fbpx

Pentingnya UI/UX Untuk Produk Digital, Kunci Website Menarik

by Nov 8, 2023Business0 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Business
  6. /
  7. Pentingnya UI/UX Untuk...

Di tengah pertumbuhan teknologi yang semakin maju seperti sekarang ini, ternyata juga memberikan dampak pada trend bisnis di berbagai belahan dunia. Bahkan menurut IDC FutureScape, diperkirakan bahwa pada tahun 2023, sekitar 90% organisasi global akan mengutamakan investasi dalam alat-alat digital.  Hal ini difokuskan untuk meningkatkan aset dan pengalaman digital mereka. Optimalisasi digital pada berbagai bentuk bisnis ini menghasilkan adanya kebutuhan baru bagi para konsumen, yaitu transaksi dalam bentuk digital.

Pengalaman tersebut perlu dirancang agar berjalan dengan mulus dan lebih teratur dengan memanfaatkan User Experience (UX). Selain itu, tampilan produk dan fitur yang ditawarkan di dalamnya juga mempengaruhi minat pengguna untuk tertarik pada produk digital. Oleh sebab itu, User Interface (UI) memiliki peran sentral dalam penyajian fitur dan visual dalam bisnis digital. Inilah mengapa UI/UX memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan website yang menarik dan efektif. Lantas apa sih sebenarnya UI UX itu? Yuk, simak artikel berikut agar Anda lebih memahami UI/UX dan manfaatnya untuk bisnis digital: 

 

Apa Itu User Interface dan User Exprience?

 

UI atau User Interface merujuk pada elemen visual dan interaktif dari produk digital seperti situs web atau aplikasi. UI memainkan peran penting dalam memfasilitasi interaksi antara pelanggan atau pengguna dengan bisnis Anda. Selain sebagai perantara, UI juga bertujuan untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik untuk meningkatkan kepuasan pengguna. UI juga merupakan faktor kunci dalam menjadikan situs web atau aplikasi lebih user-friendly. Beberapa elemen UI mencakup tombol, tipografi, tata letak, tema, animasi produk, elemen visual interaktif, dan lainnya. Hal-hal tersebut berfokus pada estetika dan kemudahan penggunaan.

 

Berbeda dengan UI, konsep UX atau User Experience yaitu melibatkan proses perancangan produk dengan berfokus pada perspektif pengguna. Dengan pendekatan ini, Anda dapat menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pengguna. Komponen UX mencakup pengembangan fitur produk, desain struktural, aspek desain visual, navigasi pengguna produk, serta interaksi dengan pengguna. UX juga melibatkan proses branding, konten, dan penulisan yang sesuai dengan tujuan dan target pengguna.

 

Memahami Keterkaitan UI/UX dalam Konteks Bisnis Digital

 

Banyak perusahaan yang telah mengadopsi teknologi digital, terutama startup-startup. Peran UI/UX sangat penting dalam berbagai aspek, seperti situs web, blog, hingga aplikasi bisnis, karena membantu memfasilitasi interaksi antara pengguna dengan perusahaan Anda. Keberadaan UI/UX dapat memiliki dampak signifikan dalam mendorong pengguna untuk melakukan pembelian produk atau jasa, merangsang rasa ingin tahu, serta memikat mereka dengan informasi produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, UI/UX dapat membantu perusahaan Anda dalam menyajikan informasi dengan cara yang menarik dan interaktif, memahami perilaku pengguna, dan membangun reputasi positif serta mendapatkan umpan balik positif dari pelanggan.

 

Mengapa UI/UX Penting?

Ketika pengguna pertama kali mengunjungi situs website atau membuka aplikasi, tampilan dari aplikasi atau website tersebut adalah yang pertama kali mereka lihat. Tampilan yang menarik akan menciptakan kesan positif pertama dan mendorong pengguna untuk menjelajahi lebih lanjut. Terutama jika produk tersebut memiliki alur yang mudah dipahami oleh pengguna. User Interface (UI) bertujuan untuk memperindah aspek visual produk, dengan fokus pada pembuatan elemen visual yang mudah diakses, inklusif, dan intuitif. Di sisi lain, User Experience (UX) dirancang untuk memberikan pengalaman yang sangat memuaskan bagi pengguna saat menggunakan aplikasi atau situs web.

 

UI/UX yang baik akan membantu pengguna menavigasi dengan mudah dan  menemukan apa yang mereka cari serta memastikan bahwa pengalaman mereka lancar, tanpa hambatan. Hal tersebut berpotensi untuk meningkatkan pengalaman dan kepuasan pengguna. Biasanya, pengguna yang puas dengan pengalaman menggunakan suatu website atau aplikasi akan kembali menggunakan produk tersebut. Dalam beberapa kasus bahkan merekomendasikannya kepada orang lain, seperti teman, keluarga, atau kolega. 

 

Desain UI/UX dapat membantu pengembang aplikasi atau situs web dalam memenangkan hati konsumen, dan ini mengakibatkan penggunaan yang konsisten oleh para pengguna. Selain itu UI UX yang baik juga bisa meningkatkan konversi suatu website atau aplikasi. Misalnya, peningkatan dalam konversi penjualan atau pendaftaran pengguna baru dapat dicapai dengan tampilan yang menarik dan pengalaman pengguna yang halus. UI UX yang baik juga dapat meningkatkan SEO menjadi lebih baik. Karena mesin pencari seperti Google juga memperhatikan UI/UX. Website dengan UI/UX yang baik cenderung memiliki tingkat penolakan yang lebih rendah dan waktu tinggal pengguna yang lebih lama, faktor-faktor yang dapat membantu peringkat SEO.

 

Tips Meningkatkan UI/UX 

 

  1. Membuat Perencanaan yang Baik: Mulailah dengan perencanaan yang baik. Identifikasi audiens target Anda dan tujuan utama produk digital Anda sebelum merancang UI/UX.

 

  1. Membuat Desain Responsif: Pastikan situs Anda dapat diakses dengan baik di berbagai perangkat dan layar, termasuk ponsel cerdas dan tablet.

 

  1. Navigasi Intuitif: Buatlah navigasi yang mudah dipahami dan terorganisir dengan baik, sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan apa yang mereka cari.

 

  1. Uji Pengguna: Lakukan pengujian pengguna untuk mendapatkan masukan tentang pengalaman pengguna aktual dan gunakan informasi ini untuk perbaikan lebih lanjut.

 

  1. Optimasi Kecepatan: Pastikan situs Anda memuat dengan cepat. Kecepatan adalah faktor penting dalam pengalaman pengguna.

 

Itulah beberapa hal yang penting untuk  Anda ketahui mengenai UI/UX. Karena UI UX bukan hanya sekadar estetika saja, akan tetapi adalah faktor kunci dalam keberhasilan suatu produk digital seperti website atau aplikasi. Dengan perencanaan yang baik, perhatian terhadap detail, dan pemahaman tentang kebutuhan pengguna, Anda dapat menciptakan website yang menarik dan efektif. Dalam dunia digital yang kompetitif, UI/UX yang baik dapat menjadi perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan. Jadi, pastikan Anda memprioritaskan UI/UX dalam pengembangan produk digital Anda.

 

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dan dapatkan update berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa selalu Anda akses di Sosiakiata Blog.

 

Anda tentu tidak ingin bisnis Anda ketinggalan dengan pesaing Anda bukan? Makanya, yuk, konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Sosiakita. Karena Sosiakita menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, 

Written by Sosiakita Brand

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved