fbpx

Bagi Anda yang saat ini tengah mengembangkan bisnis, bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Salah satunya adalah dengan tips menerapkan model bisnis subscription. Lalu, apa itu model bisnis subscription?

Taco Bell merupakan salah satu yang meluncurkan sistem subscription atau model bisnis subscription. Hanya dengan $10 per bulan, Anda bisa memperoleh 1 taco per harinya. Menariknya, Anda bisa mendapatkan hingga 30 hari secara berturut-turut.

Subscription sendiri menjadi hal yang sangat penting. Pasalnya, subscription merupakan program berlangganan produk maupun layanan sebuah brand. Selain itu, subscription ini juga memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dari customer relationship antara Anda dan customer atau pelanggan.

Saat ini, model bisnis subscription pun juga tengah berkembang dan menjadi trend. Subscription sendiri, umumnya paling banyak diterapkan dalam jenis bisnis e-commerce. Penerapan model bisnis subscription secara efektif, terbukti mampu mengembangkan bisnismu.

Maka dari itulah, strategi bisnis yang satu ini paling banyak disukai oleh para marketer. Apalagi, jika Anda menerapkannya dengan benar, sudah barang tentu akan memberikan pengaruh yang sangat besar. Terutama untuk mengembangkan bisnismu lebih baik lagi. Supaya bisnis semakin berkembang, yuk simak tips menerapkan model bisnis subscription seperti di bawah ini.

 

1. Mempercepat Proses Tagihan

3 Tips Menerapkan Model Bisnis Subscription untuk Kembangkan Bisnis

 

Tips yang pertama kali yakni dengan mempercepat proses tagihan. Penting untuk selalu Anda ingat, jangan sampai kehilangan revenue hanya karena sistem billing subscription yang buruk. Hal tersebut juga menjadi faktor yang tak kalah penting untuk memberikan product experience yang baik kepada pelanggan atau customer Anda.

Selain itu, Anda juga perlu membuat sistem tagihan yang sederhana. Dengan demikian, customer akan lebih mudah dalam memahaminya. Proses tagihan yang sederhana, akan semakin efisien karena lebih cepat.

Bukan hanya itu saja, customer Anda pun tidak perlu lagi berlam-lama menunggu proses penagihan dengan alasan sistem billing Anda yang terlalu rumit. Satu lagi yang tak kalah penting. Bila proses tagihan atau pembayaran cepat, maka customer Anda akan lebih rajin melakukan pembayaran.

 

2. Membangun Customer Relationship yang Lebih Kuat

3 Tips Menerapkan Model Bisnis Subscription untuk Kembangkan Bisnis

 

Tips menerapkan model bisnis subscription selanjutnya yakni dengan membangun customer relationship yang semakin kuat. Harus selalu Anda ingat, bila customer tidak puas dengan pelayanan yang Anda berikan, sudah barang tentu para customer akan membatalkan subscription. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak buruk untuk bisnis Anda saat ini hingga kedepannya.

Maka dari itulah, Anda perlu mengarahkan fokus utamanya kepada customer relationship. Hal ini dapat mempertahankan hubungan yang baik antara Anda dengan pelanggan. Terutama pelanggan lama yang sudah lebih dulu mengenal dan menggunakan jasa atau produk bisnismu.

 

3. Sudah Memiliki Tujuan Bisnis Sejak Awal

3 Tips Menerapkan Model Bisnis Subscription untuk Kembangkan Bisnis

 

Menentukan tujuan bisnis sejak awal merupakan tips menerapkan model bisnis subscription lainnya. Coba pahami lagi apa yang sebenarnya Anda inginkan dari subscription tersebut. Apakah Anda ingin mendapatkan revenue yang semakin besar atau memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih cepat?

Keduanya merupakan tujuan bisnis yang sangat baik. Maka dari itulah, jika ingin menerapkan subscription, Anda perlu memilih salah satu tujuan utama dari kedua tujuan tersebut. Hal ini juga dapat memberikan kemudahan bagi Anda dalam menentukan strategi pricing yang paling tepat, sesuai dengan tujuan awal.

 

Dengan ketiga tips menerapkan model bisnis subscription tersebut, bisnis Anda akan mendapatkan pengaruh yang positif. Selain itu, bisnis Anda pun juga dapat mengalami pertumbuhan yang signifikan. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda. Jika Anda memiliki usaha, brand, atau bisnis dan berencana untuk memasarkannya melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, TikTok, atau lainnya, namun belum memiliki strategi yang tepat dan tidak tahu bagaimana mengelolanya?  Jangan khawatir, karena Sosiakita bisa membantu Anda.      

Sosiakita merupakan salah satu jasa digital marketing Surabaya yang mempunyai berbagi layanan, mulai dari pembuatan website, pengembangan web, digital marketing, hingga pembuatan konten-konten menarik untuk website dan sosial media Anda. Dengan pengalaman yang kami miliki serta team yang ahli dan profesional, kami akan mampu mengembangkan bisnis dan perusahaan Anda. Berminat untuk bergabung? Segera hubungi kami sekarang untuk mendapatkan fee konsultasi atau kunjungi halam resmi kami di sini  atau temukan kami di LinkedIn, Facebook, dan Instagram untuk mengetahui informasi terupdate kami.  

Share