Membuat aplikasi mobile membutuhkan waktu berbulan-bulan bagi mereka yang bukan developer. Bagi kamu yang meminta bantuan developer pun, kamu harus memastikan aplikasi yang dibuat berkembang ke arah yang kamu inginkan. Berikut adalah delapan hal yang perlu diperhatikan untuk mengembangkan aplikasi yang sukses.

1. Target pasar

Pertama-tama, tentukan target pasarmu dan apa yang ingin kamu tuju. Mulailah dari App Store, Play Store, dan juga toko-toko lain yang menjual produk sejenis. Ada lebih dari milyaran aplikasi sekarang, apa yang ingin kamu buat kemungkinan besar sudah ada di sana, pelajari dan kembangkan idemu untuk membuat aplikasi yang lebih baik.

2. Kebutuhan target pasar

Cobalah bertanya pada keluarga dan teman-temanmu, juga beberapa orang yang masuk dalam target pasarmu, apakah mereka tertarik dengan idemu? Jika kamu berniat menjual sesuatu, apakah mereka mau mengeluarkan uang untuk itu? Berapa kira-kira biaya yang mereka akan keluarkan? Apakah mereka menggunakan aplikasi yang mirip dengan idemu? Mungkinkah mereka mau berpindah ke aplikasimu?

3. Model bisnis

Bagaimana aplikasimu akan menghasilkan uang? 90% penghasilan di App Store adalah dari in-app purchases. Apakah aplikasimu mempunyai fitur ini? Atau apakah kamu akan meminta bayaran untuk setiap kali aplikasimu diunduh? Mungkinkah terdapat konten iklan dalam aplikasimu? Atau kamu ingin membangun sebuah pasar untuk para pengguna dan mendapatkan uang dari mereka dengan cara lain? Pikirkan juga bagaimana user akan menggunakan aplikasi ini.

4. Creative

Seberapa unik aplikasi ini? Apa yang didapat oleh user yang menggunakannya? Cari tau tujuanmu terlebih dahulu karena jika kamu tidak tahu tujuan aplikasimu, hal itu akan lebih mempersulit user.

5. Buat tim developer

Di antara banyak aplikasi, design dan juga peran development sangat penting. Dalam mencari designer, pilihlah yang style design sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan apakah dapat memenuhi kebutuhan designmu. Design yang baik akan memudahkan user bernavigasi dalam aplikasi. Dapatkah user memahami cara menggunakan aplikasi ini? Apakah design ini mudah dipahami? Atau apakah terlalu sulit dipahami?

Dalam mencari developer, lihatlah kode dan aplikasi yang pernah mereka buat, bahaslah beberapa soal logika bersama mereka. Apakah aplikasi yang mereka pernah buat mempunyai fitur yang sama dengan aplikasi yang ingin kamu buat? Apakah waktu menggunakan aplikasinya cepat dan mudah digunakan? Jika kamu tidak cukup tahu tentang hal-hal teknis seperti ini, mintalah bantuan beberapa kenalan atau profesional untuk membantumu memilih developer yang tepat.

6. Tetapkan budget

Pastikan kamu mempunyai budget yang realistis dengan beberapa cadangan untuk hal di luar rencana. Sediakan 30% dana lebih untuk itu. Aplikasi pertama yang dibuat kemungkinan besar tidak sempurna, kamu harus mengantisipasi terjadinya revisi terus-menerus. User akan mengirimkan feedback, gunakan itu untuk membangun aplikasi yang lebih baik.

7. Marketing

Setelah kamu meluncurkan aplikasimu, sekarang saatnya memberitahukan target pasarmu tentang adanya aplikasi ini. App Store mempunyai banyak sekali aplikasi sejenis, sangat sulit bagi aplikasimu untuk terlihat di mata orang. Carilah keunikan aplikasimu dan beritakan kepada target pasar dengan menonjolkan kelebihan tersebut.

8. Teruslah berinovasi

Aplikasi yang baik memerlukan revisi secara berkala. Dengarkan feedback dari user,  carilah apa yang mereka minta. Buatlah daftar apa yang bisa diperbaiki dan fitur apa yang bisa ditambah. Buat rencana untuk melakukan revisi setiap tahun karena sistem operasi Android dan Apple terus diperbaharui.