fbpx

Sosial media kini memiliki manfaat yang tak hanya digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh. Manfaatnya bertambah seiring dengan kebutuhan dan fitur yang ditawarkan. Salah satunya ialah Instagram. Jika awalnya Instagram digunakan untuk berbagi foto yang diabadikan oleh penggunanya, sekarang Instagram bisa melakukan lebih dari itu. Instagram bisa membantu Anda mempromosikan produk yang Anda miliki. Hal ini berdampak pada dunia marketing yang sudah merambah ke media digital.

Digital marketing bisa menggunakan segala sosial media sebagai alatnya. Instagram merupakan sarana yang tepat karena fitur story dan feed nya yang bisa diatur semenarik mungkin. Dengan visual dan caption yang menarik, maka dapat mencuri perhatian para pengguna Instagram untuk sekedar mengunjungi profilnya atau membaca captionnya. Hal tersebut dapat membantu Anda dalam membangun branding yang Anda miliki. Jika menampilkan visual yang menarik perlu keahlian khusus, maka membuat caption yang menarik lebih mudah untuk dibuat. Berikut 5 cara jitu membuat caption Instagram yang menarik.

 

1. Tunjukkan brand personality

Caption ditulis untuk membangun citra branding Anda. Sebelum membuat caption, Anda harus mengetahui, tipe caption seperti apa yang hendak Anda buat? Cobalah untuk membuat first impression yang baik bagi para pembaca dengan sapaan yang khas. Sapaan tersebut akan membuat branding Anda lekat dalam pikiran followers Anda. Pastikan setiap kalimat yang Anda tulis sudah sesuai dengan branding yang akan Anda bangun. Entah berupa susunan kalimat yang ringan dan santai atau dikemas secara formal dan baku.

 

2. Hindari penulisan caption yang terlalu panjang

Caption merupakan representasi dari branding dan produk yang Anda tawarkan. Sehingga, Anda perlu menghindari caption yang terlalu panjang sebab followers Anda tidak akan tertarik dengan tulisan yang berderet panjang. Tulislah informasi yang penting. Informasi yang perlu diketahui oleh para calon customer Anda. Hindari pemakaian Bahasa yang tidak efektif dan berbelit-belit.

 

3. Gunakan CTA

Apakah Anda sudah pernah mendengar istilah CTA? CTA adalah singkatan dari Call to Action. CTA adalah suatu instruksi yang Anda tulis dalam caption guna memberikan tanggapan ataupun tindakan atas postingan Anda. Biasanya, dalam suatu caption, Anda akan melempar pertanyaan untuk memicu followers Anda memberikan responnya. Hal ini dapat membantu menambah engagement Anda. Apakah itu engagement? Engagement adalah takaran untuk mengetahui seberapa banyak minat followers Anda terhadap postingan yang Anda unggah. Semakin banyak engagement yang Anda terima, maka semakin banyak orang yang tertarik dengan unggahan Anda di Instagram.

 

4. Ajukan pertanyaan

Pertanyaan yang diajukan tidak hanya sekedar CTA seperti poin sebelumnya. Pertanyaan yang relevan dengan postingan Anda dan menarik bagi followers Anda untuk dijawab. Ajukan pertanyaan yang ringan saja supaya banyak yang terlibat dalam kolom komentar Anda. Semakin banyak yang berkomentar, semakin banyak juga yang melihat postingan Anda.Hal ini dapat membuat followers Anda mengikuti akun Anda secara berkelanjutan.

 

5. Tambahkan hashtag

Penambahan hashtag di akhir caption dapat membuat postingan Anda tertaut dengan postingan yang serupa. Sehingga, orang lain dapat melihat postingan Anda hanya dengan memasukan keyword hashtag dalam kolom pencarian. Namun yang perlu diperhatikan adalah hashtag yang digunakan harus berkaitan dengan unggahan Anda. Hal ini supaya memudahkan para follower Anda dan semakin meningkatkan jumlah engagement Anda.

 

Pembuatan caption pada Instagram bisa dibilang mudah. Namun, dampaknya luar biasa karena dapat mempengaruhi citra dari pemegang akunnya. Instagram sudah bisa digunakan sebagai sosial media yang merepresentasikan apa yang pengguna kehendaki. Sehingga, apabila Anda masih membutuhkan bantuan untuk membangun brand Anda, Anda dapat menghubungi Sosiakita. Tidak hanya itu, Sosiakita juga membantu bisnis anda dalam melakukan segala kegiatan digital marketing, mulai dari perencanaan konten sosial media, menjalankan ads, dan sebagainya. Sehingga bisnis anda akan semakin dikenal dan mendapat hasil yang maksimal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan kami silahkan hubungi kami disini!

Share