pribadi Irlandia menerapkan aturan privasi data yang sangat ketat di bawah aturan Perlindungan Data Pribadi GDPR. Namun tidak berlaku di Inggris, karena Inggris tidak diatur oleh GDPR atau aturan perlindungan E.

 

4. Threads Menyediakan 500 karakter

Fakta Threads Instagram selanjutnya yaitu, menyediakan 500 karakter. Berbeda dengan Twitter, Threads hadir lebih menarik yaitu pengguna bisa mengunggah postingan dengan 500 karakter, sedangkan Twitter hanya bisa mengunggah postingan 280 karakter per tweet atau postingan. Selain itu pengguna Threads juga bisa menambahkan gif, gambar video dengan durasi hingga 5 menit, serta tautan lainnya. 

 

5. Mencapai 2 Juta Pengguna Dalam Hari Pertama Perilisan

Fakta tentang Threads selanjutnya yaitu memecahkan rekor 2 juta user atau pengguna dalam 2 jam di hari pertama perilisannya. Hal ini karena Threads mendapatkan antusiasme para netizen. Hingga artikel ini dirilis, pengguna Threads telah mencapai lebih dari 50 juta user. 

 

6. Sempat Bocor Sebelum Perilisan

Fakta tentang Threads lainnya yaitu sempat bocor sebelum resmi diluncurkan. Hal ini karena hasil tangkapan layar dari Meta Chief Product Officer yaitu Chris Cox yang beredar di tengah-tengah masalah pembatasan akses Twitter oleh Elon Musk. Sebelum dirilis, telah beredar informasi bahwa Threads akan berbasis di Instagram dan berintegrasi dengan Activity Pub, yaitu protokol media sosial yang sudah terdesentralisasi.

 

7. Threads Sangat Berbeda dengan Instagram

Fakta lain dari Threads yaitu baik tampilan dan fungsinya sangat berbeda dari Instagram. Meskipun menyandang nama Instagram, aplikasi Threads ini justru sangat berbeda dengan Instagram. Jika Instagram merupakan aplikasi untuk berbagi konten gambar, foto dan video, Threada lebih mirip Twitter yaitu tempat bercakap-cakap pengeluaran cuitan di timeline antara satu dengan banyak akun. Namun pengguna Threads juga bisa mengunggah gif, foto, dan video dalam cuitannya. 

 

Itulah 7 fakta tentang Threads Instagram yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk mencoba? Yuk, segera unduh Threads di Google Play Store dan Apple App Store kamu! 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kaltimtoday.co. Semoga informasi yang telah Sosiakita rangkum diatas bisa membantu Anda. Dapatkan update berita pilihan  seputar strategi marketing, digital marketing, dan bisnis, hanya di Sosiakiata Blog.

Anda tentu tidak ingin usaha marketing Anda monoton atau itu-itu saja, bukan? Makanya, yuk, konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lain dari kami.

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved