fbpx

5 Strategi Brilian Pemasaran Digital Marketing di Platform TikTok 2024!

by Jan 10, 2024All Post, Social media3 comments

  1. Home
  2. /
  3. Articles
  4. /
  5. Social media
  6. /
  7. 5 Strategi Brilian...
5 Strategi Brilian Pemasaran Digital Marketing di Platform TikTok 2024!

Sumber : Freepik

Tahun 2024 menjadi era yang semakin kompetitif dalam ranah pemasaran digital. Salah satu platform yang terus mendominasi perhatian para pengguna media sosial adalah TikTok. Dengan lebih dari miliaran pengguna aktif bulanan, TikTok bukan hanya menjadi tempat hiburan, tetapi juga ladang subur untuk strategi pemasaran digital yang cerdas.Karena TikTok menjadi salah satu instrumen pemasaran digital yang efektif .Oleh karena itu, banyak bisnis yang mulai memanfaatkan Tik Tok sebagai media untuk menjalankan digital marketing di tahun 2024. Nah, pada artikel ini Sosiakita akan menjelaskan mengenai 5 strategi brilian pemasaran digital marketing di TikTok untuk tahun 2024, yang bisa Anda simak sebagai berikut.

 

Mengapa TikTok Sangat Penting untuk Pemasaran Digital?

Sebelum mengetahui 5 strategi pemasaran digital di TikTok untuk tahun 2024, Anda perlu mengetahui manfaat dari TikTok untuk bisnis. TikTok menjadi media sosial dengan pertumbuhan tercepat, mengamankan posisi teratas sebagai salah satu aplikasi yang paling banyak diunduh. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan, demografi pengguna TikTok mencakup spektrum yang sangat luas yaitu mencakup Gen Z dan generasi milenial. Selain itu, dalam hal keterlibatan, TikTok memimpin dengan tingkat keterlibatan rata-rata yang luar biasa sebesar 4,25% , sedangkan sebagai perbandingan, Instagram hanya menunjukkan tingkat keterlibatan rata-rata 0,60%. Belum lagi, dalam hal pemasaran influencer di TikTok, tingkat keterlibatan rata-rata meningkat hingga 15,86%. Sehingga platform ini menjadi ladang yang sangat menarik bagi para pelaku bisnis. Selain itu, berbagai fasilitas dan fitur yang mendukung kegiatan pemasaran seperti TikTo Ads, TikTok Shop, dan TikTok live streaming memberikan dorongan tambahan bagi pelaku bisnis untuk mempertimbangkan penggunaan TikTok sebagai bagian dari strategi pemasaran digital.

 

1.Memanfaatkan TikTok Ads dengan Kreativitas Tinggi

Memanfaatkan Tik Tok Ads dengan Kreativitas Tinggi

Sumber : Freepik

TikTok Ads menjadi sarana yang semakin penting untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, untuk bersaing di tengah kebisingan informasi, diperlukan kreativitas tinggi. Buat iklan yang menarik, unik, dan dapat memikat perhatian pengguna dalam beberapa detik. Gunakan musik yang relevan dan tampilkan produk atau layanan Anda dengan cara yang menghibur.

 

2. Memanfaatkan TikTok Live Streaming

Memanfaatkan TikTok Live Streaming

Sumber : Freepik

Platform media sosial saat ini sudah banyak yang memberikan fitur untuk bisa siaran langsung atau live, salah satunya yaitu TikTok. Siarang langsung adalah salah satu strategi marketing yang sangat berdampak. Fitur live streaming  pada TikTok juga bisa digunakan untuk kolaborasi, webinar, percakapan tentang topik industri, hingga memasarkan produk. Karena live streaming di TikTok dapat terhubung langsung dengan marketplace TikTok. Sehingga saat live berlangsung audiens dapat langsung melakukan pembelian selama barang di etalase masih tersedia. Terlebih TikTok melaporkan bahwa separuh penggunanya ( 50% ) membeli produk selama sesi live streaming. Hal ini membuktikan bahwa Live Streaming menjadi salah satu strategi yang sangat brilian untuk diterapkan dalam pemasaran digital di TiKTok untuk tahun 2024.

 

3. Menciptakan Kampanye Kolaboratif dengan TikTok Creators

Menciptakan Kampanye Kolaboratif dengan TikTok Creators

Sumber : Freepik

Melakukan kampanye kolaborasi dengan influencer di TikTok bisa menjadi strategi yang bagus untuk meraih kesuksesan merek, karena dapat memperkuat jangkauan dan kredibilitas merek Anda. Bermitra dengan pengguna, merek, atau influencer TikTok lainnya dalam sebuah kampanye bersama memungkinkan Anda memanfaatkan audiens mereka yang ada sambil berbagi muatan materi iklan.

