Apakah kamu sedang mencari seseorang untuk mengembangkan aplikasi iOS untuk bisnismu? Mengembakan aplikasi iOS membutuhkan proses yang cukup rumit. Developer yang kamu pilih harus cermat dalam setiap langkah. Berikut adalah delapan hal yang harus kamu ketahui untuk memilih developer yang tepat.

1. Critical

Langkah pertama dari membuat sebuah aplikasi iOS: berikan konsep yang jelas pada developer. Selanjutnya membuat wireframe, storyboard, menentukan design dari user interface, dan prototype, di samping itu juga kerangka, database, dan lain-lain. Developer yang kamu pilih harus bisa membantumu membuat aplikasi dari tahap-tahap ini hingga akhirnya diluncurkan ke App Store.

2. MVC (Model-View-Controller)

Salah satu rumus yang sering digunakan developer adalah MVC. Kode dibagi menjadi tiga fungsi inti: user interfaces (Views), data (Model), dan software yang menghubungkan keduanya (Controller). View menunjukkan apa yang akan terlihat dari layar perangkat user, Model memberikan data, membuat framework dan classes, sedangkan Controller mengatur jalannya aplikasi dengan program supaya objek-objek dapat berinteraksi dengan baik.

3. UI (User Interface)

Berdasarkan wireframe, sebuah sketsa akan menunjukkan flow kerangka dari aplikasimu, developer akan menciptakan UI, untuk mengatur jalannya sebuah halaman ke halaman lain. Prototype yang dihasilkan adalah tampilan dasar berupa style design dalam aplikasi yang akan terlihat.

4. Event-driven programming

Jalannya sebuah aplikasi disebabkan oleh “event”, yaitu ketika user berinteraksi terhadap apa yang ada di layar perangkat mereka. Event akan mengirimkan request berdasarkan data yang ada dalam aplikasi, kemudian sebuah respon akan ditampilkan. Developer harus menganalisa reaksi apa yang akan timbul pada user agar aplikasi segera merespon dengan benar.

5. Design

Membuat design untuk sebuah aplikasi sama seperti membangun rumah. iOS mempunyai banyak pattern design yang bisa digunakan untuk mempermudah developer membuat kode maupun revisi.

6. Front and back ends

Developer akan memastikan apakah design tampilan yang kamu inginkan dapat berfungsi dengan baik dari back end, dan dapat terlihat dengan jelas di segala ukuran. Sistem pada back end sangat penting untuk mengembangkan sebuah aplikasi.

7. Test

Setelah aplikasi berhasil dibuat, akan timbul beberapa pertanyaan seperti: apakah aplikasi dapat berjalan dengan baik? User feedback sangat penting dalam mengambangkan sebuah aplikasi. Developer akan menjalankan beberapa tes yaitu, unit test, integration test, debug dan revisi akhir sebelum akhirnya diluncurkan ke App Store.

8.Improve

Walaupun tidak ada fitur baru, aplikasimu membutuhkan upgrade, fix, dan maintenance teratur. Developer akan selalu dibutuhkan terus menerus walaupun aplikasi telah diluncurkan ke App Store dan digunakan user.

Komunikasi sangatlah penting supaya developer dapat membangun aplikasimu sesuai dengan harapan dan apa yang ingin kamu tuju. Berikan masukan kepada developer dan developer yang baik akan membantu untuk kemajuan aplikasimu dalam setiap tahap.