fbpx

Ketika kamu menjalankan sebuah strategi marketing untuk mengembangkan bisnismu, tentunya tidak akan pernah lepas dengan konsep AIDA. AIDA sendiri merupakan konsep marketing yang bisa mengenal tahapan kognitif yang seseorang alami dalam proses pembelian barang maupun jasa yang bisnis kamu tawarkan. Dengan kata lain, AIDA dapat mengidentifikasi bagaimana customer kamu melewati proses yang terdiri dari berbagai tahapan sebelum mereka akhirnya memutuskan untuk melakukan pembelian.

Dalam penerapannya, AIDA memiliki empat tahapan yang harus kamu lewati. Attention (A), Interest (I), Desire (D), dan Action (A). Umumnya, keempat tahapan ini bisa kamu gunakan dalam kampanye iklan maupun strategi penjualan. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing tahapan konsep AIDA.

 

1. Attention

Tahapan yang pertama yakni attention. Attention merupakan strategi yang kamu buat untuk menarik perhatian customer supaya terjadi brand awareness. Hal tersebut bisa mendapatkan dukungan dari berbagai hal. Tak hanya itu saja, dalam tahapan attention ini kamu akan lebih fokus untuk menumbuhkan kesadaran ataupun daya tarik brand bisnismu.

Konten yang kamu gunakan pun juga bisa bersifat provokatif. Dengan begitu, customer kamu akan teralihkan perhatiannya ke konten yang sudah kamu siapkan. Misalnya saja seperti headline yang out of the box, kemudian video atau gambar meme yang menarik, hingga jungle yang mudah customer ingat.

 

2. Interest atau Mempertahankan Minat

Konsep AIDA yang selanjutnya adalah interest atau mempertahankan minat. Tujuan atau goal dari tahapan yang satu ini adalah bisa membuat customer atau pelanggan terlibat secara aktif dengan iklan tersebut. Hal ini melalui ketertarikan mereka atas produk maupun jasa yang bisnis kamu tawarkan.

Selain itu, tahapan interest ini, dimana seorang marketer harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan minat pelanggannya. Kamu perlu melakukan analisis terhadap customer, mengetahui sasaran atau target iklan, kepentingan dan kebutuhan customer, hingga solusi yang jasa atau produk kamu tawarkan untuk menyelesaikan masalah mereka. Informasi semacam ini bisa kamu dapatkan melalui alat analisis web ataupun media sosial.

 

3. Desire

Tahapan AIDA selanjutnya yakni desire. Dalam tahapan ini berkaitan dengan niat atau keinginan yang konkret untuk membeli produk maupun jasa bisnismu. Kamu dapat memaksimalkan tahapan ini dengan memberikan solusi atau pemecahan masalah dari brand yang kamu tawarkan. Tak hanya itu, testimoni pelanggan juga bisa memberikan dukungan pada tahapan ini.

Kamu bisa menunjukkan kelebihan dan manfaat dari jasa maupun produk tersebut. Hal ini dapat memberikan jawaban kepada pelanggan terkait masalah yang mereka hadapi. Selain itu, kamu juga bisa memberikan promosi berupa diskon atau sejenisnya. Dengan begitu, hasrat ingin membeli produk atau menggunakan jasa akan semakin tumbuh.

 

4. Action

Setelah melalui tahapan desire dalam konsep AIDA ini, tahapan terakhir yakni action. Dalam tahapan ini, kamu memberikan ajakan kepada konsumen untuk melakukan tindakan, yakni pembelian. Selain itu, kamu dapat memberi sense of urgency seperti “Promo Hanya Hari Ini” atau “Promo Hanya Sampai Tanggal…”. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan tahapan action.

Pada tahapan action ini, pelanggan sudah memiliki kesadaran terhadap keberadaan brand bisnismu. Sehingga, mereka memiliki ketertarikan dan hasrat untuk membeli produk atau menggunakan sebuah jasa. Dalam tahapan ini, pelanggan sudah membuat keputusan. Meskipun belum ada kepastian untuk menggunakan barang atau jasa milik bisnismu, setidaknya pelanggan sudah mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.

 

Supaya kamu menerapkan strategi bisnis yang tepat, penting untuk memahami setiap tahapan dari konsep AIDA ini. Setiap keputusan yang kamu ambil, akan mempengaruhi perkembangan bisnismu. Maka dari itulah jangan pernah salah dalam memilih strategi.

Semoga pembahasan tentang 4 konsep AIDA dalam kampanye iklan dan strategi penjualan dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya?  Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halaman resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami. 

Share