Di zaman yang serba canggih media sosial adalah media yang terus menanjak popularitasnya, baik dari sisi pengguna maupun sebagai platform untuk tempat jual beli secara online. Penggunaan sosial media seperti sebilah pisau yang memiliki dampak positife maupun negative tergantung dari si pengguna sosial media. Jika kamu memanfaatkan semaksimal mungkin sosial media yang ada, bukan hal yang mustahil jika usaha yang kamu miliki akan memiliki customer lebih banyak dan stabil. Tentu diperlukan juga strategi konten yang kuat, menarik dan beragam.

Yuk tanpa berlama-lama berikut  5 jenis media sosial yang perlu kamu ketahui sesuai dengan fungsinya :

1. Online reviews

sosiakita.com

Salah satu jenis media sosial yang perlu kamu ketahui pertama adalah online reviews. Sangat penting suatu brand atau usaha memiliki online reviews sebagai bukti nyata hubungan baik customer dan pemilik usaha. Sosial media untuk Online Reviews berbasis lokasi yaitu seperti OpenRice, TripAdvisor & Zomato. Dengan sebuah sistem yang dinamakan geolocation, sistem identifikasi lokasi geografi untuk menemukan lokasi suatu objek seperti smartphone atau komputer yang dikoneksikan dengan internet.  Teknologi inilah yang membuat sosial media semakin berkembang dan memudahkan banyak pengguna untuk memilih dan mencari rekomendasi yang terbaik dari suatu usaha.

 

2. E-commerce

sosiakita.com

Untuk memudahkan pengguna untuk berbelanja maupun sekedar melihat-lihat katalog suatu produk, e-commerce jugamerupakan jenis media sosial yang perlu kamu ketahui. Berbeda dengan marketplace yang memiliki jangkauan pasar yang luas (tempat berbagai toko online dapat kamu temukan), e-commerce merupakan website pribadi yang hanya menjual produk mereka sendiri. E-commerce memang diperlukan bagi penggiat usaha untuk mengenalkan produknya secara lebih eksklusif sebagai official storenya. Semua transaksi dapat dilakukan dengan menggunakan shopping cart dan payment gateway yang ada didalam website tersebut.

 

3. Forum Diskusi

sosiakita.com

Dalam dunia media sosial forum diskusi bisa dibilang sebagai pelopor media sosial. Jauh sebelum ada sosial media seperti Facebook yang memiliki pengguma yang terbesar didunia, forum diskusi sudah menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda maupun orang dewasa untuk membahasa apapun, hingga dibuatnya komunitas dengan hobby yang sama. Mulai dari hiburan seperti membahas video game favorite, reaction dari anime favorit hingga membahas hal yang serius seperti cara mengatasi kerusakan komputer dan masih banyak lainnya. Jika penggunaan forum untuk sekedar berdiskusi tidak diperlukan identitas dan foto asli pengguna, namun beda cerita jika penggunaannya untuk suatu usah maupun brand yang harus menggunakan identitasa dan photo profil asli untuk membangun trust.

 

4. Social Publishing Platforms

sosiakita.com

Untuk kamu yang memiliki hobi menulis dan  berbagi cerita, tidak ada salahnya untuk mengunakan jenis media sosial yang satu ini. Artikel yang kamu tulis dapat dibagikan untuk dibaca oleh sesama pengguna, yang jenisnya dibagi 2 yaitu blog dan microblog. Microblog yang paling terkenal dan digunakan oleh kebanyakan orang di dunia adalah twitter dan facebook. Dengan microblog kamu bisa menjangkau lebih banyak calon konsumen meski efeknya tidak lebih baik dari blog. Blog didesain dengan lebih banyak karakter yang bisa ditulis serta dapat dikombinasikan dengan foto maupun video.

Jika salah satu strategi pemasaran Anda adalah content marketing, pemasaran akan lebih efektif bila menggunakan blog. Blog tidak hanya meningkatkan awareness dari bisnis dan meningkatkan engagement pada sosial media seperti Facebook fanpage. Tapi juga bisa membantu brand Anda menjadi penguasa di niche market yang ditargetkan.

 

5. Relationship Networks

sosiakita.com

Bicara mengenai media sosial pasti tidak terlepas dari kegunaan awalnya yaitu untuk berkomunisasi dan bersosialisasi. Relationship Networks adalah salah satu fase awal jenis media sosial yang diluncurkan ke publik yang biasanya memiliki fitur halaman profil yang berisi foto, biodata dan informasi tambahan lain mengenai pengguna. Keistimewaan dari relationship networks terutama terdapat pada bagian dinding (walls), timelines atau private messages (PM) yang memudahkan pengguna untuk berkomunikasi melalui satu tempat. Termasuk fitur berbagi atau share informasi kepada seluruh jaringan hanya dengan satu klik. Yang termasuk dalam kategori relationship networks adalah seperti facebook, google plus, whatsapp, line, instagram.

 

Sosiakita adalah social media manager yang siap membantu marketing sosial media Anda. Fokus kami adalah menempatkan brand Anda pada pasar yang tepat, memberikan pendekatan yang berbeda kepada tiap klien dengan menyesuaikan kondisi pasar dan misi tiap perusahaan.

DAPATKAN PENAWARAN MENARIK
DARI SOSIAKITA

ISI FORM