Misalnya, Anda dapat berkolaborasi dalam sebuah tantangan, duet, atau video yang menyoroti kedua merek. Strategi ini memperkenalkan merek Anda kepada sekelompok pemirsa baru, membangun peluang lintas promosi, dan menambahkan elemen baru pada konten Anda. Karena dengan memanfaatkan daya tarik dan kreativitas kreator, Anda dapat membangun hubungan yang kuat dengan audiens TikTok.

 

Baca Juga: 5 Trik Jitu Bikin Kampanye Instagram Bisa Nempel di Otak Customer

 

4. Melakukan Pemasaran Influencer

Melakukan Pemasaran influencer

Sumber : Freepik

Pemasaran influencer sangat penting untuk dilakukan jika Anda ingin menjangkau audiens yang lebih luas dan baru dalam waktu singkat. Hal ini mengharuskan Anda untuk berkolaborasi dengan pembuat konten populer yang memiliki jumlah pengikut yang banyak. Dari influencer mikro hingga mega influencer, mereka dapat membuat konten yang menampilkan atau mempromosikan produk, layanan, atau pesan merek Anda. Saat pemirsa melihat influencer yang mereka percaya terlibat dengan merek Anda, hal itu dapat memberikan kredibilitas dan keaslian pada upaya pemasaran Anda. Namun, pastikan untuk meneliti influencer relevan yang cocok untuk merek Anda. Jika produk Anda merupakan produk kecantikan maka Anda bisa menggunakan influencer khusus yang memiliki audiens penggemar kecantikan. Namun jika brand atau produk Anda fashion bisa menggunakan influencer  pakar mode, karena mereka telah membangun kredibilitas di bidangnya masing-masing.

 

5. Analisis Data untuk Penyesuaian Startegi 

Analisis Data untuk Penyesuaian Strategi

Sumber : Freepik

Menggunakan data untuk melacak kinerja kampanye Anda adalah langkah krusial. Pastikan Anda memahami metrik seperti tingkat interaksi, penjangkauan, dan konversi. Dengan memahami data ini, dapat memberikan wawasan baru tentang konten apa yang paling disukai oleh audiens Anda. Perhatikan pengelompokan demografi pemirsa Anda untuk memastikan Anda menjangkau pemirsa target yang Anda tujukan. Anda juga bisa menyesuaikan strategi pemasaran Anda secara real-time, meningkatkan efektivitas kampanye, dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang preferensi pengguna TikTok.

 

 

Dalam dunia pemasaran digital yang terus berkembang, strategi yang cerdas dan adaptif sangat dibutuhkan. Dengan menerapkan 5 strategi brilian pemasaran digital di TikTok untuk tahun 2024 ini, Anda dapat memastikan bahwa merek Anda tetap relevan dan mendapatkan perhatian yang layak di platform yang terus berkembang ini. Semoga informasi yang telah disampaikan diatas bisa membantu Anda. Pastikan untuk terus update mengenai berita terbaru seputar dunia bisnis, digital, media sosial, dan tips marketing lainnya yang bisa Anda akses di Sosiakiata Blog.

Anda tentu tidak ingin bisnis Anda ketinggalan dengan pesaing Anda bukan? Yuk segera konsultasikan kebutuhan marketing bisnis Anda dengan Jasa Digital Marketing Sosiakita. Dengan pengalaman dan keahlian dalam mengelola kampanye pemasaran digital, SosiaKita dapat membantu meningkatkan visibilitas dan daya tarik saluran Anda. Sosiakita juga menyediakan berbagai layanan digital marketing yang berkualitas untuk meningkatkan performance bisnis Anda, seperti pembuatan website, pengembangan web, optimasi ads, optimasi SEO, hingga pembuatan campaign dan konten-konten untuk website dan sosial media bisnis Anda menjadi lebih menarik, berkualitas, dan profesional. Tunggu apalagi? Hubungi sosiakita sekarang juga dengan klik disini atau langsung menuju halam resmi kami di sini  dan temukan kami di LinkedIn, Facebook, serta Instagram untuk mengetahui informasi terupdate lainnya. 

 

 

 

 

Written by Sosiakita Brand

3 Comments

  1. Muhammad Akbar

    Terima kasih sudah berbagi insight marketing TikTok

    Reply
    • Sosiakita Brand

      Sama – sama Kak

      Reply
    • Sosiakita Brand

      Sama – sama kak, semoga bermanfaat

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel menarik lainnnya

Generic selectors
Exact matches only
Search in title
Search in content
Post Type Selectors

Komentar

    "We are a digital marketing agency located in Surabaya. We have helped 100+ businesses to increase their brand existence in the digital world."

    © 2023 Sosiakita. All Right Reserved