Instagram merupakan salah satu social media dengan pertumbuhan yang cukup pesat selama beberapa tahun terakhir. Pembaruan-pembaruan fitur dengan inovasi baru pada aplikasi ini, terus mengalami perkembangan. Hal ini disesuaikan dengan perubahan zaman dan peningkatan jumlah pengguna instagram. Sosial media ini masih menjadi platform yang populer dan disukai oleh semua khalayak dari berbagai bidang. Tak terkecuali untuk keperluan bisnis dan periklanan. Instagram terus berusaha untuk menghadirkan platform yang nyaman untuk para penggunanya. Termasuk untuk berbisnis, karena pada tahun ini instagram telah meluncurkan fitur baru yaitu fitur instagram shopping yang kini sudah tersedia di Indonesia. 

 

Namun kali ini kita tidak akan membahas mengenai fitur instagram shopping. Fitur yang akan kita ulas kali ini adalah fitur carousel atau fitur yang memungkinkan anda untuk dapat mengupload multiple post dalam satu kali unggahan. Instagram pertama kali menghasirkan fitur ini pada 23 Februari 2017. Carousel memungkinkan pengguna untuk dapat melakukan slide pada beberapa foto atau video yang diunggah dalam satu post. Sehingga beberapa foto atau video yang anda unggah tetap dapat memiliki satu tema yang sama dan berkesinambungan. Ini juga akan membantu followers anda untuk dapat membaca postingan anda secara lebih ringkas karena masih dalam satu feeds yang sama.

 

Perbandingan Single Post dan Multiple Post

Sekarang kami berikan perbandingan kepada anda mengenai unggahan dengan menggunakan fitur single post dengan multiple post menggunakan fitur carousel. Jika anda mengunggah sebuah foto atau video menggunakan single post, maka anda hanya dapat mengunggah satu foto/video saja. Berbeda dengan ketika anda menggunakan fitur carousel. Anda dapat mencantumkan informasi lebih banyak dengan fitur ini. Karena foto atau video yang anda upload bisa berjumlah lebih dari 2 foto. Fitur ini memudahkan anda untuk dapat mengunggah hingga 10 foto atau video hanya dalam satu post saja. Coba bayangkan jika anda sering memanfaatkan fitur ini pada instagram bisnis anda, tentu akan sangat berguna sekali bukan? Bahakan engagement instagram anda juga akan ikut meningkat hanya dengan postingan carousel. Berikut ini kami telah merangkum 5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement. 

 

1. Postingan Carousel Bertumbuh dengan Pesat

5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement

 

Dari tahun ke tahun sejak pertama kali fitur ini diluncurkan, instagram carousel telah bertumbuh dengan pesat. Sejak tahun 2017 hingga 2020, postingan instagram dengan menggunakan fitur carousel atau multiple post telah berkembang dari yang semula 3% menjadi 19.44%. Tentunya ini menunjukkan angka kenaikan yang cukup tinggi yaitu sebesar 16.44%. Dengan kenaikan sekian persen membuktikan bahwa instagram carousel kini cukup diminati dan lebih banyak digunakan untuk memposting konten. 

 

Dalam akun instagram bisnis dan keperluan marketing, fitur instagram post memiliki banyak manfaat. Karena dengan fitur ini anda dapat menjelaskan  mengenai produk atau layanan anda dengan lebih lengkap jika dibandingkan dengan postingan tunggal. Misalkan anda ingin mengunggah beberapa variasi produk namun tetap dalam satu post, maka carousel adalah pilihan yang paling tepat untuk anda gunakan dalam strategi pemasaran bisnis anda.

 

2. Meraih Engagement Lebih Tinggi Dibandingkan Single Post

5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement

 

Alasan kedua sudah sangat jelas bahwa instagram carousel dapat meraih engagement yang lebih tinggi jika dibandingkan single post atau postingan tunggal. Hal ini dikarenakan anda tidak perlu mengobarkan visual untuk memberikan konten yang utuh dan detail. Para pengikut anda di Instagram diharapkan mampu untuk mendapatkan insight baru dari postingan anda tanpa harus ribet scroll-down atau berpindah ke postingan selanjutnya. Bisa dikatakan juga bahwa ini lebih praktis dan lebih efisien jika postingan yang anda unggah mencantumkan banyak teks maupun gambar. 

 

Dan yang paling penting, postingan carousel akan mendapatkan engagement yang lebih tinggi jika anda bandingkan dengan single post. Dilansir melalui Bannersnack, Engagement rate yang dihasilkan postingan carousel adalah sebesar 1.92%. Bahkan jika anda memanfaatkan 10 slide untuk mengunggah konten, maka engagement yang akan didapatkan adalah sebesar 2%. Padahal single post hanya menghasilkan rate sebesar 1.74% dan 1.45% untuk postingan foto dan video tunggal. Tentunya dengan data seperti ini, akan berpotensi untuk menaikkan engagement rate pada konten yang anda buat. 

 

3. Menaikkan Jumlah Engagement Rate dengan Menggabungkan Foto dan Video dalam Satu Post

5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement

 

Ternyata dengan menggabungkan foto dan video pada satu post menggunakan instagram carousel, akan menaikkan jumlah engagement rate pada postingan anda. Bahkan ratenya akan lebih besar jika dibandingkan dengan memposting 10 slide pada fitur carousel. Sebelumnya memposting 10 slide mampu mendapatkan engagement rate sebesar 2% saja. Namun jika anda menggabungkan foto dan video dalam satu unggahan instagram carousel, maka rate yang akan anda dapatkan lebih tinggi lagi jumlahnya yaitu sebanyak 2.33%. 

 

Dengan melakukan tindakan swipe left pada postingan carousel pada akun bisnis anda, tentunya akan semakin menaikkan angka engagement rate. Hal ini juga membuktikan bahwa pengikut anda memang benar-benar peduli dan membaca postingan anda. Menambahkan kata “swipe left” pada caption akan meningkatkan engagement rate dari yang semula 1.83% menjadi 2%. Cukup menarik bukan?

 

4. Mengeksplor Konten dengan Lebih Luas

5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement

 

Postingan carousel akan meningkatkan engagement akun instagram bisnis jika anda mengerti cara kerja dan strategi yang sesuai untuk diterapkan. Dengan memanfaatkan fitur carousel instagram, anda dapat mengeksplor konten dengan lebih luas. Jika anda hendak membuat konten dengan banyak teks dan visual, maka memanfaatkan carousel adalah pilihan paling tepat. Anda tidak perlu terpaku dengan batasan teks yang harus anda tampilkan pada postingan konten, karena anda dapat memasukkannya pada slide lain. Fitur ini mampu menyediakan ruang yang lebih besar untuk anda memposting sebuah konten. Dengan ini pengikut anda diharapkan dapat lebih mampu mencerna informasi yang anda sajikan dengan lebih santai dan memahami setiap maksud dari postingan tersebut. 

 

5. Mengubah Kebiasaan Pengikut Anda

5 Alasan Postingan Carousel Dapat Meningkatkan Engagement

 

Disadari atau tidak, fitur carousel ini mengubah kebiasaan pengikut anda dalam mengonsumsi konten. Jika dahulu mereka terus melakukan scrolling untuk membaca post selanjutnya, maka sekarang mereka perlu swipe left dahulu untuk membaca konten multiple post. Tentu ini mengubah durasi waktu yang pengikut anda habiskan untuk mengkonsumsi sebuah konten yang anda sajikan. Akibatnya mereka butuh waktu lebih lama untuk sekedar mengkonsumsi konten. Ini menandakan bahwa pengikut anda benar-benar memperhatikan layanan dan informasi yang anda berikan melalui post tersebut.

 

Selain itu, fitur carousel juga mengundang interaksi yang lebih banyak jika dibandingkan single post biasa. Jumlah orang yang menyukai konten anda akan lebih banyak, begitu pula dengan jumlah orang yang komen dan membagikan postingan anda. Jika postingan anda memuat informasi atau topik yang menarik dan dapat menambah insight pembaca, maka postingan anda akan banyak disimpan oleh pengikut anda. Atau bahkan orang lain yang melihat postingan anda. Itulah mengapa dikatakan bahwa postingan carousel dapat meningkatkan engagement untuk akun bisnis anda. 

 

Bagaimana nih? setelah membaca pembahasan diatas, apakah anda paham mengenai alasan postingan carousel meningkatkan engagement untuk akun bisnis anda? Jika memang anda sudah menerapkan dan melakukan post menggunakan fitur ini, maka perbanyaklah postingan dan tingkatkan kualitas konten anda. Apabila belum, maka mulai sekarang cobalah untuk memposting menggunakan fitur carousel. Namun jika anda masih belum terlalu paham untuk memasarkan bisnis anda secara digital, maka gunakanlah jasa social media management hanya di Sosiakita. Cek portofolio kami untuk melihat selengkapnya.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM