Sebelum mengetahui apa tugas seorang content planner, akan lebih baik jika anda mengetahui lebih dahulu apa itu content planner. Tidak sedikit mungkin yang bertanya-tanya content planner itu pekerjaan seperti apa? Mengapa pekerjaan ini sangat naik daun dan banyak dibicarakan akhir-akhir ini? Nah pada dasarnya content planner merupakan suatu pekerjaan yang akhir-akhir ini banyak dibutuhkan karena seiring dengan naik daunnya pemasaran secara digital. Saat ini hampir semua pelaku bisnis beralih ke digital marketing. 

Untuk itu banyak perusahaan-perusahaan yang mendirikan digital marketing agensi untuk membantu para pelaku bisnis mengelola usaha mereka secara profesional. Seperti halnya  Sosiakita digital marketing dan social media management, yang membantu pelaku bisnis untuk meningkatkan penjualan dengan pemasaran secara digital dan mengelola akun bisnis mereka secara profesional. Agar lebih jelas mengenai content planner simak penjelasannya berikut ini.

 

Mengenal Pengertian dari Content Planner

Dari namanya saja mungkin anda sudah dapat menebak kemana arah dari pekerjaan ini. Seorang content planner biasanya bekerja membuat dan mengatur konten untuk kebutuhan digital marketing. Terdapat banyak cara dan juga platform yang bisa anda gunakan untuk melakukan pemasaran secara digital. Contohnya seperti  facebook, instagram, youtube, twitter, blog, tiktok dan lainnya. 

Untuk dapat melakukan pemasaran secara digital pada platform tersebut anda memerlukan sebuah konten. Konten yang baik, informatif, dan menarik biasanya sangat disukai oleh audiens. Nah, disinilah nantinya seorang content planner akan berperan. Bertanggung jawab dalam segala perencanaan dan pembuatan  konten, baik konten untuk platform sosial media maupun website. Tidak hanya itu masih banyak lagi tugas yang dikerjakan oleh seorang content planner. Untuk lebih lengkapnya anda bisa simak berikut ini. 

 

Tugas dan Pekerjaan Content Planner 

Setelah mengetahui apa itu content planner, anda mungkin sudah mulai memiliki gambaran mengenai apa saja tugas content planner. Meskipun secara garis besar tugas seorang content planner membuat rencana konten, namun anda juga perlu mengetahui tugas yang lainnya. Seorang content planner juga bertanggung jawab dalam pembuatan dan perencanaan kalender editorial. Yang mana hal ini sangat penting sekali dalam kelangsungan kinerja seluruh karyawan atau pekerja. Nah agar lebih jelasnya lagi anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini.

 

1. Membuat Perencanaan Konten

Inilah Tugas Content Planner yang Perlu Anda Ketahui!

 

Tugas content planner yang perlu anda ketahui pertama yaitu membuat perencanaan konten. Sesuai dengan namanya tugas utama dari seorang content planner yaitu membuat konten. Selain itu merencanakan konten apa saja yang akan dibuat dalam jangka waktu tertentu. Biasanya jangka waktu ini ditentukan berdasarkan riset yang sudah dilakukan sebelumnya. Dalam perencanaanya, content planner harus bisa menyesuaikan topik atau isi konten dengan kebutuhan  konsumen. Contohnya konsumen ingin konten ini dibuat dalam bentuk seperti apa, atau ingin informasi apa saja yang akan disampaikan kepada audiens. 

Pada dasarnya konten yang baik tidak semuanya menarik, begitu juga sebaliknya. Konten yang menarik biasanya dapat menaikkan engagement, untuk itu tugas content planner yaitu membuat konten yang menarik audiens tetapi juga sesuai dengan kebutuhan klien atau konsumen. Menjadi seorang content planner memang bisa dibilang susah-susah gampang. Anda perlu memiliki pikiran yang kreatif, up to date dengan trend terkini, dan juga komunikatif.  Selain itu seorang content planner juga harus pintar memanfaatkan momen-momen tertentu, seperti hari besar atau hari perayaan apapun. Serta memanfaatkan tren yang sedang ramai diperbincangkan. 

 

2. Mengatur dan Membuat Kalender Editorial 

Inilah Tugas Content Planner yang Perlu Anda Ketahui!

 

Selain membuat perencanaan konten, tugas content planner lainnya yang perlu anda ketahui yaitu mengatur dan membuat kalender editorial. Kalender editorial inilah yang akan memberikan gambaran mengenai pekerjaan dan tanggung jawab secara lengkap serta jelas untuk setiap posisi pekerja. Contohnya seperti kapan masa tenggat waktu atau deadline untuk konten yang harus tayang, atau kapan content writer harus menyerahkan tulisannya, dan sebagainya. 

Untuk itulah kalender editorial yang telah dirancang oleh content planner ini harus dapat diakses secara luas. Tujuannya agar para pekerja yang lainnya juga dapat mengetahui dengan jelas informasi apa saja yang mereka butuhkan. Selain itu juga digunakan untuk memantau kampanye yang telah dijalankan, agar tetap berjalan sesuai dengan rencana strategi yang dibuat.  Hal ini juga dapat membuat upaya digital marketing berjalan dengan maksimal serta terencana dengan baik. 

 

Itulah beberapa penjelasan lengkap mengenai tugas dari seorang content planner yang bisa anda ketahui. Jika anda berminat untuk menjadi seorang content planner anda bisa memulai berlatih berbagai macam skill mulai sejak dini. Seperti halnya skill memahami tren, berpikir kreatif, hingga pemahaman mengenai analisis SWOT. Apalagi saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang mulai mencari posisi content planner. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. Semoga informasi yang anda ambil dari artikel ini bisa bermanfaat.

 

Baca Juga : Cara Tepat Memilih Platform Sosial Media Sesuai Kebutuhan

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM